Iklan

Good Artist Copy, Great Artist Steal Apa Maknanya? Berikut Ulasannya!


Hanyatauaja.com - Artist baik meniru, artist hebat mencuri, kata Pablo Picasso. Lalu apakah makna sebenarnya dari kalimat ini? Apakah berarti kita harus jadi pencuri jika ingin jadi seniman hebat??

Saya yakin pertanyaan ini ada di kepala Anda saat ini, baik mari kita ulas makna sebenarnya dari "Good Artist Copy, Great Artist Steal" yang disampaikan Piccaso dan populer dikalangan suksesor-suksesor Silicon Valley.

Kutipan dari seniman besar Pablo Picasso ini memang terdengar agak kontroversial, karena membawa kata mencuri sebagai suatu tindakan untuk menjadi orang hebat, dan meniru sebagai tindakan untuk menjadi orang baik. Tentu kontoversi ini hanyalah kiasan semata, apa yang disampaikan Picasso adalah bahwa tidak ada yang orisinil dalam seni. Untuk itu, jadilah peniru yang baik. Lalu, bagaimana dengan kalimat "Great Artist Steal"??

Mari kita sedikit menilik persaingan di awal-awal merebaknya perkembangan pasar teknologi.

Pertama, kita coba melihat bagaimana Apple yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak, dan fakta dibalik inovasi 'mouse' pada Macintosh yang merupakan terobosan brilian di era itu. Apakah 'mouse' adalah alat ciptaan Apple? Sayangnya bukan, mouse merupakan alat buatan Xerox, namun kemudian berhasil "dicuri" oleh Apple dan menjadi bagian dari hebatnya Macintosh. Namun, Apple tetap dapat berdiri dan Macintosh tetap dapat dijual.


Kedua, mari kita lihat perjuangan billionaire  lulusan Harvard (drop out) Bill Gates yang bahkan sempat menjadi orang terkaya di muka bumi dan perusahaannya Microsoft. Awalnya siapa yang mengenal Bill Gates dan Microsoft-nya? Sampai pada rilisnya Windows yang kemudian berhasil merajai pasar saat itu berkat harga yang lebih terjangkau. Apakah Windows adalah produk orisinil dari Microsoft? Tidak, jauh sebelum Microsoft populer, Bill Gates sering hadir di acara-acara Apple, hubungan Apple dengan Microsoft mulai pudar setelah rilisnya Windows yang berhasil mengalahkan Macintosh, dikarenakan Windows merupakan tiruan dari Macintosh dengan harga yang lebih murah.

Ketiga, Facebook dan Zuckerberg. Siapa yang tidak mengenal Facebook? Mulai dari pelajar, pedagang, politisi, dan bahkan ibu rumah tangga saat ini menggunakan Facebook. Namun, apakah Facebook adalah ide orisinil dari Mark Zuckerberg selaku pendirinya? Lagi-lagi tidak, ide Facebook adalah milik sikembar Winkleos dan Divia Narenda, terbukti dengan denda yang diberikan pada Zuckerberg oleh hakim saat itu. Namun, apakah kemudian Facebook dicekal setelah pengadilan usai? Tidak, buktinya sampai detik ini saya masih bisa mengakses Facebook.

Inti dari ketiga cerita di atas menjelaskan bahwa makna sebenarnya dari "Great Artist Steal" adalah bukan terkait pengertiannya secara harfiah, melainkan makna yang terkandung didalamnya bahwa "mencuri" disini adalah mencuri sebuah ide yang kemudian digerakkan dengan inovasi yang kita miliki, dengan inovasi kita itulah kita dapat menciptakan nilai tambah dari ide yang kita "curi". Nilai tambah ini dapat berupa harga, kecocokan dengan konsumen, kualitas dsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel