Breaking

Friday, 8 June 2018

Kerab Diabaikan, Ini Dia Sanksi Yang Bakal Didapat Jika Tak Ikut Program BPJS

Kerab Diabaikan, Ini Dia Sanksi Yang Bakal Didapat Jika Tak Ikut Program BPJS

Hanyatauaja.com - Seperti yang diketahui, beberapa tahun belakangan ini, pemerintah mengadakan program demi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satunya dengan membuat sebuah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau yang lebih kerennya dikenal dengan nama BPJS. Program ini adalah bentuk dari perubahan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau yang lebih kita kenal dengan nama Jamsostek.

Nah, Apa fungsi dari Program BPJS ini adalah agar memberikan kemudahan masyarakat jika mereka ingin berobat. Jadi jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter, untuk biaya bisa ditanggung oleh BPJS. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi bingung jika mau periksa ke dokter. Hanya dengan memperlihatkan kartu BPJS, semua biaya sudah tertangani oleh BPJS.

Kartu Peserta BPJS ( Foto @Source )

Namun, kemudahan dari program ini tidak semua memberikan sambutan yang baik. Salah satu alasannya yaitu tidak mempunyai uang untuk membayar iuran setiap bulannya. Meski pemerintah sudah menerapkan kelas-kelas tertentu supaya Masyarakat tidak terbebani, namun masih ada masyarakat yang mengabaikannya. Padahal, banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

Melihat begitu banyaknya warga Indonesia yang masih tidak berminat pada program tersebut, Fahmi Idris selaku direktur Utama BPJS Kesehatan pun menerapkan beberapa aturan.

Contohnya adalah mengadakan sanksi administratif untuk yang tidak segera mendaftarkan diri ke Program BPJS. Bentuk sanksinya yaitu tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu. Seperti izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Mengemudi (SIM), Paspor, Sertifikat Tanah dan juga Surat Tanda NOmor Kendaraan (STNK). Jika sudah begitu, sudah tentu akan mendapat kesulitan. Jadi, jangan pernah untuk menyepelekan dan segera mendaftar BPJS ya gaes.

Tak Bisa Membuat Surat Tanah ( Foto @Source )

Bahkan ini tidak hanya sekedar opini atau omongan bohong belaka. Peraturan ini sudah ditulis pada Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013. Di sana sudah tertulis dengan begitu jelas secara detail dari pencabutan hak mendapat pelayanan publik. Kemudian disebut juga bagaimana alur dari pengenaan sanksi untuk warga yang masih belum terdaftar untuk ikut BPJS. Sehingga, warga yang masih belum terdaftar segera mendaftarkan diri dan jangan meremehkan hal ini.

Bisa kita simpulkan bahwa BPJS sangatlah berguna untuk kehidupan kita. Dengan adanya program ini, kita tidak akan merasa keberatan untuk ongkos kesehatan jika memang sewaktu-waktu sakit sudah ada jaminan kesehatan dari BPJS. Jadi, untuk kalian yang masih belum mendaftarkan BPJS ayo segera daftar....

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact