Iklan

Heboh Ribuan Ikan Penis Terdampar di Amerika, Berikut Ulasan Mengenai Ikan Aneh Ini

Penis fish ikan aneh yang terdampar di pantai California

Pada umumnya, pantai yang menjadi muka lautan menjadi tempat terdamparnya banyak ikan yang berwujud seperti ikan pada umumnya. Namun, hal aneh justru terjadi belum lama ini di California, ketika ikan penis atau penis fish yang jumlahnya ribuan terdampar di pantai.

Ikan penis atau penis fish yang terdampar di pantai California ini pada dasarnya merupakan jenis cacing dengan nama ilmiah Urechis caupo.

Meski masuk dalam golongan cacing, hewan Aneh yang satu ini lebih dikenal dengan nama ikan penis atau penis fish lantaran bentuknya yang menyerupai alat reproduksi pria.

Menurut BBC, ikan penis atau penis fish ini yang termasuk family cacing (Urechidae) hanya mempunyai empat spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Di Korea Selatan, cacing penis atau penis fish ini bahkan di jadikan bahan makanan. Masyarakat negara tersebut bahkan memakan ikan penis yang menggegerkan pantai California secara mentah, sama seperti memakan jenis ikan. Sebagian memasak atau membakar ikan penis ini terlebih dahulu sebelum memakannya.

Meski dianggap sebagai makanan oleh masyarakat Korea Selatan, namun bentuknya yang aneh menyebabkan ikan penis dianggap sebagai ikan aneh yang menjijikan di negara-negara lain.

Cacing yang dikenal dengan nama ikan penis ini, di Amerika Utara kerap ditemukan di wilayah Oregon Selatan sampai Baja.

Siklus hidup ikan penis juga sama dengan jenis cacing lain, yaitu menghabiskan lebih banyak hidupnya di dalam tanah. Penis fish atau ikan penis ini a kan menggali kurang berbentuk U yang panjang.

Ketika permukaan air naik, ikan penis akan masuk keterowongan panjang berbentuk U yang mereka buat dan mereka jadikan sarang. Sebagai pertahanan terhadap serangan predator, ikan penis menggunakan lendir lengket yang tubuh mereka produksi.

Anehnya, lendir yang ikan penis ini produksi berbentuk seperti ubur-ubur yang membusuk. Lendir ini menggelembung di liang sarang sang ikan dan terhubung dengan mulut si ikan penis aneh ini.

Selain sebagai pertahanan terhadap predator, lendir milik ikan penis ini juga digunakan untuk menarik banyak plankon dan bakteri-bakteri yang menjadi bahan makanan bagi ikan penis ini.

Kurang yang ikan penis buat ini juga menjadi tempat berbagai hewan lain di sekitar habitat nya. Udang, kepiting, dan jenis cacing lain menggunakan lubang yang dibuat ikan penis untuk bersembunyi ataupun ikut menyantap bakteri-bakteri dan plankton yang tertarik masuk oleh lendir.


Kemunculan ribuan ikan penis di pantai California ini terjadi lantaran badai yang terjadi di California. Badai ini menyebabkan ribuan ikan penis kehilangan tempat persembunyian.

Kejadian serupa pernah terjadi di California pada Oktober 2016, dimana jutaan ikan penis terdampar di Teluk Bodega.

0 Response to "Heboh Ribuan Ikan Penis Terdampar di Amerika, Berikut Ulasan Mengenai Ikan Aneh Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel