Iklan

Alaska Diguncang Gempa 7 SR, Berpotensi Timbul Tsunami

Hanyatauaja.com - Peringatan tsunami baru saja berlaku untuk wilayah pesisir Semenanjung Kenai, Alaska.

Peringatan itu muncul usai adanya gempa dengan kekuatan 7 SR yang menerpa kawasan itu.

Semoga saja bencana ini tidak sampai menelan korban....

Seperti yang dikabarkan dari ABC News, Sabtu 1/12/2018 Gempa itu terjadi di sekitar 7,5 mil sebelah utara kota. Pejabat US Geological Survey melaporkan warga harus waspada dan bersiap-siap dengan adanya gempa susulan.

NWS dan National Oceanic Atmospheric Administration mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa bagian di Alaska. Akan tetapi di negara bagian sekitarnya tidak mendapatkan peringatan serupa.

Gempa itu menyebabkan puing-puing berjatuhan, bangunan rusak dan terjadi kerusakan infrastruktur yang begitu besar. Masih belum diketahui ada atau tidaknya korban, akan tetapi pihak kepolisian di daerah Anchorage mendesak para warga agar selalu waspada.

"Ada kerusakan infrastruktur yang cukup besar di Anchorage. Begitu banyak rumah dan juga bangunan rusak. Banyak jalan dan juga jembatan ditutup. Menjauhlah dari jalan jika Anda hendak menyetir, carilah tempat untuk berlindung. Periksa lingkungan Anda dan orang terdekat," ujar pejabat kepolisian.

Mengutip dari CNN, gempa itu berhasil melumpuhkan kantor perwakilan CNN di sana. "Barang-barang berjatuhan," ujar Direktur Pemberitaan CNN, Tracy Sabo.


Banyak gambar yang sudah tersebar di sosial media yang memperlihatkan betapa kacaunya tempat ini karena gempa itu. Termasuk di antaranya anak-anak yang berlindung di bawah meja dan juga barang-barang yang saling berjatuhan.

The US Geological Survey melaporkan setidaknya sudah terjadi empat gempa susulan dari gempa pertama. Yang terbesar terjadi di KOta Anchorage dengan Magnitudo 5,8 SR.

Sementara dikutip dari ky News, Alaska pada bagian Selatan mempunyai Risiko tinggi gempa bumi.

Pada 27 Maret 1964 lalu, Alaska pernah dilanda gempa berkekuatan 9,2 SR yang tercatat sebagian gempa terkuat sepanjangs ejarah Amerika.

Gempa yang berpusat di antara Anchorage dan Valdez, Alaska berdurasi empat menit itu sudah berhasil menewaskan sedikitnya 136 orang. Lima belas akibat gempa, dan 124 lagi akibat tsunami yang menyeret gelombang sampai ke California.

Dimanapun gempa itu berada, semoga tidak lagi menimbulkan korban jiwa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel