Iklan

Benarkah Tidur Miring Kiri Membebani Jantung?, Yuk cek Faktanya

Hanyatauaja.com - Posisi jantung ada di sebelah kiri rongga dada. organ ini mempunyai fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan oksigen dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Karena posisinya di sebelah kiri, banyak yang yakin jika jantung bakal terbebani kala seseorang tidur dalam posisi miring ke kiri. Logikanya, jantung akan 'tertindih' oleh organ-organ lain yang ada di dalam rongga dada. Akan tetapi benarkah demikian?

"Iya itu hanya mitos, tidak ada scienctific discussion yang membahas tentang itu, dalam rekomendasi-rekomendasi hidup sehatpun tidak pernah ada," ujar ahli jantung dr Aron Husink, Sp.JP saat ditemui dalam ISICAM-InaLive ke-10 di Jakarta, Sabtu (24/11/18).

Dibanding posisi tidur, kesehatan jantung lebih ditentukan oleh gaya hidup lainnya. Seperti olahraga dan diet. makan sehat dan juga olahraga teratur adalah rekomendasi para hali untuk tetap menjaga jantung agar tetap sehat.

Diperkirakan 17,3 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya di seluruh dunia lantaran sakit jantung. Pada 2030 diperkirakan angka kematian akibat sakit jantung mencapai 23 juta jiwa. Sedangkan di Indonesia, penyakit jantung tercatat sebagai penyebab kematian paling tinggi yaitu 37 persen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel