-->

6 Kesalahan Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

Masih banyak orang yang keliru dalam membersihkan pakaian dengan mesin cuci. Keberadaan mesin cuci bisa dibilang lebih mudah karena tidak perlu mengeluarkan ekstra tenaga. Bahkan masih ada yang belum tahu cara menggunakan mesin cuci 2 tabung, top loading, maupun front loading.

Ketiga jenis mesin cuci tersebut telah beredar luas di pasaran. Peralihan mencuci baju yang awalnya menggunakan tangan, kemudian berganti dengan mesin cuci bukan sesuatu yang tak beralasan. Keunggulan mesin cuci yang lebih efisien waktu dan tenaga  sangat membantu aktifitas di tengah-tengah kesibukan.

Seiring dengan kemajuan modernisasi dan disertai teknologi yang kian berkembang, budaya mencuci pakaian dengan cara manual (pakai tangan) mulai ditinggalkan. Meski penggunaannya sudah lama berkembang, ternyata masih banyak yang belum tau tentang cara menggunakannya. Apalagi bagi mereka yang baru beralih dari pakai tangan ke mesin cuci.

Kesalahan-kesalahan dalam Mencuci Pakaian di Mesin Cuci


kesalahan-mencuci-pakaian
Ilustrasi

Kesalahan kecil ketika mencuci di mesin cuci tentu saja akan membuat hasil cucian jadi tidak maksimal. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan mesin cuci.

1. Sekali bilas doang


Kebiasaan membilas pakaian hanya sekali terus diperas dan langsung dijemur akan membuat pakaian terlihat kusut dan tidak cerah lagi. Kalau hanya satu kali bilas saja, noda pakaian masih tertinggal sehingga akan tercampur dan menempel di pakaian. Bahkan sehabis dijemur, pakaian akan bau apek dan tampak kusam.

2. Mencampur jenis pakaian gelap dan terang


Kesalahan mencuci pakaian kerap terjadi tanpa disadari, termasuk mencampur aduk pakaian gelap-terang. Kebiasaan ini bisa membuat pakaian rusak warnanya bahkan bisa luntur. Mulai sekarang biasakan diri untuk memisah pakaian gelap dan terang.

3. Kebanyakan deterjen


Sadar atau tidak, tidak sedikit orang yang masih sering memasukkan deterjen tanpa takaran. Hal itu bisa membuat deterjen terlalu banyak dimasukkan ke dalam mesin cuci. Terlalu banyak deterjen akan menimbulkan busa berlebih, sementara terlalu banyak busa akan membuat noda kuning. Bukannya menghilangkan noda, busa yang berlebihan justru dapat memunculkan noda baru.

4. Langsung masukin deterjen ke pakaian


Nah, kebiasaan ini sering banget dilakukan saat mencuci pakaian di mesin cuci. Alih-alih pengen pakaian jadi wangi, kebiasaan menaruh deterjen ke pakaian justru akan membuat deterjen tidak bekerja dengan semestinya. Sebaiknya, masukkan air bersih terlebih dahulu sebelum memasukkan deterjen.

Kalau pakai pemutih ceritanya beda lagi. Pertama, masukkan pemutih terlebih dahulu, selanjutnya isi dengan air bersih. Setelah itu, pakaian bisa dimasukkan.

5. Melupakan mesin cuci


Hal-hal yang terlupakan saat mencuci dengan mesin cuci ini merupakan kesalahan yang bisa berakibat fatal. Diantanya adalah lupa mengeluarkan cucian dan lupa menutup keran seusai menggunakan mesin cuci.

Membiarkan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci bisa mengakibatkan hasil cucian jadi apek. Kalau sudah selesai dicuci, pakaian harus segera diambil kemudian dijemur. Sementara itu, lupa menutup keran akan berakibat cukup serius karena memungkinkan terjadinya kebocoran selang mesin cuci.

6. Kuantitas tidak sesuai kapasitas


Mesin cuci juga memiliki kapasitas tersendiri. Tidak boleh memasukkan pakaian melebihi kapasitas maupun terlalu sedikit dari kapasitas normal.

Terlalu banyak pakaian yang melebihi kapasitas bisa merusak mesin cuci. Kalau terlalu sedikit pakaian yang akan dicuci, mesin cuci biasanya tidak mau bekerja atau bisa bekerja tapi tidak normal.

Melakukan kesalahan mencuci pakaian di mesin cuci mungkin pernah dialami oleh beberapa orang. Lain kali, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kesalahan-kesalahan itu agar mendapatkan hasil cucian yang bagus.

0 Response to "6 Kesalahan Mencuci Pakaian di Mesin Cuci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel