Nama Megawati Hangestri tentu sudah tak asing di telinga belakangan ini. Sebagai pemain bola volley wanita, Megawati punya skill diatas rata-rata. Tak mengherankan jika ia memilih berkarir di kancah internasional dengan menjadi anggota tim Red Sparks, tim volley wanita asal Korea Selatan. 

Perjalanan Megawati sebagai atlet bola volley wanita sebenarnya sudah dimulai sejak ia remaja. Berikut adalah profil biodata dan perjalanan lengkap Megawati hingga ia berhasil go internasional sebagai pemain volly wanita yang terkenal. 

Profil Megawati Hangestri,

Biodata Megawati Hangestri 

  • Nama lengkap : Megawati Hangestri Pertiwi
  • Nama panggilan : Mega, Megawati
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Lahir : Jember, 20 September 1999
  • Usia : 24 tahun
  • Tinggi badan : 185 cm
  • Berat badan : 65 kg
  • Posisi saat ini : Pemain Opposite
  • Klub saat ini : Daejeon CheongKwangJang Red Sparks
  • Nomor punggung : 4 (Nomor klub) dan 3 (Nomor di tim nasional)

Perjalanan Karir 

Sejak belia, Megawati sudah menyukai olahraga bola voli. Di usia 14 tahun, Megawati bertekad untuk menjadi pemain bola volley professional. Ia berlatih keras dan konsisten, sehingga diterima sebagai pemain di tim Surabaya Bank Jatim. Bergabung di tahun 2015, saat itu Megawati bermain untuk Livoli Divisi Utama. 

Di tahun yang sama, kemampuan Megawati meningkat pesat, hingga akhirnya berhasil bergabung ke Pertamina Fastron. Megawati berada di tim Pertamina Fastron selama dua tahun, dari tahun 2015 – 2017. 

Melanjutkan karirnya, Megawati kemudian terpilih sebagai pemain volley putri Indonesia untuk Asian Games 2017. Pada tahun tersebut, Megawati berhasil menjadi pemain kunci dan bermain secara penuh di lapangan. Di usianya yang baru 18 tahun, Megawati juga menjadi perwakilan Indonesia dalam SEA Games 2017 di Malaysia. 

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai perwakilan Indonesia dalam kompetensi internasional, Mega kemudian berpindah ke Jakarta BNI 46 pada tahun 2018. Masih di tahun yang sama, ia berpindah tim lagi ke Bandung BJB Tandamata, kemudian berkompetisi untuk Grand Prix ASEAN 2022. 

See also  Megawati Hangestri Taklukkan Ratu Voli Korea! Pelatih Pink Spider Buat Pengakuan Tak Biasa

Menuju Kancah Internasional

Profil Megawati Hangestri selanjutnya adalah perjalanan karirnya di kancah internasional. Puas bermain di kandang sendiri, Megawati juga sempat menjadi perwakilan untuk negara Asia Tenggara Lain. Tercatat Mega pernah bermain untuk Thailand Supreme Chonburi e-Tech di tim Thai Women’s Volleyball League di tahun 2021. Disana Megawati Hangestri hanya bertahan selama satu musim saja. 

Kemudian Mega berpindah ke klub Vietnam Ha Phu Thanh Hoa untuk tim Vietnam Volleyball League setelah mengikuti Proliga 2022. Akhirnya pada Juli 2023, Mega memilih untuk bergabung ke Daejeon CheongKwanJang Red Sparks asal Korea Selatan. Dalam klub tersebut, Mega menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang tergabung dalam Korean Volleyball League. 

Berkat Megawati, kanal Youtube Red Sparks berhasil mendapatkan silver button karena mendapatkan 100 ribu pengikut. Bahkan jumlah subscriber kanal Youtube Red Sparks juga meningkat selama 5 bulan terakhir. Peningkatan jumlah pengikut di kanal Youtube tim volley wanita Korea Selatan tersebut menjadi salah satu kontribusi besar Megawati selain bermain di lapangan. 

Prestasi Megawati Hangestri 

Sepanjang karirnya sebagai atlet bola volley wanita, Mega telah mengukir banyak prestasi, baik prestasi individu maupun prestasi klub, diantaranya adalah:

Prestasi Pribadi

Selama bermain sebagai atlet volly professional, Mega sudah meraih beberapa prestasi berkat skill dan kerja kerasnya. Prestasi pertamanya adalah Best Server di pertandingan ASEAN Grand Prix pada tahun 2019. Dua tahun setelahnya, ia meraih Best Scorer pada liga kualifikasi Olimpiade Asia 2021. 

Tahun 2022 merupakan tahun dimana kemampuan Mega mulai diakui, secara berturut ia meraih penghargaan sebagai Best Server pada pertandingan Proliga, Best Opposite pada Grand Prix ASEAN, serta menjadi MVP Livoli untuk Divisi Utama pada pertandingan pertamanya di Korea Selatan. 

Prestasi di Klub Volley Wanita 

Tak hanya prestasi pribadi, Mega juga meraih penghargaan saat membela klubnya. Penghargaan pertamanya ia dapatkan saat membela Jakarta Pertamina Fastron tahun 2019, Mega dkk berhasil meraih Runner Up Proliga. 

Selanjutnya di rentang tahun 2020 – 2021, Mega meraih penghargaan saat membela tim luar negeri, yakni Supreme Chonburi E-Tech. Bersama mereka, Mega mendapatkan medali perunggu untuk kompetisi Thailand League dan Asian Club Championship. 

See also  Megawati Hangestri & Team Red Sparks Berhasil Kalahkan Pink Spider dalam Liga Voli Putri Korea 2024

Terakhir, Mega mendapatkan juara Livoli di Divisi Utama bersama tim Surabaya Bank Jatim. Penghargaan yang didapatkan pada tahun 2022 menjadi penutupnya membela tim tanah air Indonesia. Karena setelahnya, Mega memilih untuk membela tim volly wanita Korea Selatan.

Prestasi saat bermain di Timnas Volly Indonesia 

Saat bermain bersama Timnas Volly Wanita Indonesia, Mega juga meraih banyak penghargaan. Mega pertama kali bermain pada tahun 2017 dan berhasil mendapatkan medali perak untuk kompetisi SEA Games. 

Selanjutnya di tahun 2019, Mega dkk meraih dua penghargaan sekaligus, yakni medali perak untuk pertandingan ASEAN Grand Prix dan medali perunggu untuk pertandingan di SEA Games. Kemampuan Mega tak menurun, karena di tahun 2021 ia juga berhasil mendapatkan medali perunggu pada pertandingan SEA Games.

Berlaga kembali di ASEAN Grand Prix di tahun 2022, Mega bersama Timnas Volly Wanita Indonesia berhasil menempati posisi ketiga dan mendapat medali perunggu. Hal serupa juga terjadi untuk SEA Games 2023, Mega membawa pulang medali perunggu untuk Indonesia. 

Jadwal Pertandingan Megawati Hangestri di Tim Red Sparks

Di bulan musim kali ini, jadwal pertandingan Megawati dengan Red Sparks cukup padat. Berikut adalah jadwal pertandingan Red Sparks untuk pertandingan Liga Bola Voli Wanita Korea Selatan. 

Bulan Februari 2024

Pada bulan Februari 2024, tim Daejeon Red Sparks melakukan dua kali pertandingan pada 24 Februari dan 27 Februari. Pertandingan pada 24 Februari melawan tim Hungkuk W, sedangkan pertandingan pada 27 Februari melawan tim Expressway Co W. 

Bulan Maret 2024

Bulan Maret mendatang, Megawati cs akan melakukan 3 pertandingan pada 3, 13 dan 17 Maret. Pada tanggal 7 Maret, tim Daejeon akan melawan tim GS Caltex W, sedangkan pada 13 Maret melawan Pepper Savings Bank W. Terakhir di tanggal 17 Maret, tim Daejeon dijadwalkan akan bertanding dengan IBK W. 

Tentang Tim Volley Wanita Red Sparks

Daejeon CheongKwanJang Red Sparks merupakan tim bola volley wanita asal Korea Selatan yang saat ini dibela oleh Megawati. Klub bola volley ini pertama kali dibentuk pada tahun 1988 dan menjadi klub volley wanita professional di tahun 2005. 

See also  Megawati Hangestri Taklukkan Ratu Voli Korea! Pelatih Pink Spider Buat Pengakuan Tak Biasa

Basis Red Sparks berada di Daejeon, Chungmu Gymnasium yang berkapasitas 6 ribu orang. Daejeon CheongKwanJang Red Sparks sudah menjadi anggota Federasi Bola Voli Korea (KOVO). Meski belum pernah menjadi juara utama dalam liga bola volley wanita, namun Red Sparks memiliki prestasi yang tak main-main, diantaranya:

  • Runner-up Korea Volleyball Super League 2022.
  • Juara 3 V-League di tahun 2005, 2009 – 2010, serta 2011 – 2012. 
  • Juara 2 di KOVO Cup pada tahun 2008 dan 2018.
  • Runner up di KOVO Cup pada tahun 2007, 2011, 2016, serta 2019. 

Pemain di Red Sparks

Terdapat 21 pemain di tim Red Sparks untuk tim yang bertanding selama musim 2023 – 24, mayoritas merupakan pemain asal Korea. Berikut adalah daftar lengkap pemain Red Sparks, lengkap dengan posisinya masing-masing. 

  • Lee So-Young, outsider hitter dan kapten. 
  • An Ye-Rim, setter.
  • Yeum Hye-seon, setter.
  • Kim Se-In, outsider hitter.
  • Noh-Ran, libero.
  • Park Eun-Jin, middle blocker. 
  • Lee Ye-Seol, opposite. 
  • Megawati Hangestri Pertiwi, opposite. 
  • Seo Yu-Kyeong, libero.
  • Park Hye-Min, outsider hitter.
  • Gwak Seon-Ok, outsider hitter. 
  • Hang Song-Yi, middle blocker. 
  • Jeong Su-Ji, libero.
  • Kim Chae-Na, setter.
  • Lee Seon Woo, outsider hitter.
  • Jung Ho-Young, middle blocker. 
  • Lee Ji Su, middle blocker. 
  • Kang Da Yeon, outsider hitter.
  • Choi Hyo Seo, libero. 
  • Giovanna Milana, outsider hitter. 

Fakta Unik Megawati Hangestri

  1. Megawati merupakan satu-satunya pemain Indonesia di tim Red Sparks Korea yang menggunakan hijab. 
  2. Bersama dengan Giovanna Milana yang berasal dari Amerika Serikat, Megawati merupakan pemain asing yang ada di tim Red Sparks. 
  3. Pada debut tandingnya di Red Sparks, Megawati tak bisa memenangkan juara untuk timnya. Namun ia mendapatkan MVP (Most Valuable Player) dan mengumpulkan 21 poin melawan tim lawan, Hwangseong IBK Altos. 

Itulah profil lengkap Megawati Hangestri dan bagaimana perjalanan karirnya dalam olahraga volly wanita hingga bisa bermain di ranah internasional. Apapun keputusan Megawati, kita patut bangga dengan usaha dan kerja kerasnya sebagai perwakilan Indonesia di negeri ginseng. 

Categorized in:

Megawati Hangestri, Voli,

Last Update: February 28, 2024