Iklan

Gaya Makan Sehat untuk Ibu Menyusui

gaya-makan-sehat-ibu-menyusui


Salah satu kekhawatiran yang dialami oleh para ibu baru adalah mengenai pola makan yang akan memengaruhi produksi ASI. Sebenarnya ibu tidak perlu khawatir, karena pada umumnya, tidak ada perubahan drastis yang berhubungan dengan makanan dan minuman saat masa menyusui. Akan tetapi, dan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu yang menyusui, salah satunya tentang pola makan saat menyusui yang dapat Anda lihat di https://www.guesehat.com/petunjuk-pola-makan-untuk-ibu-menyusui.

1. Konsumsi Makanan dengan Seimbang


Seperti dilansir dalam www.guesehat.com bahwa ASI selalu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi meskipun terkadang ibu yang menyusui tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah yang seimbang. Hal ini berbeda dengan menjalani diet rendah kalori pada masa menyusui dan pola makan yang sangat tidak seimbang, yang pastinya akan memengaruhi kualitas ASI.

2. Jangan Menghitung Kalori


Pada umumnya, kebanyakan wanita yang sedang menyusui membutuhkan lebih banyak 500 kalori dibandingkan dengan wanita yang tidak sedang dalam masa menyusui. Jadi, dalam sehari, ibu menyusui membutuhkan kalori sebanyak 2000 hingga 2500. Namun, dari pada menghitung kalori, ibu juga dapat menjadikan lapar sebagai petunjuk seberapa banyak makanan yang Anda butuhkan.

3. Konsumsi Makanan Sehat


Yang dikatakan dengan menjalani pola makan sehat adalah dengan mengonsumsi beragam makanan dan seimbang. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan juga menambah suplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan karbohidrat kompleks, Anda bisa mengonsumsi sereal, whole grain, buah, dan sayuran segar.

4. Pilih Lemak Sehat


Lemak sehat terdiri dari monounsaturated dan polyunsaturated, yang bisa Anda dapatkan dalam minyak kanola, minyak zaitun, dan lemak ikan. Tidak hanya itu, lemak sehat juga terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Batasi lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam minyak kelapa, daging berlemak, whole milk, dan mentega karena tidak sehat bagi tubuh.

5. Minum Banyak Air Putih


Pada masa menyusui, tubuh seorang ibu membutuhkan banyak cairan, sehingga ibu harus minum banyak air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Namun, ibu tidak harus menetapkan berapa kali harus minum air putih dalam sehari, karena Anda hanya perlu minum ketika merasa haus. Minumlah saat Anda membutuhkannya dan batasi minuman berkafein.

Praktikkan tips di atas agar kesehatan ibu menyusui lebih terjamin. Mari hidup sehat!

0 Response to "Gaya Makan Sehat untuk Ibu Menyusui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel