-->

Manfaat Dibalik Permainan Petak Umpet - Kamu Harus Tau


Permainan petak umpet pasti sudah sangat familiar bagi kebanyakan orang. Ini merupakan salah satu permainan yang melegenda sejak jaman dulu banget. Setiap orang pada umumnya pasti pernah memainkan permainan ini.

Hampir semua anak, usia 3 tahun atau lebih sangat menyukai permainan petak umpet. Permainan favorit anak ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa memberikan banyak pelajaran bagi anak. Selain itu, ada beberapa manfaat permainan petak umpet yang perlu diketahui. Sebelum itu, kita bahas terlebih dahulu asal-usul permainan ini.


Asal Usul Petak Umpet

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, petak umpet diduga berasal dari Yunani. Hal tersebut diketahui dari tulisan penulis Yunani, Julius Pollux. Ia mendeskripsikan melalui tulisannya di 2 abad sebelum masegi. Pollux menulis permainan itu dengan sebutan apodidraskinda dan mendeskripsikan peraturan dan cara bermainnya hampir sama dengan permainan petak umpet yang kita kenal di Indonesia.

Di berbagai negara di dunia pada dasarnya juga mengenal permainan ini, namun antar negara tersebut mempunyai aturan dan versi yang beragam. Kalau di Indonesia sendiri, petak umpet yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sekaligus  menjadi warisan budaya nonbenda Indonesia adalah Petak Umpet Betawi.

Sebagaimana yang dilansir di kemdikbud.go.id petak umpet ini merupakan versi yang berbeda dari petak umpet yang lain. Cara bermain Petak umpet Betawi yaitu ada satu orang yang kalah '"hompimpah/gambreng" sebagai pencari ini menutup mata sambil berhitung di sebuah tempat yang dianggap benteng. Saat menghitung (...tiga; dua; satu), pemain lain mempunyai kesempatan untuk bersembunyi. 

Apabila pemain yang bersembunyi ketahuan, maka pencari menangkap pemain yang bersembunyi dengan mengucapkan “Hong!” diikuti dengan meneriakkan nama pemain yang telah ketahuan sembunyi. Pencari dan pemain yang ketahuan berlomba – lomba menepuk ‘benteng’ agar tidak menjadi pencari pada sesi selanjutnya..


Manfaat  Permainan Petak Umpet

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari adanya permainan petak umpet ini. Diantara manfaat-manfaatnya adalah sebagai berikut.


Kesenangan

Ketika bermain petak umpet, pada gilirannya para pemain akan menjadi pencari, dan jika menemukan pemain yang bersembunyi rasanya ada kepuasan dan kesenangan tersendiri. Begitu pula bagi pemain yang bersembunyi, mereka akan senang jika persembunyiannya tidak diketahui.

Dalam bermain petak umpet, anak akan merasa senang ketika menemukan kembali sesuatu yang menurutnya hilang. Selain itu, petak umpet juga mengajarkan bahwa hal-hal tertentu memang ada, meskipun mereka tidak dapat melihatnya.


Kebersamaan

Ketika bermain petak umpet, para pemain akan berpencar mencari tempat bersembunyi, lalu kembali lagi bersama untuk memenangkan permainan. Dengan begitu, permainan ini tidak sekedar memungkinkan anak untuk menjelajahi “dunia” dan terikat secara emosional dengan teman-temannya atau keluarganya dalam permainan tersebut. 

Ini juga mengajarkan mereka bahwa “orang-orang dalam suatu hubungan dapat berpisah dan kemudian mereka dapat kembali bersama.”


Belajar Matematika

Nah, kalau buat balita atau anak-anak yang masih pada tahap belajar berhitung, permainan petak umpet ini sangat membantu mereka dalam mengingat angka-angka. Ketika sang anak melakukan perhitungan dan berhasil menyelesaikannya, maka anak pun akan merasa puas di dalam permainan ini. Kalau begini kan jadinya bermain sambil belajar matematika juga ya!


Belajar Mengontrol Diri

Dalam bermain petak umpet ini, selalu ada perasaan ingin dicari dan ditemukan, tidak ingin ketahuan, dan keinginan berhasil menemukan. Pemain yang bersembunyi akan mendapati ketegangan karena lawan bermainnya mulai mencari-cari tempat mereka bersembunyi. 

Sementara itu, anak yang mencari berusaha menemukan mereka yang bersembunyi dan saat ditemukan, maka perasaan senang anak itu pun kemudian muncul. Apabila kesulitan menemukan teman-temannya, biasanya muncul perasaan kesal.

Maka dari itu, dalam permainan ini anak-anak dapat belajar mengontrol diri dalam bersembunyi ataupun dalam mencari. Mereka juga dapat belajar menghargai kemenangan dan menerima kekalahan.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, bermain petak umpet dikalangan anak-anak sudah mulai luntur. Mereka cenderung bermain permainan modern seperti game online daripada permainan tradisional. Sehingga, kita sebagai generasi selanjutnya-lah yang bertugas melestarikan.

Sekian pembahasan tentang manfaat dibalik permainan petak umpet kali ini. Gimana? main petak umpet ternyata tidak sekedar untuk hiburan, tetapi juga mencakup manfaat religi, sosial, hingga psikologi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Dibalik Permainan Petak Umpet - Kamu Harus Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel