Iklan

Turunnya Suara Jokowi di Perkotaan jadi Sorotan Media Luar Negeri

Pemilu di Indonesia ternyata juga menjadi perhatian internasional. Salah satu buktinya, Roy Morgan, Lembaga Survei asal Australia juga ikut merilis survei yang berkaitan dengan pilpres 2019 ini.

Suara Jokowi Turun Di Perkotaan Menurut Survei Luar Negeri, Sinyal Bahaya Buat Petahana?
Levine Sang CEO Roy Morgan (Sumber: interest.co.nz)
Yang menarik, menurut Lembaga Survei asal negeri Kanguru ini mendekati hari H Pilpres elektabilitas Sang Petahana malah turun di daerah perkotaan dibanding dengan bulan sebelumnya (kompas.com, 3/4).

Hasil Survei Roy Morgan (Sumber: akurat.co)
Menurut survei yang dilakukan pertengahan Februari sampai dengan medio Maret 2019 ini elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin di perkotaan sebesar 51,5 persen. Perolehan itu turun sebesar 3 persen dari bulan sebelumnya (kompas.com, 3/4).

Hasil berbagai Lembaga Survei (Sumber: katadata)
Di lain sisi penurunan Paslon 01 di perkotaan ini berakibat sebaliknya pada Paslon 02. Menurut survei yang sama elektabilitas Prabowo-Sandi di perkotaan mencapai 48,5 persen atau naik sekitar 3 persen dari sebelumnya. Dengan dinamika itu Prabowo-Sandi berhasil memangkas jarak 6 persen dari Jokowi-Ma'ruf Amin dari bulan sebelumnya (kompas.com, 3/4).
Sinyal membahayakan Jokowi?

Peningkatan ini tentu saja catatan positif bagi Prabowo-Sandi di perkotaan. Tapi sayangnya di daerah pedesaan mereka mencatatkan hal sebaliknya. Berdasarkan Survei Roy Morgan di daerah pedesaan Paslon 02 turun sebesar 2,5 persen dari bulan sebelumnya. Adapun Jokowi-Ma'ruf Amin semakin kokoh dengan bertambah 2,5 persen (kompas.com, 3/4).

"Jokowi memiliki dukungan terkuat di wilayah perdesaan dengan 63 persen pendukungnya berasal dari daerah perdesaan, naik 2,5 persen dari bulan kemarin dibanding 37 persen (turun 2,5 persen) yang mendukung Prabowo," terang CEO Roy Morgan, Michele Levine (kompas.com, 3/4).

Paslon 02 naik di perkotaan tapi turun di pedesaan. Sebuah sinyal bahwa tidak ada perubahan yang berarti sampai 13 hari ke depan? Atau bisakah membalikkan banyak lembaga survei seperti Pilgub DKI silam...?I

0 Response to "Turunnya Suara Jokowi di Perkotaan jadi Sorotan Media Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel