-->

Ternyata Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Bau Mulut Dialami Seseorang



Hanyatauaja.com- Penyebab bau mulut tenyata berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari. Apa saja kebiasan tersebut? Simak sampai akhir ya.

Memiliki bau mulut yang tidak sedap tentu sangat menganggu kenyamanan diri sendiri maupun orang lain. Ketika kamu sedang mengobrol, lawan bicaramu akan merasa risih dengan bau mulut yang tak sedap dan lebih buruk lagi mereka bisa saja malah enggan mengobrol denganmu.

Memiliki bau mulut yang tak sedap juga bisa membuat kamu sendiri merasa insecure. Jika dibiarkan saja, hal ini akan berdampak buruk pada mentalmu sendiri, interaksi dengan orang lain, hingga aktivitas harian pun terganggu.

Cara pertama untuk mengatasi masalah tersebut dapat dimulai dengan mengetahui penyebab bau mulut yang kamu alami. Barangkali hal itu berasal dari kebiasan-kebiasan yang tidak kamu sadari. Kebiasaan tersebut diantanya yaitu


#1 Jarang Minum Air Putih

Penyebab bau mulut yang pertama, karena kurang asupan air putih. Air putih sendiri sangat bagus untuk keaehatan tubuh, bukan hanya kesehatan mulut saja. Jadi, sebaiknya biasakan minum air putuh setiap harinya.

Bau mulut yang kamu alami mungkin gara-gaea mulut kering. Karena saat tubuhmu kekurangan cairan, mulut akan kering. Kemudian, hal ini akan menciptakan tempat yang bagus untuk perkembang biakan bakteri. 

Sebaiknya, selalu penuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Kalau bisa minum 8 gelas air putih per hari untuk menghindari masalah bau mulut yang tak sedap.


#2 Penggunaa Obat Kumur Berlebihan

Bukankah penggunaan obat kumur itu baik untuk kesehatan mulut, khususnya gigi? Pertanyaan itu barangkali muncul di dalam pikiranmu. Memang benar bahwa keberadaan obat kumur cukup membantu untuk menghindari pembentukan plak dan kerusakan gigi.

Sebenarnya, penggunaan obat kumur menurut para ahli terdapat perbedaan pendapat yang beragam. Perbedaan pandangan ini sangat wajar dalam dunia riset dan pengetahuan. Terlepas dari itu, setiap penggunaan yang berlebihan umumnya tidak baik, termasuk pada obat kumur.

Dibalik manfaat obat kumur bagi kesehatan mulut, apabila intensitas penggunaannya terlalu tinggi, maka stabilitas enzim dalam mulut akan terganggu. Bukannya mengatasi bau mulut, malah menambah masalah baru yang membuat kesehatan mulut terganggu nantinya.

Penting untuk diketahui, bahwa penggunaan obat kumur itu bukan berarti masalah bau mulut dapat kamu atasi seketika karena kandungan antiseptiknya hanya bertahan sesaat. Jadi, obat kumur itu cuma menutupi bau mulut saja,  bukan menghilangkannya.

Kemudian, kebanyakan obat kumur itu memiliki kandungan alkohol. Nah, alkohol ini dapat menimbulkan efek pengeringan pada mulut kamu. Dengan demukian, justu akan semakin memperburuk bau mulut yang kamu alami. Hal ini dikarenakan mulut kering mendorong penumpukan bakteri yang menyebabkan bau mulut.


#3 Jarang Gosok Gigi

Kebiasaan yang satu ini terjadi pada semua kalangan umur. Entah itu anak-anak, remaja, maupun  dewasa. Padahal menggosok gigi itu bisa dibilang kebiasaan yang wajib dilakukan, paling tidak 2 kali setiap harinya. Ini bagian dari cara kita agar kesehatan mulut dan gigi terjaga dengan baik.

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Dan setiap hari, paling tidak kamu makan satu suapan dan minum seteguk air kan? Bahkan meski berpuasa, tetap ada waktun kapan makan & minum.

Setiap hari itu, pasti ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Kalau kamu tidak membersihkannya secara rutin,  sisa makanan itu akan semakin mengundang lebih banyak bakteri. Inilah yang menjadi penyebab bau mulut yang kamu alami.

Maka dari itu, sangat penting membiasakan diri untuk gosok gigi secara rutin setiap hatinya. Gosok gigi cuma 2-3 menit kok, kamu pasti ada waktu.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab bau mulut seseorang. Selain ketiga kebiasaan tersebut, masih banyak kebiasaan buruk lain yang membuat bau mulut seperti karena merokok, tidak makan, minum kopi, mendengkur, dan masih banyak lagi.


0 Response to "Ternyata Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Bau Mulut Dialami Seseorang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel