-->

Menantu Harus Tau! Cara Mengambil Hati Mertua

Bagaimana cara mengambil hati mertua khusus buat kamu yang berencana menikah atau baru saja melangsungkan pernikahan. Pada dasarnya, hubungan dengan mertua tidak bisa dihindari. Ketika kamu sudah siap menikah dengan pasanganmu, maka bersiaplah juga untuk membaur dengan keluarganya.


mengambil-hati-mertua


Kalau kamu ingin menunjukkan kesan yang baik kepada mertua atau calon mertua, siapkan dirimu. Cara mengambil hati mertua baik ibu ataupun ayah mertua perlu dilakukan dengan pendekatan yang berbeda. Karena mungkin saja ayah mertua dan ibu mertuamu memiliki personalitas yang berbeda.

Meskipun banyak orang yang bercerita buruk tentang mertua, kamu sebenarnya masih bisa menjalin hubungan baik dengan mereka, jika kamu mau dan berusaha membangunnya. Berikut adalah cara mengambil hati mertua yang perlu kamu tahu.


Cara mengambil hati ibu mertua


Tantangan dalam mengambil hati ibu mertua biasanya lebih banyak dihadapi oleh si wanita. Meskipun begitu, tak jarang si pria juga mengalaminya. Berikut adalah cara mudah untuk mengambil hati dan menjalin hubungan baik dengan ibu mertua.


1. Selalu bersikap sopan dan tulus

Dalam kondisi apapun, penting sekali untuk tetap menjaga kesopanan dan ketulusan sikap kamu di hadapan ibu mertua. Meski sedang marah atau lelah sekalipun, berusahalah untuk tidak bersikap kasar, memaki, atau membentak. 

Tunjukkan bahwa kamu memiliki tata krama yang baik. Jadi, jangan lupa mengucapkan kata tolong atau terima kasih.


2. Membicarakan hal baik tentang anaknya

Meski kamu merasa telah nyaman berbincang dengan ibu mertua, sebaiknya jangan membeberkan keburukan anaknya. Bagaimana pun juga, ia adalah seorang ibu yang memiliki insting keibuan serta naluri protektif yang kuat. Kamu tidak akan dipandang baik jika kerap menjelek-jelekkan anak tercintanya.


3. Coba kenali pribadinya

Saat pertama kali bertemu, mungkin ia akan ingin tahu lebih dalam tentang personalitas, keluarga, hobi, hingga pekerjaanmu. Ada baiknya jika kamu menunjukkan ketertarikan yang sama untuk mengenal pribadi sang calon ibu mertua. Jadi, jangan hanya menjawab pertanyaan-pertanyaannya saja, tunjukkan juga bahwa kami pun ingin mengenalnya lebih dekat.


4. Jangan pelit memberi pujian untuknya

Wanita mana yang tak suka diberi pujian, begitu pula dengan ibu mertuamu. Jadi, tak ada salahnya jika kamu memberi pujian pada hidangan yang ia masak atau tatanan dekorasi rumahnya. Jangan lupa berikan senyum terbaikmu saat melontarkan pujian tersebut agar ia tahu kamu memang tulus dalam menyampaikannya.


5. Minta dan dengarkan sarannya

Dengan meminta sarannya, baik untuk hal besar seperti tips pernikahan yang harmonis atau sekadar resep makanan kesukaan pasanganmu, ia akan merasa opininya dihargai. Kamu pun dapat menunjukkan bahwa kamu menganggap pendapatnya penting serta mengapresiasi pandangannya dengan menerima saran-saran yang ia berikan. Tentu ia akan sangat menyukai hal ini.


6. Berikan hadiah sesekali

Tentu akan menjadi hal yang manis dan positif jika kamu tak lupa memberikannya hadiah atau bingkisan tangan sesekali di momen-momen spesial, seperti ulang tahunnya atau saat diundang untuk berkunjung ke rumahnya. Semakin personal hadiah yang kamu bawakan, semakin baik. Maka jangan lupa untuk melakukan poin nomor 3 untuk dapat mengetahui seleranya.


7. Selalu tawarkan bantuan

Saat kamu melihatnya melakukan sesuatu untuk keluarga atau rumahnya, jangan ragu untuk menawarkan bantuan walau ia tampak tidak membutuhkannya sekalipun. Ini akan membuatnya melihat kamu sebagai sosok yang penolong dan berusaha melibatkan diri untuk kebaikan keluarganya.


8. Bersikap percaya diri

Sesekali, mungkin ibu mertua akan menguji kesabaran atau ketangguhanmu dengan bersikap intimidatif. Jika kamu dapat memperlihatkan rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap jati dirimu, tentu ia akan semakin memercayaimu.


9. Bersikaplah seakan-akan kamu selalu menyukainya

Meski sebenarnya kamu tidak tahan menghadapinya, ini tidak memberi alasan untuk kamu bersikap tidak ramah atau menyebalkan. Beliau adalah ibu dari pasanganmu, jadi kamu harus menghadapi kenyataan bahwa kamu akan selalu berhubungan dengannya. Tak perlu terlalu memalsukan keramahanmu, cukup tampilkan senyuman di wajahmj dan berusahalah untuk terlihat menyukainya.


Cara mengambil hati ayah mertua


Mengambil hati ayah mertua biasanya menjadi tantangan yang dihadapi oleh si pria. Meski begitu, tak sedikit si wanita juga melewati tantangan itu. Berbeda dengan ibu mertua yang condong lebih terbuka terhadap hubungan baru. Ayah mertua, mungkin bisa sedikit menegangkan. Memang ada beberapa hal menantang dalam mengambil hati mertua baik sang ibu maupun sang ayah.

Ayah mertua mungkin lebih ingin tahu dan lebih menakutkan ketika beliau memeriksa apakah kamu cukup layak untuk merawat anaknya. Maka, cara ini dapat kamu lakukan untuk mengambil hati ayah mertua.


1. Tunjukkan rasa hormat pada ayah mertua 

Tidak ada yang membuat pria merasa lebih baik tentang dirinya sendiri selain dihormati. Bahkan jika kamu tidak memiliki pandangan yang sama tentang beberapa hal, setuju untuk tidak setuju dengannya dengan lembut dan hormat.


2. Jaga baik-baik anaknya (pasanganmu)

Seorang ayah selalu berperan sebagai pengasuh keluarga. Dalam melepaskan putra atau putrinya, dia ingin melihat bahwa anak-anaknya berada di tangan yang baik. Dia akan merasa jauh lebih baik jika dia tahu bahwa anak-anaknya dirawat dengan baik dan menjalani kehidupan yang baik.


3. Jaga keluarganya

Tidak ada yang lebih berarti bagi ayah mertuamu selain keluarganya. Dengan menunjukkan kepadanya bahwa kamu adalah orang yang penuh kasih dan perhatian kepada keluarganya, termasuk kepada istrinya yang menjadi ibu mertuamu, dan anaknya yang menjadi pasanganmu ataupun anak-anaknya yang lain yang menjadi saudara iparmu serta keluarga besarnya yang lain.


4. Sering-seringlah mengunjunginya

Habiskan waktu bersamanya. Tunjukkan bahwa kamu peduli dengan apa yang terjadi dalam hidupnya. Libatkan ayah mertua dalam perayaan khusus dan biarkan beliau menjadi bagian dari hidup kamu sebagaimana beliau ingin kamu menjadi bagian dari hidupnya.


5. Kenali ayah mertuamu

Cara yang bagus untuk belajar tentang ayah mertua adalah melalui anak-anaknya. Temukan alasan yang sama dengannya. Jika kamu memiliki minat pada hal yang sama, itu malah lebih baik.

Namun, jika kamu tidak memiliki minat yang sama, berpikiran terbukalah untuk memahami mengapa beliau menikmati apa yang beliau lakukan. Ini juga berguna untuk mengetahui apa yang ayah mertua tidak suka sehingga untuk menghindari pelanggaran yang tidak disengaja.


6. Bersyukurlah untuknya

Ini mungkin bukan hal yang paling mudah untuk dilakukan, terutama jika ayah mertua mempersulit kamu. Tapi ingat bahwa, jika bukan karena dia, orang hebat yang kamu cintai dan ingin kamu habiskan sisa hidupmu bersamanya bahkan tidak akan ada dan kamu berutang banyak terima kasih padanya. Ini juga berlaku pada ibu mertuamu.

Sama seperti hubungan apa pun, hubungan kamu dengan mertua mungkin tidak selalu mudah. Jika kamu masih kesulitan bergaul dengan mertua, pastikan untuk membicarakan masalah ini secara terbuka dengan pasanganmu. Demikian penjelasan tentang cara mengambil hati mertua. Semoga tulisan ini membantu

0 Response to "Menantu Harus Tau! Cara Mengambil Hati Mertua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel