Breaking

Monday, 2 July 2018

Kerap Dihantui Saat Tidur, Bisa Jadi 4 Hal Ini Penyebabnya?

Kerap Dihantui Saat Tidur, Bisa Jadi 4 Hal Ini Penyebabnya?

Hanyatauaja.com - Hal yang paling menyebalkan saat tidur adalah terbangun karena mendapati mimpi buruk. Mimpi buruk selalu datang dan tidak pernah diduga kedatangannya sebelumnya dan membuat seorang yang bermimpi buruk akan sulit kembali melanjutkan tidurnya. Terkadang, kita harus berdoa beberapa lama untuk menenangkan hati dan pikiran agar bisa melanjutkan tidur kembali. Kalau sudah seperti ini dengan terpaksa harus siap begadang jika tidak bisa tidur-tidur juga.

Jika hal ini dialami dalam 1 tahun sekali dua kali tidak masalah, akan tetapi jika setiap hari atau berkali-kali setiap tidur tentunya menjadi masalah. Jika seperti ini terus maka kita menjadi tidak bisa tidur dengan nyenyak dan tenang.

Mungkin beberapa hal ini yang bisa menjadi penyebabnya kita diganggu atau dihantui saat tidur.

DEPRESI BISA JADI PENYEBABNYA

Biasanya munculnya mimpi buruk adalah karena depresi. Depresi tidak hanya mempengaruhi kita saat dalam kondisi sadar akan tetapi juga dalam kondisi tertidur. Pasalnya bermimpi sebenarnya adalah proses kelanjutan dari apa yang kita pikirkan kala seharian beraktivitas.

Ilustrasi Depresi ( Foto @Source )

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyaknya peneliti dari luar negeri. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Psikiater di China. Jika mimpi buruk terjadi bisa jadi orang itu sedang mengalami depresi berat dalam hidupnya. Bahkan, dalam seminggu sembilan ribu orang dewasa di China mengalami mimpi buruk sedikitnya satu kali dalam satu pekan.

BISA JADI KARENA SEDANG MENGIDAP SLEEP APNEA

Kemudian bisa juga mimpi buruk itu terjadi karena seorang sedang mengalami sleep apnea. Untuk orang yang belum tahu Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh sistem pernapasan yang berjalan tidak normal seperti pada umumnya. Sehingga para penderita tidak bisa mendapat aliran oksigen yang cukup kala sedang tidur.

Ilustrasi Sleep Apnea ( Foto @Source )

Penderita gangguan tidur ini sangat berkemungkian mengalami mimpi buruk seperti tercekik atau tenggelam. Ini lantaran mereka kerap kehilangan napas selama 10 detik atau lebih. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, Sleep Apnea tidak hanya bisa membuat mimpi buruk saja. Gangguan tidur seperti ini juga bisa mengakibatkan stroke, serangan jantung, hipertensi bahkan bisa juga menyebabkan kematian mendadak.

BISA JUGA KARENA SEDANG KONSUMSI OBAT

Minum obat bisa juga menjadi penyebab datangnya mimpi buruk. Dan biasanya hal ini bisa terjadi ketika kita minum obat tanpa petunjuk atau saran dokter. Akibatnya kala belum beristirahat otak sudah langsung melompat ke tahap tidur atau alam mimpi tanpa basa-basi.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Dan jika efek dari obat sudah habis, otak jadi kebingungan. Sehingga otak akan berusaha untuk mengembalikan siklus tidur yang benar. Berarti, Aktivitas otak selama tidur akan menjadi kacau dan mengakibatkan mimpi buruk bisa datang kapan saja.

BISA JADI KARENA ADANYA PENYAKIT

Jika ketiga hal diatas bukan menjadi penyebabnya, bisa jadi kalian sedang mengidap penyakit ini. Adalah Sindrom Mimpi Buruk atau yang bernama Dream Anxiety Disorder. Ini adalah penyakit yang ditandai dengan kerap mimpi buruk tanpa ada penjelasan yang jelas atau penyebab yang jelas.

Seorang Yang Terkena Sindrom Mimpi Buruk ( Foto @Source )

Jika sudah seperti ini, kalian wajib konsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan beberapa metode untuk menghilangkan itu. Cara terbaik untuk menghilangkan gangguan sindrom mimpi buruk ini adalah mandi dengan air hangat, hindari kafein, cobalah untuk berolahraga secara rutin. dan pola hidup sehat.

Mimpi buruk rupanya tidak hanya datang ketika kita usai menonton film horor saja gaes. Akan tetapi juga ada beberapa alasan lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, kalian masih sering mengalami mimpi buruk, mungkin bisa jadi penyebabnya salah satu dari penjelasan di atas. cobalah untuk konsultasikan kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact