Breaking

Thursday, 26 July 2018

Agar Tubuh Kebal Dari Virus

Agar Tubuh Kebal Dari Virus Terima kasih sudah mengunjungi Hanyatauaja.com, pastikan Anda membaca postingan ini sampai selesai.. jangan lupa mampir juga ke lapak kita ya lapak.hanyatauaja.com


Hanyatauaja.com - Istirahat dong, rileks, banyak makan! Nasihat kepada seseorang yang sedang sakit ini sering kita dengar. Memang ada benarnya bahwa keletihan, stres, dan kurang gizi akan membuat kekebalan tubuh merosot. Akibatnya, "mahkluk asing" seperti virus pun lebih gampang menginvasi tubuh. Jadilah sakit!

Sistem imun di tubuh kita ini ibarat pasukan tentara yang siap menghadang dan menghentikan gerak penyusup, seperti virus penyebab penyakit campak dan cacar. Sistem imun juga akan siap tempur jika infeksi lama balik lagi.

Sel-sel khusus di dalam sistem imun kita akan mengenali makhluk asing saat virus campak dan cacar masuk. Molekul ini akan beredar di aliran darah dan menyerang setiap virus yang berkeliaran di darah juga.

Sementara sel-sel imun yang lain mengenali virus yang memasuki sel-sel, lalu membunuhnya supaya tidak sempat berkembang baik. Seusai perang, sistem imun kita akan istirahat, tetapi siaga jika terjadi pertempuran berikutnya.

Jadi di tubuh kita lebih banyak sel-sel yang sehat, memerangi beberapa infeksi tidaklah menyakitkan. Luka akibat serangan virus juga akan segera pulih kembali.

Namun, jika lawan cukup tangguh, bisa terjadi lebih banyak kerusakan, dan lebih lama waktu pemulihannya.

TINGGAL MENETAP

Virus ( Foto @Source )

Ada kalanya sistem imun tidak bisa mengusir virus, misalnya varicella, virus zoster penyebab cacar. Sekali tubuh terinfeksi, virus itu akan betah tinggal menetap di dalam tubuh, sepanjang hidup kita.

Sistem imun lah yang terus berusaha agar virus ini tidak aktif dan tidak bikin ulah. Kalau suatu saat nanti kekebalan tubuh lemah, virus bisa kembali merajalela.

Menrutu Anthony L. Komaroff, MD, dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari Harvard Health Publications, sistem kekebalan tubuh kita ini merupakan jaringan sel-sel dan organ yang sangat rumit.

Sistem imun bertugas melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu juga beradaptasi untuk menyediakan imunitas guna melawan infeksi dengan mengingat organisma penginfeksi dari paparan sebelumnya. Derajat dan lamanya imunitas bergantung pada tipe dan jumlah antigen dan bagaimana mereka menyerang tubuh.

Selain imunitas alami seperti yang terdapat di kulit, mulut, saluran kemih dan lainnya, imunitas juga bisa didapat melalui imunisasi misalnya vaksi campak dan cacar.

Tubuh yang sudah mendapatkan vaksi campak dan cacar, membuat sistem imun bisa memproduksi antibodi spesifik untuk melawan penyakit tersebut, kalau sewaktu-waktu datang. Imunisasi memang tidak membuat tubuh sepenuhnya kebal, tetapi kalau terjadi infeksi, sakit yang terjadi tidaklah berat dan akan sembuh lebih cepat.

KUATKAN KEKEBALAN TUBUH :

Virus ( Foto @Source )

Cara untuk menguatkan kekebalan tubuh adalah berikut ini :
  • Kelola stres dengan baik.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam.
  • Hindari zat aditif (pengawet, penyedap, pewarna).
  • Batasi asupan gula, lemak, garam. 
  • Teratur mengolah tubuh.
  • Menjaga berat badan normal.
  • Cukup istirahat.
  • Rajin cuci tangan pakai sabun.
  • Mendapatkan imunisasi.
  • Minimalisasi paparan zat racun.
  • Hindari asap rokok dan polutan lainnya.
  • Konsumsi obat-obatan secara rasional. 
Itu dia gaes beberapa cara untuk menjaga tubuh agar kebal dari yang namanya Virus, semoga kita selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari yang namanya Virus. 

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact