-->

Mari Mengenal Kebutuhan ASI Bayi - Kamu Harus Tau


Kebutuhan ASI pada dasarnya menjadi amat penting demi tumbuh-kembang bayi. Maka dari itu, Ibu perlu mengenal kebutuhan ASI bayi yang tepat itu seperti apa?.  Pemberian ASI idealnya dilakukan sejak bayi lahir hingga usia 2 tahun. Pada umumnya, sumber nutrisi utama dan satu-satunya yang dibutuhkan bayi adalah ASI, khususnya bagi bayi berusia 0-6 bulan. Namun, perlu diketahui juga bahwa kebutuhan ASI bayi berbeda-beda tergantung pertambahan usianya.

Berikut Kebutuhan ASI Bayi Sesuai Tahapan Usia

Setelah melahirkan, Ibu biasanya khawatir tidak bisa memberikan ASI yang cukup untuk si kecil. Padahal, kebutuhan ASI bayi baru lahir sebenarnya tidak boleh berlebihan. Kebanyakan bayi yang baru lahir akan menyusu setiap 2-3 jam sekali atau 8-12 kali dalam kurun 24 jam. Namun, Ibu bisa langsung memberi ASI jika bayi memperlihatkan tanda-tanda ingin menyusu, seperti memasukkan tangan ke mulut, gelisah, mengikuti arah sentuhan di dekat mulut (rooting) hingga menangis. Secara umum, rata-rata kebutuhan ASI bayi yaitu:

-Bayi usia 1 hari : 7 ml (1 sendok teh) ASI dalam sekali minum

-Bayi usia 2 hari : 14 ml (2 sendok teh) ASI dalam sekali minum

-Bayi usia 3 hari : 25-38 ml (3-4 sendok makan) ASI dalam sekali minum

-Bayi usia 1 minggu : 45-60 ml ASI dalam sekali minum

-Bayi usia 1 bulan : 80-150 ml ASI dalam sekali minum

-Bayi usia 6 bulan : 720 ml ASI per hari

-Bayi usia 1 tahun : 550 ml ASI per hari


Berikut Kebutuhan ASI Bayi Sesuai Berat Badan

Pemberian ASI juga dapat disesuaikan dengan berat badan bayi. Hal ini juga berguna untuk memastikan si Kecil menerima ASI yang cukup, tidak berlebihan atau kekurangan, sehingga kebutuhan nutrisi yang ia perlukan dapat terpenuhi. Kebutuhan ASI bayi berdasarkan berat badan bayi adalah sebagai berikut.

-BB Bayi 2 kg : 313 ml ASI per hari

-BB Bayi 2,5 kg : 391 ml ASI per hari

-BB Bayi 3 kg : 469 ml ASI per hari

-BB Bayi 3,5 kg : 548 ml ASI per hari

-BB Bayi 4 kg : 626 ml ASI per hari

-BB Bayi 4,5 kg : 704 ml ASI per hari

-BB Bayi 5 kg : 782 ml ASI per hari

-BB Bayi 5,5 kg : 861 ml ASI per hari

-BB Bayi 6 kg : 939 ml ASI per hari

-BB Bayi 6,5 kg : 1000 ml ASI per hari

Barangkali Ibu senang matematika dan tertantang untuk menghitung secara manual, bisa dicoba menghitung kebutuhan ASI Bayi secara manual dengan cara ini. Atau untuk sekedar tahu saja, silahkan disimak

Pertama, Ibu dapat mengubah satuan berat badan si kecil menjadi ounces terlebih dahulu. 1 kilogram sama dengan 35,274 ounces. Agar lebih mudah, gunakan converter yang banyak tersedia di internet. Misalnya berat bayi adalah 3,74 kg, berarti saat diubah, beratnya adalah 132 ounces.

Kedua, bagi dengan 6. Hasil berat badan bayi dalam satuan ounces tersebut dibagi 6. Hasilnya nanti akan menggambarkan seberapa banyak ounces ASI yang dibutuhkan bayi dalam satu hari. Misalnya bila berat badan bayi 132 ounces, bagilah angka tersebut dengan 6 (132/61=22).  Berarti bayi sebaiknya diberikan sekitar 22 ounces ASI dalam satu hari.

Ketiga, Ibu dapat membagi hasil total ounces ASI yang diperlukan bayi dalam satu hari dengan seberapa banyak frekuensi bayi menyusu dalam satu hari. Bayi baru lahir biasanya menyusu setiap 3 jam, berarti sekitar 8 kali sehari. Jadi, Ibu bisa membagi 22 dengan angka 8. Hasilnya adalah 2,75 ounces.

Nah, jika botol susu yang digunakan bayi menggunakan satuan mililiter, Ibu bisa langsung mengubahnya. 1 ounce = 30 ml. Itu artinya, kebutuhan ASI bayi baru lahir yang beratnya 3,74 kg tiap menyusui adalah 2,75 ounces atau 82,5 ml. Mamsi bisa memberikannya lebih banyak sedikit daripada jumlah tersebut, misalnya 3 ounces atau 90 mililiter agar lebih mudah menakarnya.

Meski Ibu perlu mengenal kebutuhan ASI bayi berdasarkan takaran pada setiap tahapan usia maupun berat badan, bukan berarti volume takaran ASI itu menjadi satu-satunya patokan. Menurut IDAI sendiri, indikator kebutuhan ASI Bayi terpenuhi dapat dilihat dari hal ini. 

(i) Tampak puas atau tertidur

Bayi yang cukup menyusu tidak akan rewel lagi, bahkan bisa tidur nyenyak saat sudah merasa puas menyusu.

(ii) Frekuensi buang air kecil

Biasanya bayi akan buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dengan warna urine jernih dan tidak kekuningan bila kebutuhan ASI nya terpenuhi. Sebaliknya, buang air kecil yang disertai butiran halus kemerahan (yang mungkin merupakan kristal urat pada urine) adalah salah satu tanda kurangnya asupan ASI.

(iii) Feses kekuningan

Tanda kebutuhan ASI bayi tercukupi juga terlihat dari fesesnya yang kekuningan dengan butiran berwarna putih susu, dimulai saat bayi berumur 4-5 hari. Jika feses bayi masih hitam (mekonium) atau hijau kecokelatan setelah usianya di atas 5 hari, menandakan kurangnya asupan ASI.

(iv) Pertambahan berat badan

Bayi akan mengalami penurunan berat badan di hari-hari pertama kelahirannya. Namun, berat badannya akan kembali ke titik semula, paling tidak di usia 2 minggu asalkan kebutuhan ASInya terpenuhi.

Lalu, apa saja kualitas kandungan ASI? Berikut sejumlah kandungan zat gizi yang ada di dalam ASI.

(i) Potein.  Kualitas protein ASI jauh lebih tinggi dibanding susu sapi karena memiliki kandungan asam amino yang lebih lengkap.

(ii) Karbohidrat. Laktosa merupakan jenis karbohidrat utama dan menyumbang sekitar 42 persen total energi pada ASI. Kadar kandungan laktosa dalam ASI hampir dua kali lipat lebih banyak dibanding laktosa yang ada pada jenis susu lainnya.

(iii) Lemak. Kualitas lemak yang ada di dalam kandungan ASI tergolong baik dan lebih tinggi dibanding susu sapi atau susu formula. Kadar asam lemak jenuh dan tak jenuh yang terdapat di dalam ASI juga lebih seimbang.

(iv) Karnitin. Kandungan karnitin dalam ASI memiliki kualitas dan fungsi penting untuk membangun sistem imun dan metabolisme tubuh bayi. Karnitin paling banyak ditemukan dalam kurun waktu 3 minggu masa awal menyusui.

(v) Vitamin. Kandungan vitamin di dalam ASI meliputi vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, hingga vitamin larut air seperti vitamin B dan C.

Itu dia informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dengan membaca artikel ini, Ibu bisa lebih mengenal kebutuhan ASI bayi. Apakah pemberian ASI sudah terpenuhi, sesuai takaran dan sebagainya.

0 Response to "Mari Mengenal Kebutuhan ASI Bayi - Kamu Harus Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel