http://www.tipsgratisbola.com/campaign/

5 Fakta Unik Indonesia Yang Buat Dunia Terkesima

Tuesday, 10 April 2018
Advertisement
Kamu Harus Tau, Hanyatauaja.com - Sebagai negara yang kaya Indonesia mempunyai banyak sekali keanekaragaman. Baik itu budaya, suku dan juga ras, semua itu membentuk suatu hal yang unik dan tidak ada di negara lain. Bahkan, fakta unik Indonesia membuat banyak orang betah untuk berlama-lama di negara kita. Tidak jarang mereka juga menjadi ingin pindah kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Fakta Unik Indonesia Yang Buat Dunia Terkesima

Fakta unik Indonesia itu ada dari sekian banyaknya keragaman yang bisa saling hidup berdampingan. Seperti salah satunya adalah suku, setiap daerah yang dikunjungi pasti ditemukan budaya yang berbeda-beda. Yang lebih hebatnya lagi adalah mereka bisa hidup dengan rukun tanpa adanya gesekan. Kemudian bagaimana uniknya Indonesia? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

MERUPAKAN SALAH SATU  NEGARA DENGAN PULAU TERBESAR DI DUNIA


Tidak hanya kaya akan budaya, Indonesia juga punya banyak pulau. Dari Sabang hingga Merauke. Hal inilah yang membuat Indonesia berbeda dari yang lain. Salah satunya yaitu ketiga pulau besar di Indonesia. Papua mempunyai luas 786 kilometer persegi menjadi pulau terbesar ke dua di dunia, kemudian pulau Kalimantan dengan 743 kilometer persegi dan disusul oleh Sumatera yang mempunyai ukuran 443 km.

BANYAK RAGAM SUKU BANGSA


Dengan beberapa pulau yang disebutkan diatas, Indonesia mempunyai kekayaan yang tidak terhingga. Salah satunya yaitu kebudayaan, hampir di setiap wilayah di Indonesia mempunyai kebiasaan unik yang berbeda-beda. tercatat Indonesia mempunyai 740 suku bangsa dan 67 bahasa yang berbeda.

Dalam 583 daerah mereka bisa hidup rukun meski pun berbeda-beda. Tidak hanya itu keragaman ini juga menghasilkan pakaian adat yang juga berbeda-beda juga untuk setiap daerahnya. Hebatnya lagi banyak kultur yang tetap hidup damai. Hal inilah yang membuat banyak pemimpin negara yang ada di luar sana terkesima kala mereka berkunjung ke Indonesia.

PUNYA HUTAN BAKAU TERBESAR DI DUNIA


Sebagai negara maritim hampir semua daerahnya adalah perairan. Indonesia mempunyai garis pantai yang panjang yang terbentang dari barat ke timur. Hal itu membuat negara menjadi mempunyai hasil laut yang begitu melimpah. Jadi tidak heran jika nenek moyang kita dulu merupakan seorang pelaut.

Dengan garis pantai panjang ini, Indonesia mempunyai fakta yang bisa dikatakan unik, yaitu mempunyai hutan bakau terbesar di dunia. Tercatat hutan bakau di Indonesia mencapai 2,5-4,5 juta hektar terbesar di penjuru daerah pesisir. Keadaan ini lantas membuat negara kita berhasil mengalahkan Nigeria, Brazil, Australia, hampir 25% hutan bakau dunia ada di Indonesia.

SALAH SATU KEAJAIBAN DUNIA ADA DI INDONESIA


Candi borobudur tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bangunan bersejarah itu bahkan sudah dikenal di seluruh dunia. Sebagai peninggalan Raja Samaratunga, bangunan itu begitu megah banyak orang yang terkesima di buatnya. Borobudur sendiri merupakan salah satu keajaiban dunia. Hal itu dikarenakan bangunan suci itu dibangun dengan hanya menyusun batu-batu menjadi candi dan juga mempunyai keindahan yang luar biasa.

MERUPAKAN SATU-SATUNYA NEGARA YANG PERNAH KELUAR DAN MASUK PBB


Peserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan sebuah organisasi yang banyak diikuti oleh negara dunia termasuk Indonesia. Lembaga ini banyak menaungi kemanusiaan yang ada di dunia, seperti kesehatan, kemiskinan, pendidikan dan juga masih ada banyak yang lainnya. Sebagai pendukung hal itu, menjadi hal yang wajib jika negara kita bergabung.

Akan tetapi tahukan kalian jika pada tahun 1965 Indonesia pernah keluar dari PBB dan kemudian masuk kembali pada September 1966. Kejadian ini merupakan fakta unik Indonesia yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Kejadian ini memperlihatkan jika negara kita berani menentang jika ada kekeliruan.

Beraneka ragam fakta unik Indonesia merupakan suatu hal yang istimewa bahkan negara lain tidak mempunyainya. Hal itu, tentunya memperlihatkan jika besarnya tanah air Indonesia. Akan tetapi, meski begitu kaya raya harus diperlukan peran banyak elemen untuk bisa memanfaatkannya. Jika semua hal unik itu dipergunakan, Amerika pun kalah dengan Indonesia.