-->

Kebiasaan Orang-orang Berumur Panjang yang Patut Dicontoh


Kita dapat mengambil pelajaran tentang umur panjang dari kebiasaan pagi orang-orang dari Blue Zones (Zona Biru) yakni daerah Ikaria, di Yunani; Sardinia, di Italia; Loma Linda, di California;  Okinawa, di Jepang; dan Nicoya, di Kosta Rika dimana penduduk di sana secara konsisten hidup hingga usia ke-100.

Dan Buettner, penulis dan penjelajah dalam bukunya yang berjudul, "The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People" mengungkap rahasia panjang umur penduduk Blue Zones. Menurut Buettner, makanan yang jadi kunci panjang umur penduduk di sana antara lain kacang-kacangan, sayuran hijau, gandum, dan biji-bijian.

"Mereka tahu bagaimana membuat makanan tersebut terasa enak dan tahu caranya mengoptimalkan makanan untuk kesehatan mereka," terang Buettner. Berikut jenis makanan yang banyak dikonsumsi di 3 wilayah Blue Zones:


Ikaria, Yunani

Di Ikaria, 97% penduduknya berusia di atas 70 tahun dan Buettner hanya menemukan 3 kasus demensia. Sebagaian perbandingan, ada 50% kemungkinan seseorang di Amerika terkena demensia saat mencapai usia 85 tahun.

Makanan yang umum dikonsumsi di pulau terpencil Yunani ini adalah dandelion liar. Penduduk setempat merebusnya seperti bayam. Jenis sayuran hijau ini punya antioksidan 10 kali lebih banyak dibanding red wine, menurut Buettner. Chickpea juga banyak dikonsumsi di Ikaria.


Nicoya Peninsula, Costa Rica

Nicoya Peninsula dikenal dengan pantai berpasirnya yang cantik, kehidupan alam liar nan eksotik dan orang-orang berumur panjang. Sekitar 1 dari 250 orang di sana hidup hingga usia 100 tahun, dibanding 1 dari 4.000 orang di Amerika yang mencapai umur sama.

Pola makan penduduk Nicoya Peninsula menyertakan nasi, biji-bijian dan tortilla. "Jika rata-rata warga Amerika mampu menambahkan 220 gram konsumsi biji-bijian per hari, umur mereka bisa bertambah 4 tahun lebih lama," tutur Buettner.


Loma Linda, California

Separuh kota di Loma Linda termasuk Gereja Masehi Advent Ketujuh. Sebagian besar anggota gereja tidak makan daging atau ikan. Mereka juga tidak minum alkohol maupun merokok. Menurut Adventist Health Study, penduduk Loma Linda berumur 7-10 tahun lebih panjang dibanding penduduk Amerika lainnya.

Di Loma Linda, makan sehat adalah bagian dari beragama. Diet mereka terinspirasi injil, diet Garden of Eden. Kebanyakan makanannya berupa biji-bijian, kacang, oatmeal yang dimasal slow-cooked, roti gandum dan susu kedelai. Mereka juga minum 6-8 gelas air mineral per hari. Hal lainnya adalah warga Loma Linda selalu bergerak aktif, seperti jalan di sore hari dan mematuhi pola diet ketat.

Selain dari makanan yang mereka konsumsi, juga ada beberapa kebiasaan pagi yang mereka lakukan dalam memulai hari-harinya. Berikut beberapa kebiasaan pagi agar panjang umur, terinspirasi dari Blue Zones.


1. Menemukan 'ikigai' diri

Ketika kita bangun di pagi hari, apa yang membuat kita bangun tidur? Menemukan apa adanya dan merangkulnya sepenuhnya adalah salah satu kebiasaan yang dianut oleh penduduk setidaknya salah satu Zona Biru.

Konsep ikigai Jepang adalah tentang menemukan apa yang memicu jiwa kita dan menjalani hidup dengan tujuan. Menurut Zona Biru, memiliki tujuan terkait dengan umur panjang; itu benar-benar memberi alasan untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari seiring bertambahnya usia.

Jika tidak yakin harus mulai dari mana, Ken Mogi, seorang ahli saraf dan penulis Awakening Your Ikigai mengungkapkan cara memanfaatkan keajaiban batin itu. Prosesnya, kata Mogi, biasanya dimulai dengan merangkul lima pilar: mulai dari yang kecil, menerima diri sendiri, terhubung dengan orang lain dan planet ini, menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil, dan hadir.


2. Jangan lupa sarapan sehat

Tak heran, diet sehat adalah bagian penting untuk menjadi seorang centenarian. Buettner mengatakan bahwa tetap berpegang pada rencana makan bergizi, seperti pola makan nabati atau pola makan Mediterania, dapat membantu mendorong kehidupan yang panjang dan sehat. Bagian dari ini termasuk makanan terpenting hari ini: makan sarapan.

Seorang wanita—seorang wanita berusia 105 tahun yang tinggal di Loma Linda, California—bersumpah dengan memulai harinya dengan semangkuk oatmeal yang dimasak perlahan. Ditaburi dengan kurma yang ramah serat, kenari yang sehat, dan sedikit susu kedelai yang mengandung protein, ini adalah makanan yang sangat mudah dibuat di pagi hari. Buettner mengatakan dia mengikuti setiap mangkuk dengan "jus prune" yang membantu membuat segalanya bergerak sambil mengurangi tekanan darah dan kolesterol.


3. Nikmati secangkir kopi pagi

Orang-orang yang tinggal di masing-masing dari lima Zona Biru menikmati secangkir kopi pagi mereka. “[Orang-orang di daerah ini] minum hingga dua atau tiga cangkir kopi hitam per hari,” menurut temuan Buettner. "The American Heart Association menemukan bahwa mengonsumsi kopi, baik yang berkafein maupun tanpa kafein, dikaitkan dengan risiko kematian total yang lebih rendah."

Sekarang, itu tidak berarti kita harus mengisi cangkir dengan latte krim manis atau enam bungkus gula. Sebagai gantinya, pilihlah alternatif susu nabati dan pemanis alami, seperti susu gandum dan agave. Atau tukar kopi pagi dengan secangkir teh, makanan pokok lainnya di seluruh Blue Zones. “Untuk benar-benar mengikuti rutinitas minum kopi atau teh di Blue Zones buatlah kopi atau teh sore hari dengan teman atau keluarga untuk mengobrol, tertawa, dan dapatkan waktu tatap muka yang sangat penting untuk kesehatan dan kebahagiaan,” kata Blue Zones.


4. Katakan sesuatu yang baik kepada orang pertama kita lihat

Sarah Wilson, seorang jurnalis Australia dan penulis First, We Make The Beast Beautiful: A New Story on Anxiety, pernah bertanya kepada Buettner tentang rutinitas paginya sendiri. Selain makan sarapan sehat (penuh buah dan biji-bijian) dan olahraga 20 menit (biasanya yoga atau bersepeda ke tempat kerja), Buettner memulai setiap pagi dengan memuji orang lain secara harfiah.

"Katakan sesuatu yang baik kepada orang pertama yang kita temui," tulisnya dalam email ke Wilson. “Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa perilaku itu menular, jadi jika Anda melakukannya pada tetangga Anda, kemungkinan besar perilaku itu akan kembali kepada Anda.”

Mempertimbangkan betapa pentingnya hubungan dengan komunitas dan hubungan manusia yang bermakna di Blue Zones, sepertinya Buettner mengambil kebiasaan pagi ini dari penelitiannya. Selain memicu efek riak emosional ini, temukan komunitas dan kembangkan kehidupan sosial yang sehat. Baik itu hal pertama di pagi hari atau sepanjang hari, hubungan manusia mengarah pada kehidupan yang lebih bahagia dan umur panjang.


0 Response to "Kebiasaan Orang-orang Berumur Panjang yang Patut Dicontoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel