http://www.tipsgratisbola.com/campaign/

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Wednesday, 14 February 2018
Advertisement
Kesehatan, Hanyatauaja.com - Kolesterol merupakan salah satu momok bagi kita, kolesterol bisa menjadi berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan terus menerus. Jadi kita wajib untuk menurunkan kolesterol di saat kolesterol kita sudah diatas rata-rata orang normal.

Bahaya Kolesterol Tinggi ( Foto @Source )

Makan baik bisa membantu jantung. Antara lain dengan menurunkan kolesterol. Berikut ini beberapa makanan yang disarankan dan bisa untuk membantu menurunkan kolesterol.

LEMAK & MINYAK BAIK

Tidak semua lemak itu buruk. Lemak-lemak tak jenuh tunggal misalnya, terutama dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL jika dikonsumsi sebagai pengganti lemak jenuh atau lemak-lemak trans yang tidak sehat.

Lemak yang baik untuk jantung sehat ini bisa didapatkan antara lain dalam avokad, selain kacang tanah, dan kacang-kacangan seperti hazelnut, almond, dan pecan.

Minyak sayur seperti minyak zaitun, canola, dan minyak kacang tanah juga kaya lemak tak jenuh tunggal. Jangan konsumsi berlebihan. Kendati pun termasuk lemak sehat, kalorinya tinggi. Segenggam kacang atau 2 sendok makan minyak zaitun, misalnya, sudah cukup untuk membantu jantung.

IKAN DAN OMEGA-3

Omega-3 sering dikatakan lemak superstar yang melindungi jantung dan dapat memperbaiki profil kolesterol darah. Tempat terbaik menemukan omega-3 adalah di dalam ikan dan minyak ikan. Pilih ikan berminyak seperti mackerel, herring, sardin, dan salmon karena kandungan omega-3 nya tinggi.

Pastikan jangan digoreng, tapi dikukus atau dipanggang. American Heart Association menganjurkan makan ikan, terutama ikan berminyak, paling sedikit 2 kali seminggu. Bukan penggemar ikan? Ganti dengan makanan kedelai, walnut, dan flaxseed yang juga mengandung omega-3.

BIJI-BIJIAN & OAT

Sarapan oatmeal, oat atau oat bran adalah cara terbaik memulai hari. Makanan-makanan ini mengandung serat larut, yang menunjukkan menurunkan kolesterol jahat LDL dengan mencegah kolesterol diabsorp ke dalam aliran darah. Anda perlu paling sedikit 3 gram serat larut sehari untuk menurunkan risiko penyakit juantung dan 1 1/2 cup oatmeal matang memberikan lebih dari 6 gram serat.

Jika tak suka oat, ganti dengan padi-padian seperti barley, psyllium dan rice bran yang juga kaya serat larut untuk menurunkan kolesterol.

BEAN & LENTIL

Sumber kaya serat larut lainnya adalah bean, lentil, dan pea. Sebuah studi menemukan, makan 1/2 cup kacang pinto matang per hari selama 12 minggu menurunkan total kolesterol sampai sekitar 8%. Studi-studi lain mengaitkan bean dengan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Yang menyenangkan adalah, makanan dengan dasar bean kaya protein yang baik untuk pengganti daging yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi.

STEROL TUMBUH DAN STANOL

Makin banyak makanan yang difortifikasi dengan sterol tumbuhan dan stanol, senyawa yang secara alamiah terdapat di dalam banyak makanan tumbuhan. Sebabnya adalah, senyawa-senyawa ini membantu menghambat absorpsi kolesterol ke dalam aliran darah.

Makanan-makanan seperti jus jeruk dan yoghurt sering difortifikasi dengan sterol dan stanol. Untuk menurunkan kolesterol jahat LDL sekitar 5 sampai 15%, perlu makan paling sedikit 2 gram senyawa ini per hari. Anda bisa mendapatkan sterol dan stanol dalam jumlah ini dengan minum jus jeruk yang difortifikasi, 2 gelas masing-masing isi 230 ml.

BUAH-BUAHAN

Sebuah apel sehari benar-benar bisa membuat Anda terhindari dari dokter kardiologi. Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk dan grapefruit mengandung serat larut, yang menunjukkan menurunkan kolesterol. Buah-buah lain seperti blueberry, cranberry dan anggur, juga bisa menurunkan kolesterol, mungkin karena kandungan tinggi antioksidan yang baik untuk jantung sehat. Jadi, sediakan buah dan makan secara teratur sebagai bagian dari diet Anda.