-->

Ada 10 Kisah Menarik Dibalik Makanan Tradisional Jepang Natto


Hanyatauaja.com - Siapa yang tidak mengenal Natto, makanan khas Jepang ini mempunyai bentuk dan juga rasa yang unik. Sebagian dari kamu tentunya sudah pernah merasakannya, ketika memakan natto rasanya seperti sedang memakan kacang karamel cair yang tidak ada rasanya. Terlebih lagi baunya yang nyaris mirip dengan kaos kaki membuat sebagian dari kita memilih untuk tidak mencobanya.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa ada begitu banyak hal mengenai natto yang tidak kita sadari. Misalnya saja seperti dalam 1 gram natto terdapat kandungan bacillus ubtilis yang umumnya ditemukan di tanah, organ hewan dan manusia. Basillus ini merupakan hal yang menjadikan natto lengket. Dalam satu gram natto juga terdapat sebanyak 100 miliar sel hidup yang baik untuk kesehatan yang sudah diakui oleh Food & Drug Administration (FDA).

Berikut ini 10 kisah menarik yang ada dibelakang makanan Jepang bernama Natto ini, yuk simak selengkapnya.

Natto Makanan Tradisional Jepang

1. TAK PERLU MAKAN NATTO SECARA TRADISIONAL

Natto disajikan dengan nasi putih dan dimakan secara langsung. Atau bisa juga dengan terlebih dahulu menambahkan kecap asin, telur mentah, bawang atau mayones. Akan tetapi kamu juga bisa mengkreasikannya dalam masakan lain seperti tempura, ramen, sup miso atau juga spaghetti.

2. ADUK SEBANYAK 15 KALI TERLEBIH DAHULU

Sejak jaman edo, sudah dikatakan jika ingin membuat natto haruslah diaduk sebanyak 15 kali agar memberi rasa yang enak. Akan tetapi jika kamu mengaduknya lebih dari 15 kali maka perekat pada kedelai akan mengeluarkan gelembung dan rasanya konon menjadi tidak enak.

3. NATTO SEBENARNYA TIDAK SENGAJA DIBUAT

Di masa Uesugi Kenshin pada 1500-an, ada pertempuran dimana-mana. Setelah pertempuran yang panjang tanpa mereka sadari kedelai yang mereka masak itu sudah membusuk. Dan kala diaduk mengluarkan lendir, akan tetapi ketika dicoba justru rasanya enak.

4. NATTO JADI SAINGAN KEJU DI JEPANG

Produsen Jepang menganggap cara terbaik untuk mencegah perkembangan produksi keju yaitu dengan terus memperbanyak kreasi Natto.

5. NATTO BAU?, ITU TIDAKLAH BENAR

Banyak sekali produsen Natto yang menyebutkan jika sebenarnya Natto itu tidak bau.

6. NATTO BISA MEMBANTU PENCEGAHAN PENYAKIT ALZHEIMER

Natto mempunyai kandungan zat besi, magnesium, kalsium, protein, kalium dan vitamin lainnya yang sangat membantu mengurangi kolesterol, pencernaan dan juga masih ada banyak lagi manfaat lainnya seperti Mencegah penyakit Alzheimer.

7. SEBAGIAN ORANG JEPANG TAK SUKA NATTO

Meski mempunyai begitu banyak manfaat akan tetapi orang Jepang banyak yang tidak suka rasanya dan baunya Natto. Bahkan berdasarkan survey menyebutkan sebanyak 30 Persen orang Jepang mengaku tidak menyukai Natto.

8. NATTO BISA DIMANFAATKAN UNTUK MENURNKAN BERAT BADAN

100 gram natto hanya mempunyai kandungan 212 kalori dan 5 gram serat yang sangat baik untuk mereka yang sedang diet tentunya.

9. KITA BISA MEMBUAT NATTO SENDIRI DI RUMAH

Kamu hanya membutuhkan kedelai dan juga bahan pembuat natto. Aduk, dan simpan dengan memanfaatkan suhu kamar selama 24 jam.

10. TANTANGAN PERTAMA MENCOBA NATTO ADALAH PRODUSENNYA

Sudah tentu kita sebagai pedagang natto harus terlebih dahulu mencoba natto buatan kita sendiri, banyak dari penjual Natto yang kurang begitu suka dengan natto akan tetapi mereka tetap harus mencoba natto buatannya hal itu demi memuaskan para pelanggannya.

Itu dia gaes 10 kisah dibalik makanan tradisional Jepang natto. Apakah kalian pernah mencobanya? Jika pernah mencobanya jangan lupa untuk share kisah kalian melalui komentar di bawah ini ya gaes :) terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel