-->

Rambutmu Kering? Begini Cara Merawat Rambut yang Benar agar Terhindar dari Rambut Kering

merawat rambut yang benar

Rambutmu adalah mahkotamu, demikian kata orang. Ya, rambut adalah bagian tubuh kita yang harus kita rawat dengan baik, karena rambut begitu menunjang penampilan kita sehari-hari. Pastikan jika kamu paham cara merawat rambut yang benar untuk menghindari munculnya berbagai permasalahan rambut.

Bicara tentang permasalahan rambut, tentu salah satu permasalahan yang kita hadapi adalah rambut kering. Rambut kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari cara keramas yang salah, kurangnya nutrisi rambut, sampai faktor lingkungan dapat menyebabkan rambutmu kering.

Permasalahan rambut kering tidak boleh kamu abaikan begitu saja, karena bukan hanya akan mengganggu penampilanmu, rambut kering juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jumlah yang besar.

Untuk itu, kamu dapat menerapkan cara-cara terbaik merawat rambut kering dibawah ini, agar permasalahan rambut keringmu dapat lebih cepat teratasi, dan kamu dapat lebih percaya diri dengan mahkota barumu.

1.) Jangan Mencuci Rambutmu Terlalu Sering

Kebiasaan mencuci rambut oleh sebagian besar masyarakat dianggap baik, karena dapat membersihkan rambut dari kotoran-kotoran yang menempel. Namun, mencuci rambut yang terlalu sering justru akan membuat rambutmu semakin mudah kering dan rusak. Pastikan kamu mencuci rambutmu tidak lebih dari 3 kali sehari.

2.) Gunakan Sampo yang Berbahan Ringan

Pastikan kamu tau cara memilih sampo yang tepat untuk rambut kering. Karena, asal-asalan menggunakan sampo dapat membuat rambutmu menjadi kering, kusam dan rusak. Hindari sampo yang berbahan alkohol, karena kandungan alkohol akan menyebabkan rambutmu semakin kering.

Selain itu, kamu juga harus menghindari sampo-sampo yang berbahan sulfat dan sampo-sampo yang tinggi kadar deterjennya. Hampir semua sampo yang beredar luas di pasaran mengandung kadar deterjen yang tinggi, untuk itu pastikan kamu melihat keterangan komposisi sampo yang kamu pakai dengan lebih jeli lagi.

3.) Gunakan Kondisioner Setelah Selesai Keramas

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat rambutmu yang kering adalah dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Penggunaan kondisioner dapat menjaga kelembapan rambut karena terjaganya kadar minyak alami rambutmu. 

Kondisioner sendiri banyak dijual di Indonesia, berbagai merk sampo mengeluarkan sampo kondisionernya masing-masing, sehingga kamu memiliki banyak pilihan.

4.) Oleskan Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa 

Minyak zaitun terkenal memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah merawat rambut kering. Selain mampu menjaga kelembapan rambut, penggunaan minyak zaitun yang rutin dapat membuat rambutmu semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Selain minyak zaitun, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai cara terbaik lain untuk mengatasi rambut kering. Minyak Kelapa telah terbukti mampu menjaga kelembapan rambutmu dan membuatnya lebih kuat. Fungsi minyak zaitun dan minyak kelapa sebenarnya hampir sama dengan kondisioner, namun kedua minyak ini tidak mengandung bahan kimia dan jauh lebih aman untuk kamu pakai.

5.) Lindungi Rambut dari Terik Matahari

Tidak dapat dipungkiri jika cuaca panas merupakan salah satu faktor dominan yang menyebabkan rambut kita kering dan mengembang. Untuk itu, pastikan kamu menjaga rambutmu dari terik matahari yang berlebihan. Kamu dapat menggunakan topi saat keluar rumah disaat cuaca panas untuk menjaga rambutmu.

6.) Kurangi Penggunaan Alat-alat Styling Rambut

Kita kerap kali menggunakan alat-alat styling seperti catokan dan pengriting rambut dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan rambut kita. Namun, penggunaan alat-alat styling rambut ini justru dapat menyebabkan rambutmu kering dan mengembang. Untuk itu, batasi penggunaan alat-alat ini, atau hindari jika bisa.

7.) Konsumsi Makanan-makanan Sehat

Jika perawatan dari luar sudah kamu jalankan satu persatu, maka pastikan kamu juga memenuhi nutrisi dari dalam dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang telah terbukti mampu menjaga rambutmu agar lebih indah dan terhindar dari rambut kering.

Beberapa makanan yang terbukti mampu memenuhi nutrisi rambut adalah ikan salmon. Ya, ikan salmon mengandung zat yang dapat membuat rambutmu lebih sehat. Kamu juga dapat mengkonsumsi  bayam untuk mengurangi kerontokan rambut atau jambu biji untuk menghindari kerusakan rambut.


0 Response to "Rambutmu Kering? Begini Cara Merawat Rambut yang Benar agar Terhindar dari Rambut Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel