Breaking

Friday, 10 August 2018

Ini Dia Cara Menghindari Perangkap HOAX

Ini Dia Cara Menghindari Perangkap HOAX Terima kasih sudah mengunjungi Hanyatauaja.com, pastikan Anda membaca postingan ini sampai selesai.. jangan lupa mampir juga ke lapak kita ya lapak.hanyatauaja.com


Hanyatauaja.com - Seperti yang kita ketahui bahwa belakangan ini memang sudah menjadi sebuah hal yang marak, iklan-iklan mengenai penyebaran berita hoax, banyak tagar-tagar dan juga kata-kata yang menyadarkan kita betapa mengerikannya berita hoax.

Dan sepertinya Indonesia sudah kental akan budaya penyebaran info yang sangat cepat, akan tetapi kadang info-info yang disebar itu kerap tidak faktual alias hoax.

Begitu banyak info hoax yang sudah tersebar di media sosial. Citi khas yang lebih konyol lagi adalah budaya penyebaran info hoax itu terjadi begitu cepat. Entah salah siapa, jika dirasa sebenarnya penulis berita hoax tidak begitu sukses jika saja para netizen tidak membantu menyebarkannya ke masyarakat.

Namun kalian harus tau bagaimana cara untuk menghindari perangkat Hoax, berikut ini beberapa kiat-kiat tipsnya agar kalian terhindar dari yang namanya Perangkap Hoax.

LIAT SUMBER BERITA

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Yang paling pertama wajib kamu lihat adalah kedalam sebuah berita, judul atau headline bukan? Jika kalian merasa judulnya sedikit tidak masuk akal, lompat pada bagian bawah dan liat sumbernya dengan teliti. Apakah kredibel sumber-sumbernya, meski sumber yang dimasukkan sudah kredibel pastikan kalian lanjut membacanya lagi dan mendalami.

PAHAMI CARA PENYEBARAN BERITANYA DAN SIAPA PENULISNYA

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Pahami dahulu cara kerja penyebaran informasi itu, siapa tau tidak ada orang yang bertanggung jawab dalam tulisan itu, Seperti di Media sosial yang nyaris tidak tau siapa yang menulis. Hal ini sangat penting, karena kita jadi tau apakah berita ini ditulis oleh seorang jurnalis sungguhan atau seorang yang tidak bertanggung jawab terhadap isi berita yang ada.

PERGUNAKAN LOGIKA DAN AKAL SEHAT

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Jika ada berita yang kurang menggunakan logika dan akal sehat, lebih baik kalian tidak langsung mempercayainya dan cari tau lebih lagi mengenai kebenaran dari pemberitaan tersebut. Tentunya dengan searching di beberapa media lainnya apakah juga membahas hal serupa. dan jika kalian belum yakin benar berita itu benar adanya lebih banyak cukup didiamkan saja dan jangan dishare.

BERBICARA DENGAN PAKAR

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Mencari tau kebenaran berita tentu kita perlu melakukan konsultasi dan bertanya langsung dengan pakar, dengan bertanya kepada pakar pemberitaan kita bisa lebih mengerti apakah itu benar atau tidak, dan apa yang harus kita lakukan sebaiknya ketika melihat konten hoax yang bisa membahayakan. Perlu diketahui bahwa Hoax sendiri ada yang berbahaya dan ada yang tidak berbahaya.

Kadang dengan adanya pemberitaan palsu atau berita hoax yang tersebar di media sosial memang tidak langsung mempengaruhi kehidupan kita, akan tetapi percayalah bahwa ini sudah sangat serius dan berbahaya jika terus dibiarkan.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact