-->

Pastikan 5 Poin Penting Ini Saat Memilih Rumah Sakit untuk Bersalin

Sebelum menentukan tempat persalinan, ada baiknya kalau melakukan pertimbangan saat memilih rumah sakit untuk bersalin sang ibu. Sebenarnya, tidak harus di rumah sakit sih. Tempat bersalin (melahirkan) bisa di klinik maupun di rumah, melalui bantuan bidan/dukun bayi. Tak dipungkiri, memang masih ada sebagian orang yang menolak bersalin di rumah sakit.

Alasan mereka sangat beragam, salah satunya adalah faktor biaya. Jika dibandingkan dengan rumah sakit, biaya persalinannya jauh lebih mahal daripada tempat persalinan lain (klinik/rumah). Alasan biaya memang cukup masuk akal.

Selain itu, ada alasan lain seperti karena masalah aksesibilitas, jarak, maupun alasan pribadi. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, berdasarkan pertimbangan kesehatan, melahirkan di rumah sakit adalah pilihan yang tepat dan dianjurkan.

memilih-rumah-sakit-untuk-bersalin

Beberapa rumah sakit pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, kita perlu berusaha mencari rumah sakit yang sesuai dengan standar rumah sakit bersalin. Supaya proses persalinan dapat berjalan lancar, ibu dan bayi selamat pun sehat juga. Nah, Inilah 5 poin penting dalam memilih rumah sakit untuk bersalin.

1. Temukan Dokter yang Cocok


Cocok, dalam artian dapat membuat nyaman ketika melakukan interaksi. Dokter yang dipilih paling tidak, dia mampu menyupport kita baik secara fisik maupun emosional. Dokter kandungan yang seperti itu akan sangat membantu selama kehamilan. Kita bisa membuat janji dengan beberapa dokter sampai menemukan seorang dokter yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Bukankah menemui dokter satu per satu pasti merepotkan? tentu tidak. Karena kita dapat dengan mudah membuat janji dengan dokter secara online, tidak perlu mendatangi rumah sakit untuk mendaftar, dan tanpa perlu khawatir mengantre panjang ataupun kehabisan slot. Layanan "buat janji dokter online" ini dipersembahkan oleh halodoc.com.

Tujuannya, supaya kita bisa mengunjungi dokter di rumah sakit dengan waktu yang efisien dan jadi lebih efektif. Layanan ini bisa digunakan untuk pasien BPJS dan reguler. Dengan daftar online dari mana aja, tinggal pilih dokter terus lihat jadwal konsultasi, dan sampai rumah sakit kita tinggal konsultasi deh.

2. Perhatikan Fasilitas dan Lingkungan Rumah Sakit


Keberadaan fasilitas-fasilitas yang memadai di rumah sakit itu menunjukkan seberapa berisinya rumah sakit tersebut. Ketika berkunjung, amati juga lingkungan sekitar rumah sakit, bagaimana suasananya? bagaimana kebersihannya?.

Ketersediaan sarana prasarana yang dibutuhkan dan kondisi lingkungan sekitar rumah sakit dapat menjadi nilai tersendiri. Fasilitas dan kondisi lingkungan yang baik akan mendukung proses dari kontraksi hingga pemulihan.

3. Kulik Informasi dari Cerita, Ulasan, dan Pengalaman Orang Lain


Poin ini sangat berpengaruh banyak loh. Informasi dari orang lain sangat diperlukan untuk membantu kita meyakinkan diri terhadap pilihan rumah sakit.

Kita bisa mencari informasi melalui komunitas ibu-ibu, forum diskusi, ataupun dari orang-orang terdekat yang sudah pernah memilih rumah sakit untuk bersalin. Semakin banyak informasi yang kita dapat, maka akan semakin baik bagi kita dalam menentukan pilihan rumah sakit untuk bersalin.

5. Pastikan Pilihan Metode Persalinan yang Ditawarkan


Ada dua metode persalinan yang biasanya ditawarkan oleh dokter kandungan yaitu lahiran normal dan caesar. Dari dua pilihan tersebut, kita bisa memilih sesuai keinginan selama hal itu diizinkan oleh dokter. Namun, idealnya dokter kandungan lebih mendukung untuk lahiran normal. Tindakan caesar biasanya dilakukan pada kondisi darurat/istimewa.

Itu dia beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah sakit untuk bersalin buat ibu dan buah hati. Kalau di provinsi Jawa Tengah, rumah sakit yang bagus untuk melahirkan diantaranya SMC RS Telogorejo, RS Columbia Asia Semarang, RS Indriati Solo Baru, dsb. Segitu dulu ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pastikan 5 Poin Penting Ini Saat Memilih Rumah Sakit untuk Bersalin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel