Breaking

Thursday, 26 July 2018

Meski Cacar Tetap Harus Mandi?

Meski Cacar Tetap Harus Mandi? Terima kasih sudah mengunjungi Hanyatauaja.com, pastikan Anda membaca postingan ini sampai selesai.. jangan lupa mampir juga ke lapak kita ya lapak.hanyatauaja.com


Hanyatauaja.com - Cacar air adalah salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak. Meski sudah diimunisasi, anak tetap bisa terkena cacar air. Hanya saja, bila pun terkena, biasanya relatif lebih ringan. Anak-anak yang sudah terkena cacar air bisa mengalaminya lagi saat dewasa, terutama ketika daya tahan tubuh sedang lemah.

Cacar air (varicella atau chickenpox) disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster, yang termasuk dalam famili virus herpes. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit yang menyebabkan ruam melepuh berisi cairan dan gatal ini, bisa menjadi serius, terutama bila mengenai bayi, remaja, orang dewasa, ibu hamil, dan mereka yang punya sistem kekebalan yang lemah.

SANGAT MUDAH MENULAR

Bocah Terkena Cacar Air ( Foto @Source )

Penyakit ini perlu diwaspadai mengingat sangat mudah menyebar kepada orang lain. Bila dalam salah satu anggota keluarga, di sekitar kompleks rumah, maupun di sekolah ada yang terkena cacar air, dalam waktu singkat, penyakit bisa menyebar dengan cepat.

Cacar air dapat disebarkan melalui udara. Saat seseorang yang terinfeksi bersin atau batuk. Juga bisa menular dengan menyentuh cairan dari lepuhan ruam.

Dalam National Library of Medicine (NLM) dijelaskan bahwa mereka yang terkena cacar air sangat mudah menularkan dalam 1-2 hari sebelum ruam lepuhan muncul dan juga ketika ruam sudah kering. Karena itu, mereka yang terinfeksi cacar air sangat dianjurkan untuk beristirahat di rumah, tidak masuk sekolah maupun kerja, guna mencegah penularan.

TERGANTUNG DAYA TAHAN

Bocah Terkena Cacar Air ( Foto @Source )

Ruam cacar air muncul sekitar 10-21 hari setelah kontak dengan orang yang terinfeksi. Masa sakit berkisar 5-10 hari. Anak-anak umumnya pulih dalam waktu seminggu.

Berat ringannya gejala cacar air sangat ditentukan oleh daya tahan tubuh. Untuk itu, saat terkena cacar air, sangat dianjurkan untuk beristirahat dan menjaga asupan nutrisi yang baik.

Tidak lupa untuk menjaga kebersihan diri, mandi misalnya. Mandi akan menjaga kebersihan tubuh sekaligus mencegah infeksi bakteri. ke dalam air mandi bisa ditambahkan larutan antiseptik.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact