-->

Strategi Investasi ESG dan Keuntungannya

Investasi merupakan salah satu keputusan finansial yang sangat berpengaruh bagi seseorang. Membiasakan diri memiliki investasi dapat mendatangkan keuntungan jangka panjang yang sangat besar di masa depan. Bahkan mayoritas tokoh populer umumnya memiliki instrumen berdasarkan strategi investasinya sendiri.

Seperti keputusan finansial lainnya, investasi harus memiliki dukungan strategi yang matang. Selain strategi investasi, kebutuhan pola pikir investor juga harus hadir dalam kebijakan berinvestasi. Pola pikir seorang yang berinvestasi dengan baik sangat berbeda dari orang kebanyakan.

strategi-investasi

Strategi Investasi


Strategi investasi merupakan hal yang penting untuk diketahui investor baru. Sudah sangat berkembangnya dunia investasi, membuat investor baru dapat kebanjiran informasi. Hal tersebut tentu bukanlah sesuatu yang positif. Sebab investor baru dapat terjebak pada tren dan rekomendasi investasi yang justru keliru.

Seorang investor pemula harus memahami beberapa strategi investasi dasar. Memahami pengetahuan dasar tersebut membantu investor baru mengenal industri finansial secara menyeluruh. Sehingga tidak membuat keputusan-keputusan yang justru beresiko untuk aset dan rencana finansialnya. Adapun strategi investasi dasar tersebut adalah sebagai berikut.

Mengenal Platform Investasi

Pastikan Anda telah mengenal platform investasi yang akan menjadi wadah beraktivitas finansial di dalamnya. Hindari terlibat dalam platform jika belum cukup memahami kebijakan dan ketentuan teknisnya. Anda dapat terjebak dengan kebingungan regulasi dan tren dan beresiko menimbulkan kerugian di dalamnya.

Memiliki Pola Pikir Investor

Investasi merupakan keputusan finansial yang dapat melibatkan waktu tunggu sangat panjang. Sehingga penting untuk memiliki pola pikir sebagai seorang investor. Hindari berinvestasi dengan asumsi akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi dalam investasi, namun peluangnya sangat kecil.

Investasi merupakan keputusan finansial yang membutuhkan analisa, kesabaran, dan kebijaksanaan. Berharap menjadi kaya dalam sekejap melalui investasi merupakan salah satu pola pikir keliru paling umum di lingkungan finansial. Beberapa investasi bahkan baru menghasilkan setelah puluhan tahun.

Perhatikan Tren dan Inflasi

Berinvestasi berarti terlibat dalam sebuah entitas bisnis. Meski kontribusinya tidak berupa dukungan teknis dan strategi, namun berinvestasi berarti memasukkan aset Anda ke dalam lingkungan sebuah bisnis. Maka penting untuk Anda agar memahami tren bisnis yang sedang berjalan dan kebijakan yang terdapat di sekitarnya.

Anda dapat mulai menganalisa tentang masa depan sebuah bisnis berdasarkan tren pasar dan kebijakan pemerintah. Berinvestasi di lingkungan bisnis dengan produk rumah tangga tentu merupakan sesuatu yang menjanjikan. Namun di sisi lain proses mendapatkan keuntungannya juga bisa saja berjalan sangat lamban.

Di sisi lain, perhatikan juga faktor inflasi. Besaran inflasi mempengaruhi nilai tukar uang yang Anda dapatkan dari investasi. Jika dividen dan bagi hasil yang terdapat dalam sebuah instrumen terlalu rendah dan tidak sebanding dengan besaran inflasi, maka bisnis tersebut bukan merupakan pilihan investasi yang baik.

Membagi Modal

Hindari berinvestasi secara besar pada satu instrumen. Meski tampak menjanjikan, masing-masing instrumen memiliki resikonya sendiri. Membagi aset ke dalam beberapa resiko merupakan keputusan yang lebih bijak. Jangan tergiur menghabiskan modal hanya karena penawaran keuntungan investasi dengan imbal hasil tinggi. Setiap investasi pasti memiliki resiko, keuntungan besar tentu memiliki resiko besar juga.

Memilih Instrumen Yang Tepat

Jika telah mempelajari platform, instrumen, perbandingan inflasi, dan berbagai aspek lainnya, maka pilihlah instrumen terbaik sesuai rencana finansial Anda. Keuntungan dan keputusan investasi dapat sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang, khususnya pada keputusan jangka panjang.

Mulai dari Investasi Kecil

Saat menjadi investor pemula, mulailah dari nominal kecil pada instrumen yang telah terukur. Jika telah memahami prosesnya, Anda bisa menambahkan besaran dan mengambil resiko dengan imbal hasil yang juga sepadan. Mengalami kerugian merupakan bagian lumrah dalam investasi. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan kerugian yang tidak memberatkan kondisi finansial.

Jangan Emosional

Salah satu kendala terbesar investor pemula adalah keputusan finansial yang berdasar pada pertimbangan emosional. Tidak hanya beresiko kehilangan keuntungan, investor dengan keputusan emosional justru beresiko mengalami kerugian parah.

Agar dapat terhindar dari situasi tersebut, maka investor pemula harus mencukupkan diri dengan informasi terkini instrumen, bisnis, tren, dan berbagai hal lain. Sehingga Anda dapat memiliki penilaian yang menyeluruh untuk sebuah keputusan dan tidak mendasarkan keputusan pada tren dan emosi.

Kurangi Memantau dan Perkuat Strategi Investasi

Anda memang harus memantau dan menganalisa instrumen investasi pilihan. Tapi hindari rutinitas memantau yang terlalu sering. Hal tersebut dapat mendorong rasa khawatir dan bersikap emosional terhadap investasi. Hal tersebut justru sangat beresiko bagi investor pemula.


Mengenal Investasi ESG


Dalam perkembangan bisnis, terdapat konsep ESG. Konsep tersebut merupakan hal baru yang menjadi sasaran adaptasi berbagai entitas bisnis untuk mendorong ketahanan jangka panjang. Di saat bersamaan, berkembang juga strategi investasi pada perusahaan-perusahaan tersebut yang terkenal dengan investasi ESG.

Terdapat berbagai pertimbangan dalam strategi investasi ESG, terutama pada keberlangsungan bisnis dan dukungan jangka panjang. Strategi investasi ESG juga menjadi salah satu tren yang sedang berkembang saat ini dan menjadi hal yang positif bagi banyak pihak, baik investor, perusahaan, dan lingkungan.

Tentang ESG dan Strategi Investasi Jangka Panjang


ESG merupakan singkatan dari Environmental, Social, and Corporate Governance. Konsep ESG merupakan pendekatan pengelolaan lingkungan, sosial dan perusahaan untuk menjamin keberlangsungan jangka panjang. ESG mendorong pihak di sekitar perusahaan, termasuk komunitas, masyarakat, dan pemerintah dapat tumbuh beriringan bersama entitas bisnis.

Konsep tersebut bukan merupakan hal yang menjadi visi semata, justru merupakan sesuatu yang bermula melalui PBB dan negara anggotanya. Sehingga pelaksanaannya tidak sebatas formalitas, melainkan memiliki rencana dan pertanggungjawaban yang jelas.

Dengan konsep ESG, sebuah perusahaan mendorong dan bergerak beriringan agar instansi pemerintah dapat memfasilitasi bisnisnya secara pararel. Hal tersebut juga berlaku serupa pada komunitas dan lingkungan. Sehingga perusahaan akan selalu memiliki pendukung dan pondasi dalam aktivitas bisnisnya.

Hal tersebut menjadi salah satu siasat untuk mengatasi berbagai inovasi bisnis dan teknologi yang justru tidak mendapat dukungan pemerintah atau infrastruktur yang memadai. Selain itu, konsep ESG juga memiliki fokus besar pada lingkungan hidup sebagai jaminan masa depan seluruh manusia.

Keuntungan Strategi Investasi ESG


Berinvestasi di perusahaan yang mengadopsi konsep ESG merupakan salah satu strategi investasi menjanjikan saat ini. Pasalnya perusahaan-perusahaan tersebut bergerak secara kolektif dan memiliki pondasi jangka panjang yang sangat kuat. Berikut beberapa pertimbangan strategi investasi ESG yang cukup umum.

Keuntungan Jangka Panjang

Perusahaan dengan adopsi konsep ESG yang baik memiliki dukungan lingkungan, masyarakat, akademisi, dan pemerintah yang kuat. Berinvestasi di perusahaan tersebut tentu mendatangkan peluang keuntungan lebih baik sebab bisnis memiliki rencana jelas tentang masa depannya.

Mendapat Dukungan Banyak Pihak

Investasi ESG dan adaptasi konsep ESG ke dalam perusahaan mendapat dukungan sangat banyak pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah, PBB, dan berbagai sektor lain. Dukungan tersebut membantu perusahaan memetakan adaptasi ESG masing-masing dan melahirkan kekuatan besar pada bisnisnya.

Keamanan Strategi

Perusahaan dengan adopsi konsep ESG yang baik diprediksi memiliki masa depan dan ketahanan jangka panjang yang baik. Perusahaan-perusahaan tersebut diyakini dapat melalui berbagai gelombang ekonomi dan tren teknologi bersama elemen yang semakin hari terus diperkuat.

0 Response to "Strategi Investasi ESG dan Keuntungannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel