-->

Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga, Ketahui Hal Ini

Semenjak kemunculan perusahaan asuransi di Indonesia, berbagai produk asuransi termasuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan hingga asuransi umum kian marak dan berkembang pesat sampai sekarang. Apalagi masa-masa pandemi covid-19 & era new normal, kesadaran masyarakat akan pentingnya produk asuransi (khususnya asuransi kesehatan keluarga) semakin tinggi.

Meski telah memasuki era new normal,  penyebaran virus covid-19 masih luas di beberapa titik wilayah Indonesia. Sampai kapan pandemi ini berakhir? tidak ada yang tahu pasti. Makanya, kita perlu membiasakan diri dengan cara hidup bersih dan sehat. Begitupula dengan kepedulian pada perlindungan kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan asuransi kesehatan.


Pentingnya Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi

Perlindungan terhadap risiko berbagai penyakit sangat diperlukan untuk mengantisipasi kondisi tak terduga, misalnya mengalami ketidaksehatan dari sisi finansial pada masa mendatang. Maka dari itu, mempunyai asuransi kesehatan pada masa pandemi bisa dibilang sebagai pilihan yang sangat tepat. 

Mengingat bahwa penularan virus ini bisa terjadi kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun, bukan suatu hal yang mustahil jika kita juga dapat terpapar virus ini. Paling tidak, dengan memiliki asuransi kesehatan jadi bagian dari usaha kita untuk menyelesaikan kemungkinan masalah kesehatan melalui pemberian kompensasi dari perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan kesehatan secara menyeluruh kepada peserta asuransi kesehatan. Apa saja yang kita dapat dari layanan asuransi kesehatan? banyak banget, diantaranya yaitu 

(i) biaya kesehatan akan ditanggung pihak perusahaan asuransi sehingga akan mengurangi beban biaya medis.

(ii) peserta asuransi kesehatan berhak mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara maksimal yang mencakup konsultasi maupun rawat inap.

(iii) mengurangi risiko penyakit yang mengganggu kesehatan keluarga pada masa mendatang.

(iv) meringankan beban pikiran terhadap masalah kesehatan anggota keluarga.

(v) Selain menjaga kesehatan tubuh, insuransi kesehatan juga dapat membantu keuangan jadi lebih sehat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa biaya medis itu mahal. Melalui asuransi kesehatan, kita telah menyiapkan dana darurat untuk masalah kesehatan di kemudian hari.

asuransi-kesehatan-keluarga


Pilih Layanan Asuransi Kesehatan yang Mana Yaaa?

Memiliki asuransi kesehatan keluarga merupakan salah satu contoh kasih sayang yang nyata untuk keluarga. Sebagai wujud kasih sayang kepada keluarga, kita bisa lakukan dengan memberikan asuransi kesehatan yang terbaik. Jangan sampai, niat baik untuk melindungi kesehatan keluarga justru terganggu karena salah memilih layanan asuransi kesehatan.

Maka dari itu, sebaiknya perhatikan tujuh kriteria ini sebelum memilih perusahaan yang menyediakan layanan asuransi kesehatan keluarga. Yuk simak informasi selengkapnya.

1. Adanya jaminan layanan yang lengkap

Paling tidak, asuransi kesehatan telah menjamin fasilitas rawat inap dan rawat jalan. Lebih bagus lagi, kalau ada jaminan perawatan gigi, mata, kehamilan hingga melahirkan.

2. Adanya jaringan provider yang luas

Jaringan provider yang dimaksud disini adalah rumah sakit dan penyedia jasa kesehatan. Asuransi kesehatan itu bisa dikatakan baik apabila memiliki rumah sakit/klinik/laboratorium kesehatan yang berjumlah banyak, menyebar, dan tidak sulit menemukannya.

3. Besaran premi asuransi  sesuai dengan fasilitas yang diberikan

Pastikan bahwa jaminan dan manfaat yang akan kita dapatkan dari asuransi memang sesuai dengan besaran premi yang dibayarkan. Karena besaran premi asuransi itu seharusnya menunjukkan seberapa baik fasilitas yang diberikan oleh layanan asuransi kesehatan.

 4. Adanya layanan cashless (non-tunai)

Layanan cashless pada dasarnya lebih efisien daripada pembayaran tunai. Cukup tunjukkan kartu asuransi saat melakukan klaim, kita bisa dapat pelayanan sesuai dengan jaminan dan manfaat asuransi kesehatan.

5. Adanya pre-existing condition yang singkat

Asuransi kesehatan itu bisa dikatakan baik jika tidak terlalu lama ketentuan masa tunggu penyakit hingga masa tunggu klaim.

6. Adanya asuransi kombinasi

Beberapa kombinasi jaminan dan manfaat lain misalnya yaitu kecelakaan diri dan perlindungan jiwa. Jadi, bukan hanya mencakup jaminan/manfaat kesehatan saja, tetapi juga mencakup selain kesehatan.

7. Perusahaan asuransi memiliki kredibilitas dan kualitas yang tinggi

Integritas dan nilai mutu perusahaan dapat menentukan apakah asuransi kesehatan itu bisa disebut cukup baik. Citra perusahaan asuransi yang telah dibangun dengan baik biasanya memberikan jaminan layanan yang memuaskan.

Demikian pembahasan tentang asuransi kesehatan keluarga. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Yuk, segera mulai proteksi kesehatan diri dan sekeluarga dengan mendaftar asuransi kesehatan.


0 Response to "Sebelum Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga, Ketahui Hal Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel