-->

Daftar 5 Tank Terkuat yang Berlaga di Perang Dunia II

Perang dunia ke-2 adalah perang yang memakan korban jiwa terbanyak sepanjang sejarah. Sekitar 60 sampai 70 juta orang di seluruh dunia terenggut nyawanya. Jatuh banyak korban karena saat itu peralatan perang semakin canggih. Peperangan tidak hanya mengandalkan infantri saja tapi juga peralatan berat.

Referensi pihak ketiga
Tank sebagai teknologi baru saat perang dunia ke-1 mulai ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya pada perang dunia ke-2. Tank menjadi momok yang menakutkan bagi pasukan infantri. Tank saat perang dunia kedua sangat vital perannya. Berikut 5 tank terbaik pada masa perang dunia ke-2.
  1. Panzer IV

Referensi pihak ketiga
Dalam Bahasa Jerman Panzerkampfwagen IV (PzKpfw IV), dikenal dengan sebutan Panzer IV, Adalah Tank Medium Jerman yang di kembangkan pada era 1930-an dan digunakan pada Perang Dunia Ke-2. Panzer IV awalnya Di desain untuk Tank pendukung Infantri dan tidak akan digunakan sebagai tank melawan tank karena peran tersebut di ambilalih oleh Panzer III. Namun, karena Panzer III di front timur telah dapat melawan sebanding dengan T-34 Panzer IV kemudian di kirim ke Timur untuk menangani masalah melawan tank-tank russia.
2. T-34

Referensi pihak ketiga
T-34 adalah tank medium buatan Uni Soviet yang diproduksi dari tahun 1940 sampai 1958. Walaupun lapisan baja dan senjatanya kemudian diungguli oleh tank lainnya pada era itu, T-34 sering disebut sebagai tank paling efektif, efisien, dan memiliki desain paling berpengaruh pada Perang Dunia Ke-II. Pertama kali diproduksi di pabrik KhPZ di Kharkov (Kharkiv, Ukraina), T-34 adalah tulang punggung andalan utama Tentara Merah pada Perang Dunia Ke-II dan diekspor secara meluas setelah itu. Tank ini adalah kendaraan tempur yang paling banyak diproduksi pada masa Perang Dunia Ke-II dan nomor dua terbanyak diproduksi sepanjang masa setelah T-54/55 keduanya buatan Uni Soviet.
3. Tiger Tank

Referensi pihak ketiga
Tiger I adalah nama tank berat terkenal buatan Jerman yang telah dipakai sejak 1942 dan digunakan diberbagai di pertempuran di Perang Dunia II. Panzerkampfwagen VI Tiger Ausf. E adalah sebutan resmi tank ini, namun sering disingkat disingkat Tiger. Tank Tiger I adalah tank pertama Angkatan Bersenjata Nazi Jerman yang memiliki senjata utama kelas berat dan dapat membuat takut tank-tank Soviet di Front Timur. Tank Tiger pertama kali diterjunkan ke Leningrad, saat pecahnya peristiwa Pengepungan Leningrad dibawah naungan Waffen SS. Pasukan Jerman, dengan dukungan tank Tiger, dapat merebut kota Leningrad dan meneruskan perjalanan, namun harus dibayar mahal, karena banyak yang mogok akibat kerusakan transmisi.
4. Panther Tank

Referensi pihak ketiga
Tank Panther adalah Tank Nazi Jerman berkelas medium yang bertugas selama Perang Dunia ke-2 dari pertengahan 1943 sampai akhir Perang di Eropa pada tahun 1945. Digunakan untuk menghantam Tank Uni Soviet T-34, dan sebagai pengganti tugas dari Panzer III dan Panzer IV. Panther ini berdinas bersama dengan Tank Tiger I sampai berakhirnya Pertempuran Berlin. Tank Panther ini dianggap menjadi salah satu tank terbaik era Perang Dunia II yang dinilai dari senjata dan lapis bajanya namun tidak begitu dengan keandalan mekanisnya.
5. JagdPanther

Referensi pihak ketiga
JagdPanther (arti harfiah: "'Panther Pemburu'") adalah sbeuah penghancur tank Jerman yang memakai sasis PzKpfw V Pantherdan memiliki meriam anti-tank 88 mm. Produksi JagdPanther dimulai pada awal tahun 1944. Seperti Elefant, JagdPanther dibuat dengan pelindung yang kuat dan dirancang untuk saling berhadapan secara langsung dengan tank lawan. Perancangan sebenarnya telah dimulai sejak akhir tahun 1942 dengan nama resmi SdKfz 173. Pada awal produksi di awal tahun 1944, Adolf Hitler menginstruksikan pemberian nama menjadi "JagdPanther".

0 Response to "Daftar 5 Tank Terkuat yang Berlaga di Perang Dunia II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel