Breaking

Friday, 16 February 2018

#KamuHarusTau, Perilaku Ikan

#KamuHarusTau, Perilaku Ikan

#KamuHarusTau, Hanyatauaja.com - Ikan senantiasa bergerak di dalam air. Gerakan itu berupa berenang, menyelam, mengapung, meliang, berjalan, merangkak, memanjat batu-batu karang, bahkan bagi ikan tertentu mampu terbang atau melayang di atas air.

Ikan Glodok, Ikan Yang Bisa Bernapas Di Daratan ( Foto @Source )

Ikan mampu bergerak dengan lincah lantaran mempunyai bentuk tubuh yang memanjang seperti torpedo dengan kepala lebih besar dari ekor. Ikan juga mempunyai seperangkat peralatan yang memungkinkan dapat bergerak, seperti sirip dada, sirip punggung, sirip perut, sirip dubur, dan sirip ekor.

Sirip-sirip itu mudah digerakkan pada saat berenang, menyeimbangkan badan, mengemudi, dan menahan laju tubuh ikan.

Waktu sirip ekor mengemudi dan mendorong, sirip punggung menjaga agar badan tidak oleng.

Sepasang sirip dada yang berada di kedua sisi tubuh ikan di belakang insang, bersama sirip punggung, menjaga keseimbangan serta digunakan untuk bergerak ke atas dan ke bawah.

Sepasang sirip perut dan sirip dada berfungsi sebagai rem yang memungkinkan ikan itu berhenti tanpa mengubah arah. Sirip dubur yang terletak di bawah tubuh, bersama sirip punggung membantu berenang, sehingga ikan tidak tergelincir.

Bagi ikan yang hidup di dasar air, ia mempunyai kantung gas yang disebut kantung renang yang berisi gas dari aliran darahnya. Gunanya untuk mengatur banyaknya gas yang diperlukan pada kedalaman tertentu. Untuk ikan yang tidak mempunyai kantung udara atau dengan kantung udara kecil, ia harus berenang terus agar tidak tenggelam.

Ikan mengetahui keadaan lingkungannya melalui berbagai macam indera. Ikan mempunyai mata, lubang hidung, alat pendengar, dan indera peraba yang terdapat pada kulit. Ikan memiliki bintil perasa di kepala, badan, dan ekor.

Bahkan untuk ikan tertentu, alat perasa itu terdapat pada sungut yang mirip kumis.

Ikan Oscar ( Foto @Source )

Selain itu, ikan mempunyai indera tekanan yang dinamakan gurat sisi di sepanjang kedua sisi tubuhnya. Dengan berbagai alat itu, ikan dapat mencari makan, mengetahui lingkungan, dan menghindari bahaya yang mengancam.

Beberapa jenis ikan tertentu hidup bergerombol dalam jumlah besar. Kemahiran mengatur hidup bergerombol ini banyak dipengaruhi oleh berbagai pancaindera yang mereka miliki.

Binatang yang hidup di dalam air juga memerlukan oksigen untuk hidup. Pada umumnya, ikan bernapas dengan insang. Oleh karena jumlah oksigen di dalam air tidak begitu banyak seperti di udara, maka insang harus banyak mendapat aliran air.

Ikan Yang hidupnya bergerombol ( Foto @Source )

Ada jenis ikan yang menghirup oksigan dari udara dengan paru-paru, misalnya ikan paus. Beberapa jenis ikan memiliki kantung udara dekat insang. Bila kekurangan oksigen, ikan jenis ini langsung menghirup dari kantung udara tersebut.

Ikan glodok yang banyak terdapat di rawa hutan bakau, hidup di air dan di darat untuk beberapa saat. Keistimewaan ikan glodok ini, ia dapat bernapas dengan insang bila berada di dalam air. Sebaliknya, bila di darat ia bernapas dengan organ yang menyerupai paru-paru.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact