Iklan

Musisi Asal Amerika Ini Memiliki Gaya Bermusik Mirip Iwan Fals


Hanyatauaja.com - Sosok Iwan Fals adalah musisi sekaligus aktivis di era orde baru yang begitu di hormati di blantika musik Indonesia sebagai seorang legenda.

Keberanian Iwan Fals menyuarakan perubahan di era tersebut seakan menunjukan bahwa musik bukan hanya sekedar lantunan instrumen dan nyanyian belaka, namun lebih dari itu, musik juga dapat menjadi agen perubahan sosial bagi masyarakat luas.

Sosok Iwan Fals menjadi idola dan panutan bukan hanya bagi sesama musisi saja, melainkan berbagai kalangan masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan aktivis.

Iwan Fals juga memiliki fans yang fanatik yang bernama OI (Orang Indonesia).

Namun ternyata sosok musisi seperti Iwan Fals tidak hanya ada di Indonesia, ada sosok musisi yang begitu mirip dengan Iwan Fals (dari gaya bermusiknya).

Orang tersebut tidak lain adalah Bob Dylan.
Bob Dylan adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu, musikus dan penyair Amerika.

Bob Dylan menjadi musisi yang sangat di gemari di Amerika karena keberaniannya dalam hal menyuarakan suara dan mendorong terjadinya perubahan di kalangan penguasa, sama seperti layaknya Iwan Fals di Indonesia pada era orde baru.

Bahkan, Founder sekaligus CEO Apple, Steve Jobs-pun selalu mengagungkan nama Bob Dylan.

Berbeda dengan Iwan Fals yang menyuarakan perubahan sosial berupa revolusi era orde baru, Bob Dylan menyuarakan pemberhentian perang yang saat itu gencar terjadi, dan bahkan dimotori oleh Amerika, negara kelahirannya sendiri.

Lagunya seperti Blown in the wind,Master of War, dsb dengan jelas menyuarakan gerakan anti perang yang saat itu mencuat dan membuat gelisah bukan hanya warga Amerika saja, melainkan seluruh warga dunia.

Sebenarnya banyak musisi di Amerika dan Eropa yang menyuarakan gerakan anti perang selain Bob Dylan, seperti misalnya The Beatles.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel