Breaking

Friday, 8 June 2018

Tak Hanya Ngerem Dan Ngegas, Ini Hal Yang Dilakukan Masinis Yang Jarang Diketahui?

Tak Hanya Ngerem Dan Ngegas, Ini Hal Yang Dilakukan Masinis Yang Jarang Diketahui?

Hanyatauaja.com - Kereta api adalah sebuah transportasi yang diminati oleh banyak orang Indonesia. tidak hanya lantaran harganya yang terjangkau, perjalanan yang begitu menyenangkan dan tidak macet dan juga kadang ada pemandangan indah. Belum lagi dengan harga yang murah, penumpang masih bisa mendapatkan fasilitas yang bisa dibilang mewah.

Di balik kereta yang melaju ada seorang masinis. Sosok yang ada di balik kemudi yang mempunyai peran sangat penting dalam mengoperasikan seluruh rangkaian kereta. Akan tetapi, nama masinis terkadang terkesan remeh, dengan dalih 'ah mudah saja, kan tinggal mengikuti jalur rel kereta'. Nah, yang terjadi sebenarnya atau pada kenyataannya tidaklah seperti itu, seorang masinis ini harus juga ada yang namanya suka dan duka selama mengoperasikan kereta.

MENJALANI PENDIDIKAN KHUSUS DAN JUGA MILITER

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Meski tidak turun dan bertempur di medan tempur, kenyataannya masinis tidak hanya dituntut kuat secara mental akan tetapi juga fisik. Ada pendidikan khusus yang harus mereka tempuh sebelum akhirnya mereka di sahkan untuk mengemudikan kereta api. Pendidikan khusus ini diadakan di Balai pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Di Yogyakarta selama 3 tahun lamanya. Calon Masinis akan mendapat pengetahuan mengenai kereta api, kemudian mereka juga diarahkan ke program magang di Perawatan Kereta Api (DEPOT) yang terakhir adalah sertifikasi masinis.

Dalam setiap tahap itu ada pendidikan militer yang wajib karantina beberapa minggu. Hal itu dilakukan demi membentuk jiwa militer yang tahan banting, seperti itulah yang sebenarnya dialami oleh para calon masinis.

ASISTEN MASINIS DENGAN DURASI KERJA 2000 JAM KERJA

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Usai resmi menjadi karyawan atau pegawai di PTKAI, Mereka pun juga lantas mengemudikan kereta api dan menjadi sopir tetapnya. Usai menjalani serangkaian pendidikan ala militer mereka masih ada lagi harus magang selama 3 tahun. Dalam jangka waktu itu mereka akan diberi kesempatan 2000 jam terbang untuk mengajukan diri menjadi masinis utama.

Tidak sembarangan dan harus siap selalu, selama masa magang itu mereka harus siap untuk dilemparkan di kota manapun untuk bekerja. Entah di Jawa atau di luar pulau Jawa.

TIDAK HANYA SEKEDAR NGEREM DAN NGEGAS

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Jika dibandingkan dengan tugas seorang Pilot yang terbang mengudara, atau sopir kendaraan darat, profesi sebagai masinis mungkin terlihat begitu berat. Masinis hanya butuh ngerem dan ngegas lokomotif saja, akan tetapi semua itu ternyata salah besar. Seorang masinis harus selalu tanggap dan bisa memprediksikan lamanya perjalanan, menghafal setiap stasiun yang akan ditempuh, seberapa kencang laju kereta, titik pengereman harus tepat dan juga sinyal setiap lintasan.

Sistem pengereman kereta juga tentunya berbeda dari kendaraan lain. Dengan kecepatan 90 KM Per Jam, mereka harus mengerem pada titip yang tepat yang memang sudah ditentukan satu kilometer sebelum berhenti. Jika terlewat sedikit saja, maka bisa jadi nyawa akan menjadi taruhannya. bahkan bisa juga menimbulkan korban.

TIDAK ADA LIBUR HARI RAYA

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Lebaran dan juga perayaan hari besar seharusnya menjadi ajang untuk orang-orang berkumpul dengan keluarga besar. Akan tetapi hal itu tidak bisa dirasakan oleh seorang yang berprofesi sebagai masinis. Khususnya kala natal atau Idul Fitri. Mereka tetapi setia menjalankan tugasnya, mengantarkan orang ke tujuan untuk bertemu dengan keluarga.

JADI KAPAN MASINIS DIKASIH LIBUR?

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Pernah kalian berpikir kira-kira kapan masinis liburnya? Setiap hari masini wajib untuk mengoperasikan 2 kereta api (pulang-pergi) yang rata-rata setiap perjalanannya memakan waktu 6-10 jam. Di tambah lagi, jika ada tugas dinas, bisa tidak pulang selama dua hari. Untuk fasilitas ada mess sampai dengan rumah untuk beristirahat.

Tugas panjang itu berlaku juga untuk hari-hari besar, Meski tidak ada libur namun semua harus dijalani dengan senyuman ketika menerima gaji, karena gaji mereka itu sekitar 9-12 juta untuk setiap bulannya. sampai kini saya sendiri masih tidak tau kapan Masinis itu bisa merasakan liburan?

Bagaimana apakah kalian ingin menjadi seorang Masinis?

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact