Breaking

Tuesday, 20 February 2018

Gerakan Yoga Pelancar Pencernaan

Gerakan Yoga Pelancar Pencernaan

Kesehatan, Hanyatauaja.com - Seperti kita ketahui bahwa Yoga merupakan sebuah hal yang banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan, bahkan Yoga juga bisa dipergunakan untuk memperlancar pencernaan.

Yoga Untuk Memperlancar Pencernaan

Gangguan pencernaan jelas sangat mengganggu kenyamanan. Susah buang air besar atau terlalu banyak makan sehingga perut begah adalah contoh gangguan pencernaan dalam keseharian.

Latihan yoga bisa membantu pencernaan lancar alami. Buat yang mengalami ketidaknyamanan di perut, bakal lega kembali.

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang bisa dipergunakan untuk membantu memperlancar pencernaan :

1. HERO POSE


Termasuk gerakan yang memusatkan diri dan merilekskan tubuh seraya mengaktifkan sistem saraf. Pose ini sangat bagus dilakukan pertama.

Berlututlah di atas matras dan satukan kedua lutut. Pisahkan kaki dan tempatkan pantat di matras. Gunakan tangan untuk memutar otot betis ke arah luar. Lengkungan telapak kaki berada di bawah bokong dan jempol kaki menunjuk ke belakang.

Fokuskan diri pada garis energi dari dasar tulang belakang ke ujung kepala. Pusatkan diri pada daerah ini ketika bernapas. Rasakan duduk nyaman dan kuatkan perut. Tempatkan tangan di atas paha. Tangkupkan telapak tangan di depan dada lalu naikkan ke atas kepala.

2. DOWNWARD FACING DOG POSE


Gerakan ini memberikan rileksasi untuk saluran pencernaan.

Mulailah dengan berlutut lalu tempatkan tangan di matras depan tubuh. Pergelangan tangan harus di bawah bahu dan lutut berada di bawah pinggul. Tarik napas dan buang lalu angkat pinggul membentuk posisi V terbaik.

Buka jari-jari lebar-lebar dan ciptakan garis lurus di antara jari tengah dan siku. Kuatkan kaki dan turunkan tumit ke matras. Rilekskan kepala di antara kedua lengan dan arahkan pandangan ke pusat. Tahan pose ini selama lima napas.

3. STANDING FORWARD BEND POSE


Gerakan ini membantu menenangkan seluruh tubuh, dan juga mengeluarkan toksin yang mengganggu pencernaan.

Mulailah dengan berdiri tegak di matras. Tarik napas dan naikkan kedua lengan di atas kepala. Buang napas dan kuatkan perut lalu membungkuk ke depan dengan punggung lurus.

Masukkan dagu ke arah dada, rilekskan bahu dan panjangkan mahkota kepala menuju lantai untuk memanjangkan tulang belakang. Pindahkan berat badan ke jempol kaki dan kuatkan kaki. Tempatkan tangan di lantai.

Tahan gerakan ini selama lima napas.

4. OPEN TRIANGLE POSE


Pose ini memberikan kasih sayang dan meningkatkan aliran darah ke organ-organ pencernaan.

Lakukan gerakan speerti ini di gerakan nomor 2, lalu majukan kaki kanan di antara tangan dan perlahan naikkan tubuh. Kuatkan kaki kanan dan putar jempol kaki kiri sedikit ke kanan membentuk sudut 45 derajat.

Jaga kedua kaki tetap lurus sambil tangan kanan seperti meraih sesuatu yang jauh di kanan. Perlahan turunkan kaki kanan dan tempatkan di tulang kering kaki kanan atau di lantai atau di blok yang diletakkan di dekat kaki kanan.

Panjangkan lengan kiri ke atas kepala dan arahkan pandangan ke ujung jari tangan kiri. Tahan pose ini selama lima napas. Setelah itu naikkan tubuh dan latih juga untuk tubuh sisi kiri.

5. SEATED SPINAL TWIST


Gerakan memutar perut ini bermanfaat melancarkan pencernaan. Juga bagus dilakukan ketika duduk terlalu lama di kantor.

Duduklah dengan kaki lurus di atas matras. Tekuk lutut kiri dan rebahkan di atas matras. Tekuk kaki kanan dan tempatkan kaki kanan di dekat lutut kiri. Pastikan bokong menempel di matras.

Putar tubuh memakai otot perut ke arah kanan. Sambil bernapas, teruskan untuk memutar tubuh. Tahan gerakan ini selama lima napas. Kemudian lakukan juga untuk sisi tubuh kiri.

6. BOAT POSE


Gerakan ini memfokuskan tubuh untuk menstimulasi perut, maka penting untuk menyehatkan pencernaan.

7. SEATED FORWARD BEND POSE


Gerakan ini menekan otot perut sekaligus memijat usus. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, aktifkan otot perut.

8. BOW POSE


Sangat bagus untuk membantu pencernaan dan mengatasi sembelit, juga meregangkan tubuh secara keseluruhan.

Itu dia beberapa gerakan yoga yang bisa membantu memperlancar pencernaan, silahkan langsung dipraktekkan aja gaes di rumah.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact