Breaking

Thursday, 8 February 2018

Kiat-Kiat Menangani Konflik

Kiat-Kiat Menangani Konflik

Tips, Hanyatauaja.com - Konflik bisa terjadi kapan saja, dimana saja. Bisa di supermarket ketika seseorang melindas kaki dengan kereta belanja. Bisa juga terjadi di kantor, dengan rekan kerja.


Ilustrasi ( Foto @Source )

Menangani konflik dengan siap berkelahi bisa dipastikan bukan cara terbaik. Berikut, tips menangani konflik, apakah dengan rekan kerja, anggota keluarga, teman dan bahkan orang tak dikenal.

Respons terhadap konflik secara tepat dapat menyelamatkan hidup Anda dan hidup orang lain.

Berikut ini beberapa kiat-kiat untuk menangani konflik yang baik.

BERIKIR SEBELUM BEREAKSI

Kita bisa dengan cepat merespon terhadap perkataan yang tidak kita sukai. Penting untuk ambil waktu untuk tarik napas sebelum merespon. dalam pernapasan itu, ulangi kata-kata yang diucapkan dan berpikir sebelum merespon.

BUAT KEPUTUSAN LAIN

Dalam banyak kasus, konflik yang muncul bukan yang pertama. Kata-kata kasar atau perbuatan menyerang bisa merupakan tema ulangan di dalam hubungan. Putuskan apakah hubungan ini pantas diselamatkan atau saatnya untuk putus hubungan.

Meninggalkan hubungan ini bisa berarti kehilangan persahabatan, perceraian, atau ganti pekerjaan. Kadang, demi kebaikan kita sendiri, hal-hal ini lebih baik untuk jangka panjang ketimbang bertahan dalam hubungan buruk.

TUNGGU SAMPAI WAKTU TERTENTU, BIASANYA PALING BAIK 24 JAM

Beri waktu kepada diri sendiri untuk membicarakan situasi ini dengan teman yang bisa dipercaya. Bisa saja Anda bereaksi secara berlebihan. Kadang, pihak ketiga dapat melihat sesuatu yang tidak Anda lihat di saat hati panas. Dalam kasus ini, mungkin perlu permintaan maaf. Jika konsensusnya adalah Anda salah, kemukakan masalah dan selesaikan dengan kepala dingin.

CARI SOLUSI

Konflik umum, terutama antara suami istri, bisa berawal dari ingin membeli sesuatu padahal keuangan tidak memadai. Daripada dipikirkan terus, cari solusi menyenangkan yang membuat Anda bisa mendapatkan apa yang Anda perlukan. Mungkin dengan pekerjaan kedua bisa membantu menghindari konflik atau tunggu sampai keuangan memungkinkan.

MINTA MAAF JIKA SALAH

Hanya karena sesuatu itu benar, tidak berarti harus dikatakan. Memberitahu seseorang bahwa baju yang dikenakannya terlalu ketat bukan cara positif untuk membantunya menurunkan berat badan. Sadari betapa itu bisa menyinggung perasaan mereka dan minta maaf. 

Lebih baik lagi, stop dan pikir sebelum merespon dalam situasi seperti ini. Tempatkan diri Anda dalam posisi orang tersebut. Bagian dari menyelesaikan konflik adalah menyadari peran kita di dalamnya.

Menghadapi situasi Konfrontasional itu tidak mudah. Tapi kadang tak terhindarkan dan harus diselesaikan. Belajar teknik menyelesaikan konflik bisa meredakan ketegangan.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact