-->

Hal Ini akan Terjadi Jika Kamu Bersiul di Malam Hari


Hanyatauaja.com - Salah satu mitos yang beredar di tengah masyarakat Indonesia adalah mitos tentang bersiul di malam hari yang dianggap dapat mendatangkan mahluk halus.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa,khususnya di Gunung Kidul, suara siulan pada malam maupun menjelang malam dapat memanggil kemamang, salah satu jenis makhluk halus. Jika tiba-tiba Anda mendengar suara balasan, itu menandakan bahwa ada makhluk halus yang merasa terganggu, sekaligus bisa menjadi pertanda buruk.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa larangan bersiul di malam hari dibuat agar tidak mengganggu tetangga yang sedang beristirahat. Apalagi pada zaman dahulu, suasana desa cenderung sepi ketika malam sudah menjemput.

Selain itu, suara siulan juga sering digunakan oleh para pasukan pengintai untuk memberikan kode. Apabila seseorang bersiul sembarangan di malam hari, hal tersebut dikhawatirkan dapat menggangu kode yang diberikan oleh para pasukan pengintai. Tak heran jika kemudian muncul larangan bersiul masih terbawa hingga saat ini.

Bersiul sendiri biasa dijadikan sebagai cara kita agar tidak bosan pada suatu kondisi, misalnya menunggu bus datang, berjalan di malam hari, main di rumah teman, sampai sekedar agar kelihatan keren.

Dari sekian banyak konsekuensi dari bersiul di malam hari, nampaknya semua konsekuensi tersebut hanya berlaku di masa lampau, namun tidak ada buruknya juga untuk mencegah hal tersebut meski saat ini kamu hidup di era modern.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel