Iklan

Muncul Tiba-tiba sebagai Ustaz radikal, Begini Sosok Dibalik Pengeboman Sri Lanka


Tidak Dikenal, Tiba-tiba Muncul Sebagai Ustaz Radikal, Inilah Otak Pengeboman di Sri Lanka
Referensi pihak ketiga
Jam berapa hari dunia digegerkan dengan aksi pengeboman yang dilakukan para teroris di Sri Lanka.

Tercatat sebanyak 250 korban meninggal dunia dalam serangkaian serangan terkoordinasi bertepatan dengan perayaan Hari Paskah, Minggu (21/04).

Beberapa hari berselang, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengatakan terduga dalang serangkaian serangan di gereja dan hotel tersebut.

Mengutip news.detik.com (27/4) menurut Sirisena, Zahran Hashim, seorang ustad radikal, memimpin serangan di hotel mewah tersebut dengan didampingi oleh pelaku kedua yang diidentifikasi sebagai "Ilham".

Presiden tidak merinci peran Hashim dalam serangan bom di Shangri-La - salah satu dari enam serangan yang mengguncang Sri Lanka itu.

Dikatakan Zahran Hasyim bukanlah tokoh yang dikenal. Hasyim merupakan ustaz radikal yang beberapa tahun lalu menjadi bagian dari kelompok yang merusak patung-patung Buddha.

Ia mendapat pengikut karena mengunggah ceramahnya dalam chanel youtube yang berisi seruan melakukan kekerasan terhadap orang non-Muslim.

Beberapa hari setelah serangan Minggu Paskah, ia muncul dalam video yang diunggah oleh kelompok yang menyebut diri Negara Islam (ISIS).

Usai kejadian tersebut, saudara perempuannya menuturkan kepada bahwa ia sangat terkejut dengan apa yang dilakukan oleh saudaranya itu.

"Meskipun ia saudara laki-laki saya, saya tidak dapat menerima ini. Saya tidak peduli lagi terhadapnya," tuturnya, seperti dilansir news.detik.com (27/4/2019).

Ia juga menambahkan bahwa Hashim sebelumnya menjalin komunikasi dengannya sampai sekitar dua tahun lalu, dan hingga terjadi teror pengeboman tak ada lagi komunikasi.

0 Response to "Muncul Tiba-tiba sebagai Ustaz radikal, Begini Sosok Dibalik Pengeboman Sri Lanka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel