-->

Jenis Kuman dan Bakteri di Lantai yang Berbahaya


Lantai merupakan bagian rumah yang paling sering kotor. Baik karena debu, sisa-sisa makanan, maupun kotoran yang dibawa alas kaki atau benda lain. Untuk membersihkan lantai biasanya menggunakan wipol karbol karena dapat membuat lantai bersih dan kesat, hingga efektif membunuh kuman

Kotoran-kotoran yang menempel pada lantai tersebut mengandung bakteri. Apa saja jenis kuman dan bakteri di lantai yang berbahaya?


Jenis-jenis Kuman dan Bakteri di Lantai


Kondisi lantai yang mudah lembab dan kotor memicu perkembang biakan kuman dan bakteri yang berbahaya. Sehingga membersihkan lantai secara rutin sangat penting untuk dilakukan setiap hari agar kuman dan bakteri bisa hilang. Berikut ini beberapa jenis kuman dan bakteri berbahaya di lantai, yaitu:


Streptococcus

Jenis bakteri ini bisa memicu penyakit seperti meningitis, pneumonia, erisipelas, necrotizing fascitis, endokarditis, hingga radang tenggorokan. Sebenarnya, bakteri streptococcus merupakan bakteri yang tidak berbahaya jika tumbuh di tubuh manusia. Namun, menjadi berbahaya jika berada di luar tubuh.


Escherichia Coli

Bakteri ini juga dikenal dengan istilah E.Coli dan namanya sudah tidak asing lagi karena bakteri ini bisa membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Bakteri ini bisa tidak menimbulkan masalah jika berada di dalam tubuh manusia. Ketika berada di luar tubuh, maka akan menimbulkan penyakit.

Penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri ini seperti mual, diare, dan sakit perut. Resiko penularan penyakit oleh bakteri ini akan meningkat jika ada salah satu anggota keluarga yang terinfeksi. Bakteri jenis ini mudah berkembang biak di tempat-tempat yang lembab seperti lantai kamar mandi. 


Shigella

Salah satu jenis penyakit yang ditimbulkan karena infeksi bakteri Shigella adalah shigellpsis. Penyakit ini menyerang usus jika penderita terkena infeksi bakteri ini. Namun, tak perlu terlalu khawatir karena pada dasarnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Hanya saja jika menimbulkan rasa sakit yang serius pada usus dan tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, maka penyakit ini akan berkembang menjadi disentri. Menurut WHO, jenis penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang banyak mengancam negara-negara berkembang. 


Salmonella

Bakteri jenis ini dapat menyebabkan infeksi yang dikenal dengan istilah salmonellasis yang menyerang pencernaan manusia. Infeksi yang disebabkan bakteri ini paling sering menyerang anak-anak dan orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Penyakit yang bisa ditimbulkan seperti diare dan demam.


Staphylococcis Aureus

Penyakit staph menjadi salah satu jenis penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri jenis ini. Staph menyerang kulit dan menimbulkan permasalahan seperti bisul, gatal-gatal, hingga infeksi internal. Sifatnya sangat mudah menular sehingga sangat disarankan untuk jaga jarak dengan orang yang kena. 

Infeksi ini juga cukup berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan makanan dan menimbulkan gangguan seperti mual, muntah, hingga sakit perut. Jika kasusnya tidak segera ditangani, infeksi ini dapat mematikan karena bakteri ini menyerang aliran darah.


Apa Saja Tips Membersihkan Lantai dari Kuman dan Bakteri?


Mengetahui bahaya yang mengancam dari kuman dan bakteri di lantai, sudah saatnya Anda harus mulai aware untuk memperhatikan kebersihan rumah terutama lantai. Apalagi lantai merupakan tempat yang paling sering untuk berpijak penghuni rumah sehingga sangat rentan terkena kotoran.

Cara membersihkan lantai bisa dimulai dengan menyapu semua debu dan kotoran kering terlebih dahulu sampai bersih. Selain menggunakan lantai, Anda juga bisa memanfaatkan alat penyedot debu. Setelah itu, lantai bisa dipel menggunakan air dan pembersih sampai kinclong.

Berbagai jenis kuman dan bakteri di lantai tersebut bisa mengancam siapa saja apalagi bagi mereka yang kekebalan tubuhnya lemah. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah terutama lantai setiap saat.

Ahlinya kebersihan lantai, siapa lagi kalau bukan Wipol. Tidak hanya membersihkan lantai rumah saja, tetapi juga ada Wipol Cemara Professional yang di desain khusus sebagai cairan desinfektan/pembersih lantai untuk bisnis hotel, restoran, maupun kafe.


0 Response to "Jenis Kuman dan Bakteri di Lantai yang Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel