-->

5 Cara Lebih Bahagia Di Tempat Kerja

Hanyatauaja.com - Para periset yang meneliti apa yang membuat kita bahagia menemukan, faktor pertama yang membuat kita bahagia ternyata bukan uang atau bahkan hubungan, tapi bagaimana perasaan kita tentang pekerjaan kita.

Tapi bagaimana kalau hari kerja Anda membuat Anda lebih frustasi dan marah ketimbang bahagia dan puas?

Jangan khawatir. Hasil penemuan baru ilmiah bisa membantu Anda menemukan kebahagiaan ketika bekerja, jamin Michael Roizen, MD., penulis dengan Dr Oz - You: The Owner's Manual! Caranya ternyata mudah berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan?

TINGKATKAN KEBAHAGIAAN DENGAN MENGUCAPKAN "HAI"


Orang-orang yang mengatakan punya teman baik di tempat kerja merasa 7 kali lebih bahagia dibanding yang tak punya teman, begitu temuan sebuah jejak pendapat. Dalam risat lainnya, 67% orang menegaskan, berteman dengan rekan kerja membuat hari kerja mereka lebih menyenangkan.

Jadi, sapa rekan kerja Anda dan fokuskan perhatian pada matanya. Kontak mata yang baik secara langsung menstimulir aliran hormon oxytocin, yang membuat Anda merasa lebih dekat dengan orang, kata Micah R., Sadigh, PhD., associate professor psikologi di Cedar Crest College, Allentown, Pennsylvania.

CIPTAKAN KONEKSI DENGAN PUJIAN


Benar, Anda sibuk, tapi coba meluangkan waktu 1 menit untuk berterimakasih kepada seseorang, menyuruh rekan kerja jalan dulu di depan Anda atau puji seseorang. Riset menunjukkan, orang-orang yang mendapatkan aliran hormon rasa senang, diikuti dengan rasa damai, dan berelasi dengan orang, dapat meningkatkan rasa bahagia. Selain itu, Anda bisa mencipta ulang efek bahagia ini hanya dengan mengenang perbuatan baik Anda. Khasiat rasa senang ini berlangsung berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

BANGKITKAN SENYUM DENGAN SELENIUM


Sejak lama selenium dikenal dengan kekuatannya mencegah kanker. Mineral jejak ditemukan dalam susu, daging dan serealia - ini juga menunjukkan pembangkit rasa bahagia, lapor Richard L. Shames, MD., dalam Feeling Fat, Fuzzy, of Frazzled?

Dalam sebuah studi, orang-orang yang diberi suplemen selenium setiap hari mengalami penurunan depresi dan ansietas sampai 20 kali lipat. Ia menganjurkan suplemen yang mengandung 200 mcg. Seperti biasa, sebelum konsumsi suplemen baru apapun, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

TETAP BERSEMANGAT DENGAN FOKUS PADA KATA YANG MEMBUAT SENANG


Anda pasti tahu, tidur siang mengisi ulang energi sehingga Anda lebih bahagia di sisa hari tersebut. Tapi hanya sedikit perusahaan yang mengizinkan tidur siang di tempat kerja.

Sehubungan dengan itu, Dr Roizen menganjurkan duduk dan fokus pada kata yang membangkitkan rasa senang, gambaran rileks di dalam kepala. Contohnya Hawaii. Satu kata itu secara otomatis menjernihkan pikiran dan meningkatkan rasa senang dan energi dengan mengalihkan perhatian.

HILANGKAN RASA MURUNG DENGAN JALAN KAKI ATAU BERSEPEDA KE KANTOR


Orang yang jalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja di pagi hari merasa lebih gembira dan bahkan lebih produktif selama hari kerja, ungkap sebuah studi baru dari San Francisco State University. Olahraga bukan hanya meningkatkan koneksi otak, tapi juga melepaskan zat kimia otak yang langsung meningkatkan kebahagiaan, jelas Dr Roizen.

Rumah terlalu jauh untuk jalan kaki atau bersepeda ke kantor? Turun dari bis atau stop lebih awal dari yang biasanya atau naik tangga ketimbang menggunakan elevator. Hari Anda akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel