Breaking

Monday, 12 February 2018

Tetap Fit Di Kala Menstruasi

Tetap Fit Di Kala Menstruasi

Kesehatan, Hanyatauaja.com - Dalam siklus menstruasi normal, terdapat produksi hormon yang paralel dengan pertumbuhan lapisan rahim. Tujuannya untuk mempersiapkan perlekatan dari janin dalam proses kehamilan. Ketika telur tidak dibuahi, dindin rahim pun akan luruh.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Saat dinding rahim lurut atau lepas, darah menstruasi mengalir dari rahim melalui bukaan kecil dalam leher rahim dan keluar melalui vagina. Proses ini biasanya berlangsung 3-7 hari.

Meski banyak perempuan tidak merasakan rasa sakit ketika menstruasi, ada juga yang mengalami berbagai keluhan. Biasanya perut terasa tidak nyaman, seperti kembung atau kram.

Ada beberapa jurus jitu untuk meredakan keluhan tersebut melalui gerakan yoga, titik akupresur, maupun ramuan herbal. Hasilnya, Anda tetap bisa tetap tampil prima dan fit di kala menstruasi.

YOGA

Pavanamuktasan 

Tidur dengan posisi telentang (savasana). Tekuk salah satu kaki dan pegang dengan kedua tangan. Angkat kepala dan dekatkan ke arah lutut. Tarik napas dalam dan lepaskan perlahan. Lakukan dalam 8 hitungan. Lakukan hal serupa untuk kaki yang satunya.

Selanjutnya tarik kedua kaki ke arah perut. Tarik napas dalam dan lepaskan perlahan. Lakukan dalm 8 hitungan.

Jathara Parivartanasana 

Dalam posisi savasana, miringkan kaki kanan ke arah kiri. Tarik napas dalam dan lepaskan perlahan. Lakukan dalam 8 hitungan.

Ganti untuk posisi sebaliknya dan lakukan hal serupa.

TITIK AKUPUNTUR

Lakukan pijatan pada sejumlah titik meridian tubuh selama 1-5 menit. Beberapa titik meridian tubuh yang dapat dipijat adalah St 25 (Tien Su), Sp 15 (Ta Heng), Cv 4 (Kuan Yen), Cv 6 (Qi Hai), dan Cv 12 (Cung Wan).

RAMUAN HERBAL

Selain yoga dan pijat, lengkapi dengan ramuan herbal untuk membantu mengatasi keluhan menstruasi. Siapkan kunyit dan kencur masing-masing sebesar satu ruas ibu jari tangan, sedikit asam, dan garam. Parut kunyit dan kencur, lalu peras airnya dengan menggunakan kain. Tambahkan asam yang telah diseduh dengan sedikit air hangat dan garam.

Minum dua sendok makan, tiga kali sehari menjelang dan saat menstruasi.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact