http://www.tipsgratisbola.com/campaign/

Kisah Bantuan Super Besar Dari Israel Untuk Korban Tsunami Yang Tak Banyak Diketahui

Saturday, 6 January 2018
Advertisement
WOW, Hanyatauaja.com - 13 tahun sudah berlalu sejak Tsunami menghajar Aceh. Seperti yang kita tahu, bencana super dahsyat itu hingga membuat tanah Rencong bak seperti kota mati.

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Bencana Tsunami itu membuahkan kisah pahit untuk beberapa orang, akan tetapi di sisi lain ada bukti jika dunia masih memiliki hati. Ya, kala itu bantuan datang dengan deras untuk Aceh, bahkan momen itu dikatakan sebagai aksi pemberian pertolongan yang paling besar yang pernah ada di Abad 21.

Ada begitu banyak negara yang memberikan bantuan untuk Aceh saat itu, termasuk salah satunya adalah Israel yang mana kita tidak pernah berteman secara resmi. Mengenai bantuan dari Israel, tercatat mereka melakukan hal yang luar biasa untuk Aceh. Uniknya, cerita tentang Israel yang pernah memberi bantuan untuk Aceh tidak diketahui banyak orang. Lantas seperti apa kisahnya? Simak berikut ini ulasannya.

ORANG ISRAEL BAWA 90 TON BANTUAN UNTUK ACEH

Jumlah bantuan yang diberikan untuk korban bencana Tsunami di Aceh memang sangat besar. Berbagai negara itu memberikan bantuan kala itu, memberikan bantuan langsung ke Aceh. Begitu juga dengan Israel yang membawa sumbangannya kala itu dengan pesawat El Al Israel Airlines.

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Meskipun bantuan sempat mendapatkan penolakan akan tetapi tetap diantarkan. Bahkan langsung oleh Direktur Jendral Kementerian Luar Negeri israel Ron Prosor. Israel memberikan bantuak seperti pakaian, air minum, obat dan juga penyaring air dengan total berat sebanyak 90 ton yang disalurkan melalui PMI (Palang Merah Indonesia).

TAK MENUNGGU WAKTU LAMA, BANTUAN DISALURKAN DALAM WAKTU 2 JAM

Kejadian unik terjadi saat Israel memberikan bantuannya ke Aceh. Kala itu mereka hanya mendarat selama 2 jam dan langsung bongkar muatan. Pemberian waktu singkat itu terjadi lantaran adanya penolakan pesawat El Al Israel Airlines melintas di Langit Indonesia.

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Sebagai negara yang tidak berteman secara langsung atau berteman secara diplomatik oleh Indonesia, hal itu memberikan dampak pada bagaimana penerimaan Israel. Akan tetapi waktu singkat itu tidak menjadi halangan untuk menyalurkan bantuan mereka. Melalui perundingan cukup intens akhirnya pesawat itu mendarat ke Batam dan selang 2 jam pergi ke Singapura.

PENCOPOTAN LAMBANG PESAWAT DEMI BISA MENGANTAR BANTUAN

Bahkan untuk memuluskan langkah untuk memberikan bantuan, pesawat El Al Israel Airlines pun sampai melepas logo. Hal itu bertujuan demi untuk mengurangi kontroversi dan juga memberi kemudahan untuk mereka menyalurkan bantuannya.

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Masyarakat kita bisa dibilang memang cukup sensitif kepada negara Yahudi lantaran satu hal lain. Sehingga untuk menghindari polemik dan bantuan menjadi sia-sia, Israel pun melakukan inisiatif tersebut. Tentu ini sangat luar biasa pasalnya negara ini dikenal mempunyai keangkuhan yang tinggi bahkan demi menyalurkan bantuan mereka sampai rela merendah.

MEMBERI BANTUAN UNTUK DOKTER INDONESIA BELAJAR DI TEL AVIV

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Sikap Solidaritas Israel tidak hanya sampai disitu saja, Di tahun 2008 negara itu memberikan bantuan kepelatihan kepada 23 dokter bedah Indonesia. Pelatihan itu dilangsungkan kurang lebih selama 2 minggu di Tel Aviv.

GALANG BANTUAN SELURUH YAHUDI UNTUK ACEH

Eksistensi penganut Yahudi tentu tidaklah sedikit. Mereka terebar di berbagai penjuru dinia. Berdasarkan dari kabar hubungan mereka begitu kuat antara satu dengan yang lain meskipun terpisah-pisah. Sehingga bukan hal yang mustahil jika mereka bisa mengumpulkan dana dalam waktu yang sangat singkat. Dan hal itu pernah dilakukan untuk Aceh.

Sumber Gambar ( Foto @Source )

Dilansir pada laman Suara, dalam laporan “Tsunami Accountability Report 2006” yang dibuat USAID dan InterAction, AJWS sudah mengorganisir bantuan untuk Aceh sejak 36 jam setelah daerah itu diterpa Tsunami. American Jewish World Service merupakan kumpulan kaum Yahudi di negara Amerika. Donasi itu dikhususkan untuk Aceh yang sedang mendapat musibah.

Terlepas dari apakah ada tujuan khusus atau tidak atas bantuannya saat itu, akan tetapi hal itu jelas memberikan bukti jika mereka itu peduli. Cukup jarang melihat negara yang satu ini sampai rela bersusah payah untuk negara lain. Terlebih lagi berkaca dimana mereka menjadi kecaman banyak negara karena klaimnya kepada Yerusalem.

Sumber