Iklan

Dahsyatnya Letusan 'Ibu Krakatau' 10 Ribu Kali Bom Atom

Hanyatauaja.com - Ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko, setelah melakukan pengkajian cepat menduga bahwa tsunami di Banten dan Lampung tidak lain disebabkan oleh erupsi Anak Krakatau.

Tsunami ini menyebabkan ratusan korban meninggal dan sebagian lagi hilang. Termasuk sederet artis tanah air yang ikut menjadi korban dahsyatnya tsunami ini.

Erupsi pada Sabtu (22/12/2018) bukan merupakan erupsi besar anak Krakatau, namun telah menyebabkan tsunami yang cukup dahsyat dan memakan banyak korban jiwa.

Untuk itu, saat ini Gunung Anak Krakatau ini patut diwaspadai, mengingat sejarah kelam Ibu Krakatau yang dahulu sempat meluluh lantakkan peradaban Nusantara pada tahun 1883.

Letusan Gunung Ibu Krakatau diperkirakan memakan lebih dari 36 ribu korban meninggal. Banyak yangeninggal akibat letusan panas Ibu Krakatau, dan tidak sedikit pula yang meninggal akibat tsunami yang terjadi setelahnya.

Letusan maha dahsyat tersebut diprediksi lebih dahsyat sepuluh ribu kali dibanding bom atom, pasalnya efek dari letusannya menyebabkan turunnya suhu dunia secara drastis.Letusan diperkirakan memiliki kekuatan ledakan 200 megaton TNT.(Untuk perbandingan, bom yang menghancurkan Hiroshima memiliki kekuatan 20 kiloton, jadi hampir sepuluh ribu kali lebih eksplosif.)

Selain itu, letusan Ibu Krakatau di gadang-gadang menjadi penyebab luluhnya kebudayaan Atlantis yang maju.

Abu dari ledakan Ibu Krakatau bahkan mencapai dataran Eropa, dengan kata lain intensitasnya sangat luar biasa.

Tentu tidak terbayang apa yang akan terjadi jika letusan semacam itu terjadi di era modern ini.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel