-->

Manfaat Bermain Boneka Bagi Perkembangan Anak



Boneka adalah salah satu mainan tertua yang selama ini dimainkan anak-anak. Ada alasan bagus mengapa bermain boneka ini bertahan lama sepanjang sejarah manusia. Boneka menjadi representasi dari anak itu sendiri, dan memungkinkan seorang anak untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang diri mereka sendiri serta orang-orang di sekitar mereka.

Apa Itu Bermain Boneka?

Permainan boneka adalah aspek permainan pura-pura yang berkembang pada anak-anak antara 11 dan 18 bulan. Di sinilah anak-anak berpura-pura 'seolah-olah' boneka itu nyata dan memerankan kembali adegan dan skenario yang telah mereka amati.

Misalnya, mereka mungkin berpura-pura memberi makan boneka dengan meletakkan sendok ke mulut boneka, atau membungkusnya dengan selimut favorit mereka dan meletakkannya di tempat tidur. Kami mungkin memperhatikan diri kamu dalam permainan anak kamu.


Mainan boneka biasanya cenderung dimainkan anak perempuan, tapi bukan berarti anak laki-laki dilarang main boneka. Saat bermain dengan boneka dapat memberikan pertumbuhan penting bagi anak-anak, terlepas dari jenis kelaminnya.

Inilah beberapa manfaat bermain boneka bagi perkembangan anak.

Keterampilan sosial


Bermain dengan boneka memperkuat keterampilan sosial yang diperoleh pada tahun-tahun awal perkembangan anak. Ketika anak-anak bermain di rumah, mereka belajar berkomunikasi satu sama lain dengan ramah dan bekerja sama. Dengan merawat boneka, mereka belajar bagaimana merawat satu sama lain.

Tanggung jawab


Dengan mempelajari keterampilan sosial yang penting pada usia dini, anak-anak juga belajar tanggung jawab. Mereka belajar cara merawat boneka dengan memainkannya. Mempelajari keterampilan ini dapat membantu anak-anak belajar merawat hewan peliharaan mereka, atau saudara yang lebih tua lebih mudah memahami cara merawat adik mereka.

Empati & Kasih Sayang


Keterampilan sosial penting lainnya yang dipelajari anak-anak saat bermain dengan boneka adalah bagaimana memproses emosi seperti empati dan kasih sayang. Sama seperti merawat boneka mereka mengajarkan tanggung jawab, itu mengajarkan mereka untuk berempati dengan orang-orang di sekitar mereka dan memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi orang yang peduli.

Imajinasi


Permainan dramatis, jenis permainan yang terjadi ketika anak-anak bermain dengan boneka, membantu mengembangkan imajinasi anak ketika mereka menghadapi skenario yang kreatif dan imajiner dengan boneka mereka dan anak-anak lain.

Bahasa


Bermain dengan boneka serta teman-teman mereka, anak-anak mengalami situasi baru dan unik untuk permainan mereka. Berkomunikasi antara satu sama lain dapat memperkuat kosakata mereka dengan mengisinya dengan bahasa praktis. Berkomunikasi dengan cara ini dengan teman-teman mereka, anak-anak memperoleh wawasan tentang rutinitas rumah yang mungkin berbeda dari rutinitas mereka sendiri. Dengan cara ini mereka menemukan dunia di sekitar mereka.

Itulah beberapa manfaat bermain boneka yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Bermain Boneka Bagi Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel