Mengenal Anxiety Disorder, Penyebab dan Cara Penanggulangannya

Mengenal Anxiety Disorder, Penyebab dan Cara Penanggulangannya

Apa itu Anxiety Disorder?

Anxiety disorder adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa takut yang tidak wajar, cemas, atau rasa khawatir yang berlebihan tentang suatu situasi atau aktivitas. Gejala anxiety disorder dapat meliputi perasaan tidak nyaman, cemas, atau tidak nyaman; detak jantung yang cepat; dan kesulitan untuk tidur.

Banyak orang mengalami sedikit kecemasan di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya, tetapi bagi orang yang menderita anxiety disorder, gejala-gejala ini tidak hilang dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Anxiety disorder dapat terjadi pada siapapun, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan kecemasan, stres yang berkepanjangan, atau riwayat trauma.

Terdapat beberapa jenis anxiety disorder, termasuk generalized anxiety disorder, fobia spesifik, panic disorder, dan agoraphobia. Penanganan anxiety disorder biasanya meliputi terapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya. Terapi yang efektif untuk anxiety disorder seringkali meliputi terapi perilaku atau terapi cognitif-behavioral, yang membantu seseorang mengidentifikasi dan mengubah pikiran dan perilaku yang tidak sehat yang mungkin menyebabkan atau memperburuk gejala anxiety.

Anxiety disorder dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, tetapi dengan perawatan yang tepat, kebanyakan orang dapat mengelola gejala-gejalanya dan menjalani kehidupan yang sejahtera. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal merasa seperti mengalami gejala anxiety yang berkepanjangan, sebaiknya meminta bantuan kepada profesional kesehatan mental untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Penyebab Seseorang Mengalami Anxiety Disorder

Penyebab pasti anxiety disorder tidak diketahui, tetapi kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi dari faktor-faktor biologis, psikologis, dan lingkungan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang mengalami anxiety disorder meliputi:

  1. Riwayat keluarga: Orang yang memiliki keluarga dengan riwayat anxiety disorder atau gangguan mental lainnya lebih berisiko mengalami anxiety disorder.

  2. Trauma masa lalu: Orang yang mengalami trauma, seperti kekerasan, kehilangan, atau bencana alam, lebih berisiko mengalami anxiety disorder.

  3. Faktor biologis: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan dalam sistem saraf atau kelenjar hormon dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang mengalami anxiety disorder.

  4. Stres berkepanjangan: Stres berkepanjangan dapat memicu atau memperburuk gejala anxiety disorder.

  5. Penggunaan obat-obatan tertentu atau konsumsi alkohol: Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti kokain atau obat penenang yang tidak diresepkan, atau konsumsi alkohol berlebihan dapat memicu gejala anxiety disorder.

Cara Menanggulangi Anxiety Disorder

Ada beberapa cara untuk mengobati anxiety disorder, tergantung pada tingkat keparahan gejala dan preferensi pribadi seseorang. Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengobati anxiety disorder meliputi:

  1. Terapi: Terapi merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk anxiety disorder. Terapi dapat membantu seseorang mengidentifikasi dan mengubah pikiran dan perilaku yang tidak sehat yang mungkin menyebabkan atau memperburuk gejala anxiety. Beberapa jenis terapi yang efektif untuk anxiety disorder meliputi terapi perilaku atau terapi cognitif-behavioral.

  2. Obat-obatan: Beberapa jenis obat-obatan dapat membantu mengurangi gejala anxiety. Obat-obatan yang sering digunakan untuk mengobati anxiety disorder meliputi antidepresan, antipsikotik, dan obat penenang. Perlu dicatat bahwa obat-obatan ini harus digunakan sesuai anjuran dokter dan dapat menyebabkan efek samping.

  3. Teknik relaksasi: Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan seseorang.

  4. Aktivitas fisik: Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

  5. Mengubah gaya hidup: Mengadopsi gaya hidup sehat, seperti tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan mengurangi konsumsi alkohol dan rokok, dapat membantu mengurangi gejala anxiety disorder.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal merasa seperti mengalami gejala anxiety yang berkepanjangan, sebaiknya meminta bantuan kepada profesional kesehatan mental untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.






Kesehatan

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Belajar lebih banyak tentang filsafat dan pemikiran para filsuf tiap hari secara mendalam
  • Jadilah yang pertama tahu tentang artikel kami

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Anxiety Disorder, Penyebab dan Cara Penanggulangannya"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel