Breaking

Wednesday, 18 July 2018

Empat Kunci Untuk Jantung Tetap Sehat

Empat Kunci Untuk Jantung Tetap Sehat Terima kasih sudah mengunjungi Hanyatauaja.com, pastikan Anda membaca postingan ini sampai selesai.. jangan lupa mampir juga ke lapak kita ya lapak.hanyatauaja.com


Hanyatauaja.com - Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia. Serangan Jantung ibarat petir di siang bolong yang terjadinya selalu mendadak dan tanpa tanda-tanda yang berarti.

Bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat? Jawabannya, jangan pernah membiarkan jantung anda terlanjur bermasalah, karena jika sudah bermasalah artinya peluang terjadinya serangan sudah ada kapanpun itu.

Dengan kata lain, cara yang paling efektif adalah menjaganya sedari dini, jangan biarkan jantung anda bermasalah. Merawat dan menjaga kesehatan jantung sebetulnya tidaklah sulit. Asalkan Anda mampu menahan selera makan-makanan yang membahayakan dan melawan rasa malas berolahraga.

Berikut ini empat kunci utama yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung:

1. POLA MAKAN

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Dua hal membahayakan jantung yang sangat erat kaitannya dengan pola makan, yakni kolesterol dan obesitas. Dua hal ini sangat dekat dengan penyakit jantung. Untuk itu, jagalah kadar kolesterol dalam darah Anda, sekaligus jaga berat badan Anda.

Bagaimana agar kolesterol tidak tinggi sekaligus terhindar dari obesitas? Batasi makanan berlemak dan makan berkolesterol tinggi. Berikut makanan yang perlu Anda batasi:

  • Makan berlebihan. Selain bisa menjadi tumpukan lemak dalam tubuh, metabolisme juga bisa membuatnya menjadi kolesterol.
  • Lemak hewani. Ini merupakan sumber kolesterol, contohnya mulai dari steak, cumi-cumi, kambing, jeroan, kuning telur, dan lain-lain. Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh menyantapnya, hanya batasi saja, cukup seminggu sekali atau dua kali paling banyak.
  • Seafood. Kebanyakan seafood merupakan sumber kolesterol, sebut saja cumi-cumi, kepiting, lobster, dan udang. Kecuali ikan. Kebalikan dari seafood lain, ikan justru baik untuk kesehatan jantung, terutama ikan Salmon.

2. ROKOK

Wanita Merokok

Risiko kematian dari penyakit jantung adalah 2-3 kali lebih besar terhadap perokok dibandingkan dengan yang tidak merokok. Terdapat 4.000 jenis bahan kimia dalam rokok, dengan 40 jenis diantaranya menyebabkan kanker.

Dua jenis racun yang paling mematikan dalam rokok adalah nikotin dan CO, keduanya meningkatkan kebutuhan oksigen sekaligus mengganggu suplai oksigen ke otot jantung.

Nikotin pernah digunakan sebagai racun serangga, tetapi sekarang penggunaannya dilarang karena kadar racunnya sangat berbahaya kepada manusia. Nikotin yang dihisap perokok mengeluarkan catecholamines dari tubuh, yakni kumpulan zat kimiawi yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti hormon adrenalin.

Keluarnya Adrenalin dalam jumlah besar ini menyebabkan denyut jantung berdetak lebih cepat hingga 20 kali lipat per menitnya, tekanan darah pun meningkat alias hipertensi hingga 20 jenjang.

3. STRESS

Ilustrasi Stress

Penelitian mengungkapkan bahwa penyakit jantung meningkat 68% pada pekerja yang mengalami stres. Mengapa? Saat stres, sistem saraf simpatik anda meningkat, dari sini, efeknya bisa menjadi kemana-mana. Pertama, kadar hormon kortisol menjadi tinggi. Saat hormon ini dilepaskan menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri. Efek lain adalah jantung pun berdebar lebih cepat dan tekanan darah yang meningkat. keduanya jelas membahayakan jantung Anda.

Hindari stres dengan berpikir positif, santai dan rileks-lah sejenak. Sadarilah bahwa hidup ini terlalu singkat untuk anda lewati dengan pemikiran serius dan berat. Berliburlah sebulan sekali dengan teman atau keluarga Anda, olahraga ringan selepas pulang kerja, atau berkumpul dan tertawa dengan kerabat bisa membuat Anda lebih rileks. Jangan menghadapi hidup ini dengan terlalu serius, kesehatan lah yang lebih penting.

4. OLAH RAGA

Biasakan Olahraga Agar Hidup Lebih Sehat

Ini adalah jawaban dari semua pertanyaan akan tubuh yang sehat dan bugar. Dengan berolahraga, Anda bisa mengurangi stres, dengan demikian Anda pun bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Saat memikirkan kata "olahraga" jangan membayangkan olahraga berat, karena baru memikirkannya saja Anda sudah lelah bukan? Sebetulnya yang jantung dan tubuh Anda perlukan hanyalah olahraga ringan sekitar 30 menit setiap hari, atau olahraga 3 kali dalam seminggu dengan durasi sebentar.

Memilih naik tangga daripada nail lift, membersihkan rumah sendiri daripada menyuruh pembantu, dan berjalan kaki sedikit daripada naik ojeg, itu juga sudah termasuk olahraga ringan. Tak hanya untuk kepentingan jantung Anda, olahraga membuat Anda fit, bugar, tak mudah jatuh sakit, dan awet muda.

Itu dia sobs & sist hanyatauaja.com, jangan lupa untuk dibantu dishare ya ke yang lain biar lebih bermanfaat.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact