Iklan

Cara Merawat Cucak Ijo

Cara merawat cucak ijo bisa dibilang gampang-gampang susah. Jenis burung yang satu ini telah populer dan banyak menjadi sorotan dari para pecinta burung. Selain itu, cucak ijo juga kerap berada di arena kontes burung. Keistimewaan cucak ijo diantaranya memiliki kecerdasan lebih seperti pandai meniru suara, kicauan yang gacor.

cara-merawat-cucak-ijo


Agar maksimal dalam arena kontes, Kamubisa melakukan dengan cara membuat cucak ijo jinak dan gacor. Perawatan khusus perlu dilakukan agar rajin berkicau dan menjadi juara kontes. Jenis burung ini memiliki varian kicauan yang bisa dimodifikasi. Harga cucak ijo juga terbilang tinggi yaitu mulai dari 500-an hingga puluhan juta rupiah.

Cara Merawat Cucak Ijo


Pada kesempatan ini, hanyatauaja.com akan membagikan informasi penting terkait cara merawat cucak ijo. Cara tenak cucak ijo bisa dimulai dari pemilihan pakan, perawatan harian, hingga perawatan untuk lomba. Untuk cara merawat cucak ijo lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya dibawah ini.

1. Pemilihan Pakan Cucak Ijo


Jenis burung ini termasuk pemakan serangga dan buah-buahan. Meskipun begitu, tidak semuanya bisa dimakan. Kamu perlu memperhatikan pakan agar kebutuhan nurtrisi cucak ijo dapat terpenuhi. Pakan yang bisa jadi pilihan yang efektif pada dasarnya juga dilengkapi berbagai macam vitamin (seperti vitamin E, D3, K3, B2, dan B1), protein dan karbohidrat.

Cara membuat cucak ijo gacor dalam pemilihan pakan, bisa gunakan pakan alami berupa buah-buahan segar (seperti pisang kepok) dan serangga (seperti jangkrik). Gunakan juga pakan tambahan (seperti kroto) atau pakan lain berupa voer. Pakan tambahan bisa diberikan guna melengkapi pakan alami yang akan beroengaruh terhadap perkembangan burung.

2. Membuat Sangkar dan Menjaga Kebersihan


Cara ternak cucak ijo yang baik dimulai dengan membuat sangkar yang tepat. Penempatan sangkar yang tepat akan membantu perawatan harian cucak ijo agar ngeplong. Sebaiknya sangkar tidak dibuat terlalu kecil supaya burung bisa bergerak dengan leluasa. Jika burung merasa nyaman, maka akan semakin rajin berbunyi juga.

Menjaga kebersihan burung dan sangkar merupakan bentuk cara merawat cucak ijo dengan baik. Kebersihan juga merupakan bentuk cara membuat cucak ijo gacor.

3. Perawatan Rutin Cucak Ijo

cara-merawat-cucak-ijo


Kunci keberhasilaan dalam perawatan harian cucak ijo agar ngeplong adalah konsisten. Sebenarnya perawatannya relatif sama dengan merawat burung kicau lain, yang penting itu mau melakukan secara rutin. Cara membuat cucak ijo gacor dapat dilakukan melalui pola perawatan rutin. Beberapa perawatan rutin cucak ijo adalah sebagai berikut.

a. Angin-anginkan cucak ijo setiap pagi di teras rumah, jangan lupa simansikan juga.
b. Ganti pakan dan air minum. Setiap hari pastikan membersihkan kandang
c. Setiap 1-2 jam/hari lakukan penjemuran.
d. Setelah itu, angin-anginkan lagi sekitar 10 menit. Selanjutnya, kerodongkan sangkar.
e. Siang hingga sore bisa silakukan pemasteran.
f. Sekitar jam 4 angin-anginkan kembali. Jika perlu bisa dimandikan. Beri pakan juga.
g. Jam 6 sore burung dikerodong lagi. Selama istirahat, bisa perdengarkan suara Master.

4. Tahap Pemasteran


Cara membuat cucak ijo jinak dan gacor dapat dilakukan melalui tahap ini. Lakukan pemasteran menggunakan cucak ijo yang sudah jadi atau rekaman mp3 secara rutin. Dengan begitu, suara masteran akan lebih mudah dikuasai cucak ijo.

Itulah beberapa pola perawatan cucak ijo agar ngeplong. Tentu saja, lakukan perawatan ini dengan rutin agar cucak ijo terawat dan siap untuk kontes arena. Cara ternak cucak ijo yang baik pastinya memperhatikan pola perawatan harian burung dengan sangat baik.

0 Response to "Cara Merawat Cucak Ijo"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel