Iklan

Tak Disangka, Prabowo Menang di Survei Rahasia Ini



Hanyatauaja.com - Setidaknya empat lembaga survei menilai bahwa Joko Widodo elektabilitasnya unggul ketimbang Prabowo Subianto. Lembaga survei merilis hasil temuannya dan hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang wajar sebab metodologinya jelas.

Namun ternyata temuan berbeda hadir dari survei yang dilakukan oleh tim pasangam Prabowo Sandi. Mereka mengemukakan jika hasil survei internalnya menyebut bahwa Prabowo unggul jauh dibanding Jokowi.

Lantas bagaimana sebetulnya metedologi survei yang dilakukan oleh yang mereka bilang sebagai lembaga rahasia tersebut?

Dilansir dari kompas.com Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Viva Yoga Mauladi, menyatakan hasil survei internalnya berbeda dengan lembaga lain lantaran jumlah responden dan metodenya juga berbeda.

Viva menyatakan, responden di survei internal BPN mencapai 32.460 orang. Sementara jumlah responden dalam survei lembaga lain tidak sebanyak itu.
Selain itu, kata Viva, lembaga survei pada umumnya melakukan survei secara nasional.

Sedangkan BPN menarik survei dari tingkat daerah pemilihan (dapil) ke tingkat nasional. Karena itu, menurut dia, hasilnya berbeda dari survei pada umumnya.
"Jadi misalnya kalau di kami ini jumlah respondennya adalah 32.460. Itu adalah merupakan hasil survei dapil. Kemudian akumulasi dari hasil survei dapil itu menjadi survei nasional. Beda dengan hasil survei nasional yang jumlah respondennya relatif lebih kecil," kata Viva saat ditemui di Hotel Milenium, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Namun demikian, kata Viva, munculnya hasil survei dari sejumlah lembaga harus disambut baik. Menurut dia, hal itu menunjukkan munculnya rasionalitas politik di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan hasil survei yang mengkuantitatifkan berbagai indikator politik sehingga masyarakat dituntut berpikir dengan berlandaskan data.

Kini masyarakat jadi bingung sebetulnya lembaga survei mana yang kredibel. Lantas apakah beberapa lembaga survei yang menyebut Jokowi unggul ketimbang Prabowo itu salah? Apalagi Prabowo menyebut jika lembaga-lembaga tersebut merupakan bayaran.

Hanya saja sebetulnya hasil sesungguhnya bisa kita lihat pada April 2019 nanti dimana Pilpres akan diselenggarakan. Apakah Prabowo yang akan menjadi presiden atau Jokowi akan memimpin negeri ini untik kali kedua?


0 Response to "Tak Disangka, Prabowo Menang di Survei Rahasia Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel