Iklan

Pelajari Mantra "Stay Hungry, Stay Foolish" ala Steve Jobs


Hanyatauaja.com - Adalah salah jika kita menganggap perkembangan dunia digital merupakan sebuah revolusi yang tercipta di garasi seorang pemuda jenius.

Pada dasarnya tidak ada yang namanya "Revolusi Digital", karena perkembangan dunia digital ini terdiri dari perkembangan-perkembangan kecil, bukan merupakan sesuatu yang sifatnya sesaat.

Salah satu pihak yang mengambil peranan penting pada perkembangan era digital adalah Apple, perusahaan yang didirikan Steve Jobs bersama rekannya Steve Wozniak di garasi mobil milik ayah Jobs.

Banyak yang menganggap Steve Jobs sebagai sosok jenius di balik kemajuan era digital di era ini.

Ya, Jobs memang sosok jenius yang mampu menciptakan komputer yang tidak lagi menakutkan, melainkan juga memiliki unsur keindahan atau seni.

Jobs menganggap dirinya ada di persimpangan antara Humaniora dan ilmu alam/teknik.

Banyak yang mengagumi Jobs, bahkan saat kematiannya pada 2011 lalu, begitu banyak orang berdatangan dari seluruh dunia untuk menyaksikan pemakamannya.

Kemampuan Steve Jobs dalam memimpin Apple akan dikenang dan menjadi pelajaran penting di masa mendatang.

Namun, apa yang menjadikan Steve Jobs sebagai orang yang begitu berpengaruh bagi kemajuan era digital ini?

Saat pidatonya di Cambridge University 2006 silam, Steve Jobs menyampaikan bahwa ia sangat termotivasi dengan kalimat "Stay Hungry, Stay Foolish", kalimat inipun seakan menjadi kalimat yang menggambarkan Steve Jobs secara keseluruhan.

Lalu, apa makna dari kalimat "Stay Hungry, Stay Foolish" ini?

Kalimat yang Steve Jobs sampaikan ini tidak lain berarti bahwa kita harus terus belajar dalam hidup.

Stay Hungry berarti kita harus selalu merasa lapar, karena dengan merasa lapar kita akan senantiasa menambah hal baru dalam projek yang sedang kita garap, atau menambah ilmu yang sedang kita gali.

Bagaimana dengan Stay Foolish? Stay Foolish mengandung makna bahwa secerdas apapun kamu, pasti ada yang lebih cerdas, jadi jangan sombong dan mudah puas atas apa yang telah kita gapai.

"Stay Hungry, Stay Foolish" ini memang sangat cocok untuk menggambarkan kepribadian Jobs yang perfeksionis dan tidak mudah puas akan suatu pencapaian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel