Breaking

Sunday, 25 February 2018

5 Tempat Sarang Kuman Yang Tidak Terduga

5 Tempat Sarang Kuman Yang Tidak Terduga

Kesehatan, Hanyatauaja.com - Untuk mendapatkan kesehatan tentunya kita harus juga tuh menghindari kuman penyebab penyakit, mungkin harus selalu membersihkan tempat-tempat yang menyebabkan kuman bersarang.

Baju Baru Dicuci ( Foto @Source )

Anda pasti sudah tahu tempat-tempat umum yang jadi sarang kuman. Mulai dari ATM, pegangan kereta belanja, dan tombol lift.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, Amerika, untuk 76 juta orang Amerika, setiap tahun infeksi terjadi di rumah. Ironisnya, area yang paling kita cemaskan seperti dudukan toilet, justru paling sedikit kuman karena kita secara rajin membersihkannya.

Berikut, sarang kuman tak terduga dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

1. BAJU YANG BARU DICUCI

Sekitar 25% baju yang baru dicuci terkontaminasi kuman fecal seperti rotavirus dan E.coli. Penyebabnya adalah teknologi. Dibanding mesin cuci model lama, mesin cuci dan mesin pengering masa kini menggunakan lebih sedikit air, jumlah deterjen yang lebih sedikit dan temperatur pengering yang lebih rendah sehingga kurang efisien dalam membersihkan dan membunuh kuman.

Untuk mencegah hal ini, cuci dengan beban dan lebih kecil sehingga air sabun bisa melewati kain secara bebas dan kuman dapat dikeluarkan dan dibilas. karena pakaian dalam dan handuk adalah sumber top kuman, cuci keduanya secara terpisah dengan menggunakan bleach yang membunuh kuman.

2. SHAKER GARAM DAN MERICA

Dalam sebuah studi terkini, 100% botol garam dan merica di rumah mengandung strain viral rhinovirus penyebab pilek. Ahli mikrobilogi dan imunologi di Medical University of South Carolina, Charleston, menyarankan cara desinfeksi berikut.

Tuang hand sanitizer dengan dasar alkohol di telapak tangan, lalu gosokkan gel pada bagian atas dan samping botol dan biarkan kering dengan sendirinya karena udara. Cara ini secara instant mematikan paling sedikit 83% kuman viral ditambah mikroba bakteri, begitu menurut riset di NYU Langone Medical Center di New York City. Ulangi sebelum makan.

3. SPONGE DAPUR

Hanya dalam beberapa jam, satu bakteri di dalam sponge dalam meledak menjadi populasi 1 miliar, jelas Bonnie Henry, MD., dalam Soap and Water & Common Sense. Hal ini disebabkan sponge punya banyak celah dan sudut di mana bakteri dapat sembunyi, ditambah banyak suplai air dan bahan-bahan organik yang bisa dimakan mereka.

Dua strategi yang terbukti bisa memberantas 95% mikroba perusak kesehatan ini adalah: masukkan sponge lembap nonmetalik ke dalam microwave selama 1 menit. Atau cuci sponge di dalam mesin pencuci piring.

4. REMOTE TV

Studi-studi menunjukkan, remote tv jarang dibersihkan, tapi sering dipegang, menciptakan sarang kuman yang berkembang biak pada lebih dari 70% alat ini. Bersihkan Remote dan alat lain yang digunakan bersama paling sedikit sekali seminggu dengan lap desinfeksi.

Tapi perlu diingat, sebuah studi Inggris terkini menunjukkan, lap ini kadang lebih baik dalam membersihkan kuman ketimbang membunuhnya. Untuk mencegah kontaminasi silang, gunakan lap untuk satu permukaan, lalu buang.

5. SEPATU

Menurut sebuah studi terkini, sol sepatu rata-rata mengandung 421.000 kuman, termasuk strain virulent seperti K. pneumoniae. Untuk mencegah lantai terkontaminasi dan menurunkan risiko infeksi sampai 61%, lepaskan sepatu di luar pintu dan kenakan sandal khusus untuk dalam rumah.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact