Iklan

10 Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Agar Sukses

10-Tips-Memulai-Bisnis-Online-dari-Nol


Hanyatauaja.com - Tips memulai bisnis online dari nol menjadi sangat penting, karena Bisnis Online di era digital Indonesia semakin pesat saja perkembangannya. Banyak usaha ritel yang tutup karena cepatnya perkembangan bisnis digital ini. Akan sangat rugi tentunya bagi pebisnis dalam bidang apapun untuk mengabaikan fenomena ini.

Jika kamu ingin membangun bisnis online, pastikan kamu tidak melupakan beberapa faktor yang Nampak sepele, namun bila diabaikan akan menjadi masalah ketika bisnismu telah berjalan, seperti misalnya kurangnya periklanan dan tidak jelasnya tujuan bisnismu.

Bagi kamu yang sudah punya ide bisnis online dan sedang mencari-cari tips bagaimana memulai bisnis online kamu sendiri, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Berikut 10 Tips Penting Memulai Bisnis Online.


1.)  Pastikan Bisnis Online yang Kamu Pilih Sesuai dengan Passionmu

Ada begitu banyak ide bisnis online di tahun 2019 ini, mulai dari blogger, youtuber, sampai desainer bajupun memiliki peluang yang terbuka lebar untuk berkreasi sekaligus menambah pendapatan.

Dari sekian banyak ide bisnis tersebut, pastikan kalau kamu memilih salah satu bisnis yang memang kamu sukai, misalnya jika kamu suka main desain di Corel Draw, kamu dapat memilih bisnis online seperti membuat tutorial desain di Youtube, menjual sprite game buat para developer game, maupun mendesain baju dan dijual di situs macam Teespring. Intinya, sebelum kamu benar-benar menggeluti bisnis onlinemu, pastikan jika kamu memang menyukai bisnis yang kamu pilih tersebut.

The only way to do great work is to love what you do – Steve Jobs (Founder and CEO of Apple)

2.) Memiliki Tujuan yang Pasti

Tetapkan tujuanmu memulai bisnis, dan berkerja keraslah untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan memang menjadi salah satu faktor kunci agar kamu dapat konsisten menjalani bisnis yang kamu pilih.

Namun, tujuan yang kamu tetapkan pada bisnimu haruslah yang terukur dan pasti, semisal, jika kamu memilih menjadi youtuber, jangan sampai kamu menetapkan tujuan mendapat subscriber 1 juta dalam kurun waktu 3 bulan kamu membuat channel youtubemu, target yang terlalu muluk-muluk ini justru akan membebanimu.

The first step is to establish that something is possible then probability will occur. – Elon Musk (CEO of Tesla and SpaceX)


3)  Fokus terhadap bisnis yang kamu pilih

Sifat alami manusia adalah tidak puas akan hal-hal yang telah ia miliki, jika kamu sedang menjalani suatu bisnis, pasti kamu akan melirik bisnis lain yang nampaknya jauh lebih tinggi prospeknya disbanding bisnis yang kamu geluti.

Namun faktanya, kamu hanya melihat bagian luar dari bisnis tersebut, dan mengabaikan fakta bahwa si empunya bisnis yang kamu lirik berhasil mengembangkan bisnisnya tidak lain karena focus dan bekerja keras pada apa yang mereka pilih.

4.) Mau berkerja keras dan tidak mudah menyerah

Aturan untuk mencapai sukses dalam segala hal yang kamu jalani adalah tidak mudah menyerah dan mau bekerja keras. Jika kamu ingin sukses dalam menjalankan bisnis yang kamu pilih, jadilah orang yang tidak gampang menyerah, jika gagal maka coba lagi, sampai hasil yang kamu inginkan tercapai.

5.) Cari relasi dan bangun jaringan

Robert Kiyosaki salah satu penulis ulung dan penulis buku best seller Rich Dad Poor Dad sangat menyarankan model jaringan pemasaran dalam membangun bisnis manufaktur. Namun bukan hanya di bidang manufaktur saja, nyatanya jaringan dan relasi tetap diperlukan dalam membangun bisnis online.

6.) Tingkatkan branding dan periklanan

Meskipun sifatnya bisnis online, namun branding juga menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong bisnismu tumbuh lebih cepat, mulai dengan membuat logo bisnismu, niche yang terarah, dan jangan lupa untuk mengiklankan bisnismu di media-media macam google ads, maupun youtube. Namun, dalam hal mengiklankan bisnismu, pastikan jika pengiklanan yang dipilih sesuai dengan budget.

7.) Jaga konsistensi dan presistensimu dalam menjalankan bisnis

Salah satu ciri kamu akan sukses menjalani bisnis yang kamu pilih adalah presistensi dan konsistensi kamu dalam menjalani bisnis. Presistensi sendiri bermakna sebagai sebuah sikap yang ma uterus menjalankan apa yang kamu geluti bagaimanapun keadaannya.

Jika kamu mulai menjalankan bisnismu, pasti kamu akan menghadapi persaingan pasar dan berbagai masalah lain, namun kunci dalam menghadapi semua itu adalah presistensimu dalam menjalankan bisnis dalam kondisi apapun. Presistensi memang menjadi salah satu kunci penting dalam menjalankan bisnis, namun konsistensimu dalam membuat konten bisnismu berkualitas juga harus tetap terjaga.

8.) Jangan takut gagal

Dalam menjalankan bisnis rintisan, terdapat satu istilah yang bernama “growth hacking”, growth hacking ini cukup popular dikalangan pelaku bisnis rintisan. Growth Hacking sendiri berarti cara kita dalam mengembangkan bisnis dengan cara kita sendiri. Growth hacking kerap kali nyeleneh dan aneh, namun terbukti mampu mendobrak bisnis yang kamu jalani. Salah satu prinsip penting dalam melakukan growth hacking adalah tidak takut mengalami kegagalan

Jangan sampai kamu menganggap bahwa jika kamu gagal berarti kamu adalah “orang gagal”, tetapi kegagalan justru merupakan cara terbaik bagimu untuk belajar dan tumbuh. Dalam dunia entrepreneur, kegagalan bahkan dirayakan.

Berbeda dengan orang-orang medioker yang begitu takut mengalami kegagalan, para wirausahawan justru menjadikan kegagalan sebagai sesuatu yang pantas untuk dirayakan, karena dari kegagalan itu kamu dapat belajar dan memperbaiki sikapmu kedepannya.

9.) Jangan mudah percaya dengan iming-iming sukses cepat di internet

Begitu banyak pebisnis yang terayu godaan semboyan-semboyan nyleneh di internet yang menggodamu dengan anggapan jika kamu begabung dengan mereka, kamu akan dengan cepat meraup jutaan rupiah. Faktanya tidak ada bisnis naïf macam itu. Semua bisnis membutuhkan keuletan dan konsistensimu dalam menjalaninya.

10.)  Berhenti menghayal dan lakukan

Ide adalah sesuatu yang sifatnya tidak terbatas, namun tindakanlah yang sifatnya terbatas. Berhenti menjadi seorang thinker (pemikir saja), namun cobalah untuk melakukan apa yang kamu pikirkan dan impikan sesegera mungkin.

A doer is a major thinker – Steve Jobs

Sekian postingan Hanyatauaja kali ini, semoga 10 tips memulai bisnis online diatas dapat membantumu mendorong bisnis onlinemu lebih cepat dan baik dari sebelumnya.



0 Response to "10 Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Agar Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel