http://www.tipsgratisbola.com/campaign/

Apa Itu Badai Topan?

Wednesday, 31 January 2018
Advertisement
Menarik, Hanyatauaja.com - Bukan negara kita saja yang dilanda bencana alam, di luar negeri pun bencana alam tak kalah dasyatnya. Salah satunya yang paling sering terdengar adalah badai topan. Sebenarnya badai topan itu muncul dari mana? Apakah kalian tahu?

Topan ( Foto @Source )

Sebagian orang mengatakan badai adalah sesuatu yang menakutkan. Badai merupakan cuaca yang ekstrim, mulai dari hujan es, badai salju sampai badai pasir dan debu. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog dan berasal dari samudera yang hangat.

Badai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/kam. Badai bukan angin ribut biasa. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, menruntuhkan jembatan dan menerbangkan atas bangunan dengan mudah.

Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang dan angin kencang. Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.

Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut. Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai. Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat yang sumbernya berada di daerah tropis. Nah, pada saat terjadi angin ribut ini, tekanan udara sangat rendah di sertai angin kencang dengan kecepatan bisa mencapai 250km/jam. Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain. Di dunia, ada tiga tempat pusat badai, yaitu di Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.

APA SAJA YA?

Dalam meteorologi, siklon tropis (badai topan) atau biasa juga disebut hurikan, angin puyuh, badai tropis, taifun, atau angin ribut, tergantung pada daerah dan kekuatannya adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis.

Siklon tropis ini merupakan bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lintang yang lebih tinggi. 

Daerah pertumbuhan badai topan yang paling subur di dunia adalah Samudera Hindia dan perairan barat Australia. Sebagaimana dijelaskan Biro Meteorologi Australia, pertumbuhan siklon di kawasan tersebut mencapai rata-rata 10 kali per tahun.

Badai topan selain menghancurkan daerah yang dilewati, juga menyebabkan banjir. Australia telah mengembangkan peringatan dini untuk mengurangi tingkat risiko ancaman siklon tropis sejak era 1960-an.

Badai topan (siklon tropis) di golongkan ke dalam tiga kelompok utama: depresi tropis, badai tropis, dan kelompok ke tiga yang namanya tergantung pada daerah. Depresi tropis adalah sistem terjuntrung awan dan badai perit dengan sirkulasi dan angin berlarut maksimum permukaan terarasi kurang dari 17 meter per detik (33 knot, 38km/jam atau 62km/jam). 

Ia tidak mempunyai mata dan tidak khas dengan bentuk berpilin dari badai-badai yang lebih kuat. Ia sudah menjadi sistem tekanan rendah, namun, karenanya bernama depresi. Badai tropis adalah sistem terjuntrung dari badai petir kuat dengan sirkulasi dan angin berlarut maksimum permukaan terarasi di antara 17 dan 33 meter per detik (34-63 knot, 39-73km/Jam atau 62-117km/jam). 

Pada waktu ini, bentuk siklon tersendiri mulai terbina, walau matanya biasanya tak muncul. Pengistilahan yang digunakan untuk mendeskripsikan badai topan dengan angin berlarut maksimal yang melampaui 33 meter per sekon (63 knot, 73 m/Jam atau 117km/jam) bervariasi tergantung daerah asalnya, misalnya sebagai berikut :
  • Hurikan di Samudera Atlantik Utara, Samudera Pasifik sebelah timur batas penanggalan internasional, dan samudera Pasifik Selatan sebelah timur 160'BT.
  • Taifun di Samudera Pasifik Barat Daya sebelah barat garis penanggalan.
  • Siklon tropis gawat di Samudra Pasifik Barat Daya sebelah barat 160'BT atau Samudera Hindia Timur Laut sebelah timur 90'BT.
  • Badai siklon gawat di Samudera Hindia Utara.
  • Siklon tropis di Samudra Hindia Barat Daya.
Di tempat lain di dunia, hurikan telah dikenal sebagai Bagyo di Filipina, Chubasco di Meksiko, dan Taino di haiti. Bagian tengah badai siklon tropis yang disebut mata merupakan lingkaran berdiamater antara 10 hingga 100 kilometer, paling sering dilaporkan sekitar 40 meter. Kecepatan angin bagian ini lebih rendah bahkan berlangit cerah. Mata dikelilingi dinding awan padat setinggi 16 kilometer dengan angin dan hujan lebat.